PPKM Picu Sepinya Reservasi Wisatawan di Manohara Borobudur

Oleh : Hariyanto | Rabu, 24 Februari 2021 - 11:58 WIB

Manohara Borobudur
Manohara Borobudur

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Minimnya kunjungan wisatawan ke situs Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, juga berdampak pada tingkat reservasi dan kedatangan pengunjung di Manohara Borobudur. Aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro memengaruhi sepinya reservasi itu.

"Kalau dulu sebelum pandemi ya bisa 10-20 pax setiap hari. Kalau sekarang seminggu itu ya kadang tujuh pax kadang dua," kata Jamaludin Mawardi, GM Unit Manohara PT TWC, Minggu (21/2/2021).

Dia menyebut, para pelancong yang berkunjung itu rata-rata masih dari wisatawan lokal. Mereka biasanya berasal dari wilayah Jawa Tengah maupun sekitar Yogyakarta.

Pada masa liburan Imlek pekan lalu pun, lokasi itu tidak terlalu banyak dikunjungi wisatawan. Reservasi hanya berjumlah tiga pax saja meski masa libur cukup panjang di masa itu.

"Saya kira sekalipun kami promosi dengan gencar, mobilitas masyarakat juga masih dibatasi. Tapi kami yakin, setelah kondisi mulai membaik pelaku pariwisata tinggal menunggu saja," imbuhnya.

Pandemi Covid-19juga memaksa wisatawan untuk membatalkan reservasi mereka.
Namun, jumlah itu tidak terlalu banyak.

Hanya segelintir wisatawan yang terpaksa membatalkan waktu mereka bervakansi akibat beberapa kebijakan yang dibuat pemerintah di masa pandemi. "Ada juga yang minta diundur. Jumlahnya hanya puluhan. Kami juga beri kemudahan kalau mereka minta diundur atau dibatalkan," ujarnya.

Diketahui, Manohara Borobudurmenawarkan sejumlah fasilitas istimewa kepada wisatawan seperti cotage, restoran, yoga, serta pemandangan menarik untuk melihat Candi Borobudur dengan latar Pegunungan Menoreh, yakni Bukit Dagi Abhinaya.

Pada tahun lalu dan 2021 ini, pihaknya juga masih belum menerima jadwal kedatangan kapal pesiar. PandemiCovid-19 disinyalir menjadi penyebab unit Manohara Borobudur belum menerima jadwal kunjungan.

"Kalau biasanya kan di akhir tahun ya itu. Tapi tahun lalu kami memang tidak ada dan di tahun ini belum menerima jadwal," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gelis Dorong Penggunaan Kendaraan Listrik

Senin, 19 April 2021 - 01:42 WIB

Gelis Dorong Penggunaan Kendaraan Listrik

Jakarta-PT Solar Panel Indonesia (SPI), produsenkendaraan listrik merk Gelis, memperluas jaringa dengan membuka diler baru di Pondok Pinang Jakarta Selatan. Produsen kendaraan listrik nasional…

Dalam pertemuan lanjutan itu AWG sampaikan terima kasih dan memberikan cinderamata kepada Prof Sudarnoto

Minggu, 18 April 2021 - 23:16 WIB

MUI: RS Indonesia di Hebron Butuh Bantuan Ummat

Aqsa Working Group (AWG) - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Kerjasama Luar Negeri dan Hubungan Internasional, Prof. DR. Sudarnoto Abdul Hakim menegaskan, pembangunan Rumah Sakit Indonesia…

EZVIZ C3N telah dilengkapi mode deteksi gerakan dengan tenaga kecerdasan buatan

Minggu, 18 April 2021 - 22:16 WIB

Cegah Tangan Jahil, Awasi Tanaman Hidroponik dengan Kamera Pintar

Tren bertanam secara hidroponik kian populer di tengah kondisi pandemi seperti ini. Kemudahan dalam bertanam hingga kebutuhan modal yang relatif sedikit untuk merawat tanaman metode hidroponik…

Tower Emergency PLN di NTT

Minggu, 18 April 2021 - 21:54 WIB

Luar Biasa Dahsyat! Dalam 10 Hari, PLN Berhasil Bangun Tower Emergency di Pulau Timor NTT

PLN berhasil membangun menara darurat (tower emergency) sebagai pengganti sementara 2 (dua) menara Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) bertegangan 70 kilo Volt (kV) yang patah dan roboh akibat…

Bencana banjir bandang dan tanah longsor yang terjadi di Nusa Tenggara Timur (NTT), Minggu (4/5). (BPBD Kabupaten Flores Timur))

Minggu, 18 April 2021 - 21:25 WIB

Luar Biasa! Bantuan Logistik di Daerah Terisolir NTT Terus Mengalir

Jakarta - Distribusi bantuan ke daerah terisolir mulai dilakukan Badan Nasional Penanggulangan Bencana di Nusa Tenggara Timur, Kamis (15/4/2021). Pemerintah melibatkan helikopter untuk mencapai…