Akhirnya, Puluhan WNI yang Dilarang Masuk Pemerintah Belanda Bisa Kembali Dipulangkan ke Indonesia oleh KBRI Paramaribo 

Oleh : Candra Mata | Kamis, 08 April 2021 - 13:19 WIB

WNI di Suriname Belanda Berhasil Pulang ke Tanah Air
WNI di Suriname Belanda Berhasil Pulang ke Tanah Air

INDUSTRY.co.id - Paramaribo, Suriname - Sebagai bentuk peran aktif dan kehadiran negara dalam perlindungan WNI, Perwakilan RI di Luar Negeri terus berupaya memberikan pelayanan yang optimal meskipun di tengah pandemi Covid-19. 

Salah satu cara yang dilakukan oleh KBRI Paramaribo dalam memberikan pelayanan dan perlindungan WNI yaitu melalui fasilitasi pemulangan WNI dari Suriname kembali ke Indonesia.

Sejak Januari 2021, pemerintah Belanda telah menerapkan larangan masuk/transit untuk penerbangan internasional dari wilayah Amerika Tengah dan Selatan (termasuk Suriname dan Guyana).

Larangan penerbangan tersebut mengakibatkan sejumlah WNI yang berada di Suriname maupun Guyana belum dapat kembali ke Indonesia. 

Larangan dimaksud dikecualikan untuk penumpang dengan paspor Uni Eropa, bagi tenaga kesehatan serta Anak Buah Kapal (ABK).

"KBRI Paramaribo pada 27 Maret 2021 hingga 3 April 2021 telah berhasil membantu fasilitasi repatriasi mandiri 30 WNI yang merupakan ABK dari Suriname untuk kembali pulang ke Indonesia. Adapun proses repatriasi WNI bersifat mandiri dan dibantu oleh pihak perusahaan," ungkap Konjen Pamaribo melalui keterangan tertulis yang diterima redaksi INDUSTRY.co.id pada Kamis (8/4/2021).

Menurutnya, para WNI yang pulang telah menjalani tes PCR dan tes Rapid Covid-19 yang merupakan persyaratan untuk transit di Bandar Udara Schiphol Amsterdam-Belanda. 

Pada hari keberangkatan, KBRI Paramaribo turut mendampingi para WNI yang direpatriasi dalam proses check-in hingga pemeriksaan imigrasi di Bandar Udara Internasional Johan Adolf Pengel Paramaribo-Suriname serta memberikan bantuan logistik kesehatan berupa hand sanitizer, masker, vitamin dan sarung tangan, sekaligus membekali para WNI dengan surat keterangan perjalanan untuk kepulangan.

"Selain itu, sebagai bentuk kepedulian dan perlindungan bagi WNI KBRI Paramaribo telah melakukan kunjungan kepada WNI yang berada di Distrik Nickerie yang berjarak sekitar ±232km dari Paramaribo (21/03/2021)," papar Konjen.

KBRI Paramaribo juga terus melakukan dialog dengan para WNI untuk memastikan kondisi para WNI dalam keadaan baik serta untuk memberikan rasa aman meskipun di tengah pandemi. 

"Selain itu, disampaikan bantuan logistik makanan dan bantuan alat kesehatan berupa masker, hand sanitizer dan vitamin c kepada para WNI yang berada di Distrik Nickerie," tandasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gelis Dorong Penggunaan Kendaraan Listrik

Senin, 19 April 2021 - 01:42 WIB

Gelis Dorong Penggunaan Kendaraan Listrik

Jakarta-PT Solar Panel Indonesia (SPI), produsenkendaraan listrik merk Gelis, memperluas jaringa dengan membuka diler baru di Pondok Pinang Jakarta Selatan. Produsen kendaraan listrik nasional…

EZVIZ C3N telah dilengkapi mode deteksi gerakan dengan tenaga kecerdasan buatan

Minggu, 18 April 2021 - 22:16 WIB

Cegah Tangan Jahil, Awasi Tanaman Hidroponik dengan Kamera Pintar

Tren bertanam secara hidroponik kian populer di tengah kondisi pandemi seperti ini. Kemudahan dalam bertanam hingga kebutuhan modal yang relatif sedikit untuk merawat tanaman metode hidroponik…

Tower Emergency PLN di NTT

Minggu, 18 April 2021 - 21:54 WIB

Luar Biasa Dahsyat! Dalam 10 Hari, PLN Berhasil Bangun Tower Emergency di Pulau Timor NTT

PLN berhasil membangun menara darurat (tower emergency) sebagai pengganti sementara 2 (dua) menara Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) bertegangan 70 kilo Volt (kV) yang patah dan roboh akibat…

Bencana banjir bandang dan tanah longsor yang terjadi di Nusa Tenggara Timur (NTT), Minggu (4/5). (BPBD Kabupaten Flores Timur))

Minggu, 18 April 2021 - 21:25 WIB

Luar Biasa! Bantuan Logistik di Daerah Terisolir NTT Terus Mengalir

Jakarta - Distribusi bantuan ke daerah terisolir mulai dilakukan Badan Nasional Penanggulangan Bencana di Nusa Tenggara Timur, Kamis (15/4/2021). Pemerintah melibatkan helikopter untuk mencapai…

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. terus memacu realisasi penyaluran kredit dengan menggelar akad massal. Terlampir siaran pers dan semoga bermanfaat. Terima kasih

Minggu, 18 April 2021 - 21:20 WIB

Gokil...Pacu Realisasi Kredit, 1 Cabang Bank BUMN Ini Gelar Akad Massal Untuk 600 Rumah

Jakarta-Realisasi Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Subsidi untuk mendukung percepatan pemulihan ekonomi nasional terus didorong oleh PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk.