Pasien Diabetes Bisa Jalankan Berupasa Secara Aman, Ini Saran Dokter

Oleh : Herry Barus | Jumat, 16 April 2021 - 10:00 WIB

Dr. dr. Soebagijo Adi Soelistijo, SpPD-KEMD, FINASIM Siloam Surabaya
Dr. dr. Soebagijo Adi Soelistijo, SpPD-KEMD, FINASIM Siloam Surabaya

INDUSTRY.co.id - Surabaya– Berdasarkan data yang diperoleh di tahun 2019, terungkap bahwa Indonesia menduduki peringkat ke 7 se dunia dengan penduduk yang mengidap diabetes. Fakta lain yang terungka dari Diabetes Care 2013, setiap 7 detik, 1 orang meninggal akibat diabetes dan setiap 20 detik, 1 kaki diamputasi pada pasien diabetes. Hal ini membuktikan bahwa masih banyak masyarakat Indonesia yang perlu memperhatikan kesehatan khususnya kadar gula dalam darah.

Kondisi pandemi COVID-19 tidak menyurutkan Siloam Hospitals Surabaya untuk tetap aktif memberikan edukasi kepada masyarakat. Pasalnya, walaupun saat ini masih menghadapi pandemi, penyakit lain bisa menyerang siapa saja termasuk diabetes. Secara virtual, Siloam Hospitals Surabaya mengadakan Bincang Sehat Bersama Siloam. Acara yang sudah rutin diadakan ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mendapatkan edukasi terkait kesehatan. Pada kegiatan kali ini, narasumber yang dihadirkan adalah Dr. dr. Soebagijo Adi Soelistijo, SpPD-KEMD, FINASIM. Dokter Soebagijo merupakan salah satu dokter spesialis penyakit dalam konsultan endokrin metabolik dan diabetes di Siloam Hospitals Surabaya yang aktif mengedukasi masyarakat.

Sebagai narasumber, dr Soebagijo menginfokan bahwa penyakit diabetes memiliki 2 gejala, yaitu gejala akut dan kronis di mana gejala ini terkadang tidak disadari oleh sebagian besar masyarakat. Selain itu, komplikasi yang terjadi dikarenakan diabetes seperti hipoglikemia, hiperglikemia, stroke, kebutaan, dan serangan jantung akan menghantui penderita diabetes. Oleh karena itu penting bagi kita untuk rutin melakukan pemeriksaan untuk mengetahui kadar gula dalam darah. Hal penting yang ditekankan dr Soebagijo adalah penggunaan obat diabetes. Obat untuk diabetes tidak boleh di takar atau ditentukan sembarangan secara mandiri, pemakaiannya harus sesuai anjuran dokter agar sesuai dengan kebutuhan.

Di bulan dr Soebagijo mengatakan bahwa berpuasa bagi penderita diabetes diperbolehkan dengan syarat, yaitu memenuhi kriteria scoring. dr Soebagijo menyarankan bagi penderita diabetes untuk melakukan scoring bagi diri sendiri untuk mengetahui apakah kondisi tubuh memungkinkan untuk melakukan ibadah puasa. Berdasarkan hasil scroring, maka akan ada 3 kategori yaitu, resiko tinggi: tidak disarankan untuk berpuasa, resiko sedang: diperbolehkan puasa dengan ekstra hati-hati, dan resiko rendah: diperboleh untuk berpuasa.

Beberapa tips yang diberikan oleh dr Soebagijo bagi penderita diabetes yang menjalankan ibadah puasa: 1. Jangan minum obat (kecuali metformin dan TZD) saat sahur, disarankan untuk mengkonsumsi obat ketika berbuka.

 2. Olahraga ringan tetap dianjurkan dan dilakukan setelah sholat tarawih

3. Pengaturan pola makan harus disesuaikan selama bulan puasa. Selain itu, bagi penderita diabetes yang menggunakan insulin, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk penggunaan insulin selama puasa. Tips lain yang diberikan oleh dr Soebagijo adalah cara konsumsi buah bagi penderita diabetes di bulan puasa, dr Soebagijo menyarankan untuk memakan buah secara utuh secara langsung, atau jika ingin dibuat juice, maka disarankan untuk mengunakan pemanis khusus diabetes atau tidak untuk menambahkan. Hal ini bertujuan agar kandungan gula tidak meningkat.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Hari Kamis 15 April 2021, Siloam Hospitals Surabaya bekerja sama dengan Tropicana Slim. Dokter Maria Beta, selaku moderator juga menambahkan bahwa saat ini, gedung utama Siloam Hospitals Surabaya adalah clean and safe hospital.

Area perawatan pasien COVID-19 terpisah dengan gedung utama sehingga masyarakat yang mau melakukan medical checkup atau pun perawatan tidak perlu ragu lagi. Selain clean and safe hospital, skrining protokol kesehatan yang ketat juga tetap diterapkan agar setiap pelayanan aman bagi pasien dan tenaga kesehatan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…