Kabar Baik! Bantar Gebang Dapat Mengolah Sampah 100 Ton/Hari dan Menghasilkan Energi Listrik 731,1 KWH

Oleh : Kormen Barus | Kamis, 04 Maret 2021 - 03:31 WIB

Tempat pembuangan akhir sampah Bantar Gebang, Bekasi. (Bay Ismoyo/AFP)
Tempat pembuangan akhir sampah Bantar Gebang, Bekasi. (Bay Ismoyo/AFP)

INDUSTRY.co.id, Dalam rangka mendukung pelaksanaan proyek strategis nasional, Menristek/Kepala BRIN Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro mengunjungi Pilot Project PLTSa Merah Putih di Bantar Gebang, Bekasi (03/03). Kunjungan ini merupakan rangkaian kunjungan kerja di Kabupaten Bekasi untuk meninjau pupuk Hayati serta Pilot Project Pengolah Sampah menjadi Energi Listrik (PSEL).

Menristek mengapresiasi upaya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang telah bekerja sama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dalam menanggulangi tumpukan sampah yang ada di Bantar Gebang.

“Ini merupakan contoh baik dari sinergi triple helix antara pemerintah, akademisi, dan industri dalam menghasilkan inovasi untuk menjawab masalah bangsa,” kata Bambang disela kunjugannya.

Ia menyebut, PLTSa Bantar Gebang dapat mengolah sampah sebanyak 100 ton per hari dan menghasilkan energi listrik sebesar 731,1 KWH. Namun lebih dari itu, selama Februari hingga Oktober 2020 PLTSa Bantar Gebang telah membakar sebanyak 8.190 ton sampah. PLTSa merupakan hasil kerja sama Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta dengan BPPT sejak 2017 lalu.

Ke depan Bambang berharap Kemenristek / BRIN dan BPPT dapat membuat lebih banyak PLTSa di berbagai daerah di Indonesia guna mengurangi masalah sampah yang ada.

Sementara, Deputi Bidang Teknologi Pengembangan Sumber Daya Alam (TPSA) BPPT Yudi Anantasena menyampaikan sampah menjadi permasalahan hampir di semua kota di Indonesia dan jumlah timbunan sampah terus meningkat sehingga semakin sulit mencari lahan TPA baru. 

Selain itu, permasalahan sampah ini sudah menjadi perhatian Presiden  dengan terbitnya Perpres percepatan pembangunan PLTSa atau lebih tepat disebut sebagai  Pengolahan Sampah menjadi Energi Listrik (PSEL).

Menurut Yudi, keberadaan PLTSa merupakan komitmen BPPT sebagai lembaga kaji terap teknologi yang mendukung kebijakan pemerintah terkait percepatan pembangunan PLTSa di beberapa kota besar di Indonesia.

Keberadaan PLTSa dimaksudkan sebagai upaya solusi penyelesaian permasalahan darurat sampah. Untuk mendukung program pemerintah tersebut, BPPT lanjut Yudi, melakukan inovasi teknologi pengolahan sampah yang dapat mengolah secara cepat, signifikan dan ramah lingkungan. BPPT mendapat tugas untuk membangun Pilot Project PLTSa skala 100 ton per hari.

BPPT berkomitmen guna mendukung program pemerintah yang fokus pada lingkungan melalui penanganan sampah di Indonesia. Selain Pilot Project PLTSa, saat ini BPPT juga tengah terlibat dalam kegiatan penanganan sampah melalui pengembangan incinerator modular dan reverse engineering teknologi Refuse Derived Fuel (RDF), pungkasnya.

Sebagai informasi, PLTSa terdiri dari empat peralatan utama yaitu bungker terbuat dari concrete yang dilengkapi dengan platform dan crane, ruang bakar dilengkapi boiler system reciprocating grate yang didesain dapat membakar sampah dengan suhu di atas 9500 Celsius sehingga meminimalisir munculnya gas buang yang mencemari lingkungan, sistem pengendali polusi, dan unit steam turbin pembangkit listrik.

Selain sebagai percontohan, infrastruktur ini nantinya dimaksudkan sebagai wahana pendidikan dan pelatihan sumberdaya manusia yang handal untuk kegiatan perancangan, pembangunan dan pengoperasian PLTSa khususnya untuk Pemprov DKI Jakarta selaku mitra BPPT maupun stakeholder lainnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…

Terima Pengurus Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Industri Penjualan Langsung

Sabtu, 27 April 2024 - 03:00 WIB

Terima Pengurus Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Industri Penjualan Langsung

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo menerima aspirasi dari Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI), terkait keberadaan UU No.7 Tahun 2014 tentang Perdagangan,…

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…