JPKM Berikan Bantuan ke Jurnalis Terdampak Banjir

Oleh : Kormen Barus | Selasa, 23 Februari 2021 - 17:43 WIB

Ketua Jurnalis Peduli Kesehatan Masyarakat (JPKM) Irwen Azhari menyerahkan paket bantuan banjir kepada salah satu jurnalis terdampak banjir
Ketua Jurnalis Peduli Kesehatan Masyarakat (JPKM) Irwen Azhari menyerahkan paket bantuan banjir kepada salah satu jurnalis terdampak banjir

INDUSTRY.co.id, Jakarta- Kondisi curah hujan ekstrem yang terjadi secara merata terutama Jabodetabek beberapa hari terakhir menyebabkan beberapa wilayah di daerah tersebut tergenang banjir. Rumah warga terendam dan menghambat akses transportasi.

Ketua Jurnalis Peduli Kesehatan Masyarakat (JPKM) Irwen Azhari mengatakan, sebagai gerakan sosial JPKM melakukan aksi JPKM Peduli. Aksi itu berupa penyaluran bantuan paket sembako yang diserahkan kepada para jurnalis yang rumahnya terdampak banjir. Selain itu, menyalurkan bantuan paket peralatan kebersihan.

"JPKM juga melakukan bantuan evakuasi kepada keluarga jurnalis yang terjebak banjir serta menginisasi perbaikan kendaraan bermotor warga sehingga tidak perlu lagi harus antri ke bengkel, cukup menunggu di rumah saja," katanya di sela penyerahan sembako di Bekasi, Jawa Barat, Rabu (23/02).

Menurut Irwen, kegiatan pemberian paket bantuan ini diharapkan meringankan beban jurnalis yang sehari-hari melakukan kegiatan peliputan berita di medianya masing-masing.

"Sebagai insan media, kami harus peduli terhadap kondisi teman-teman media yang saat ini rumahnya terdampak banjir," tuturnya.

Adapun proses distribusi paket sembako, JPKM tetap memperhatikan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan terutama physically distancing (jaga jarak). 

Penyaluran paket bantuan sembako dilakukan dalam beberapa tahap untuk menghindari penumpukan dan kerumunan dalam pelaksanaan penerimaan bantuan. Sebagian paket dikirim menggunakan angkutan ojek.

Corporate Secretary PT Intiland Development Tbk (DILD) Theresia Rustandi mengatakan, banjir adalah masalah bersama yang harus ditangani dan dicarikan solusi secara kolektif, khususnya bagi masyarakat yang terkena musibah.  Ia sangat mengapresiasi aksi nyata yang dilakukan JPKM ini karena langsung terjun ke lapangan dan membantu masyarakat yang membutuhkan.

"Semoga bisa bermanfaat untuk membantu teman-teman kita yang lagi ditimpa musibah. Mari kita bergandeng tangan untuk membantu meringankan beban masyarakat yang terkena musibah banjir," ujar Theresia.

Sementara Head of PR dan CSR PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk (WEGE) Firlan mengungkapkan kegiatan pemberian sembako ini bagian dari CSR perusahaan, yaitu WEGE Peduli yang menjadi komitmen kepedulian perusahaan terhadap  masyarakat khususnya rekan-rekan media yang terkena dampak banjir baru-baru ini.

Dalam kegiatan JPKM Peduli kali ini JPKM bersinergi dengan PT Intiland Development Tbk (DILD), PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk (WIKA Gedung) dan beberapa donatur lainnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Acara penyerahan bantuan CSR BTN kepada 71 Desa di Surabaya

Minggu, 07 Maret 2021 - 16:52 WIB

Wakil Bupati Lamongan: Ingin Mengembangkan Perumahan Baru di Daerahnya dan Butuh Bantuan Bank BTN

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) mengajak pemerintah daerah untuk membantu dan mendorong pemulihan ekonomi nasional melalui sektor properti. Salah satunya dengan kemudahan perizinan dan penyediaan…

Ilustrasi Perumahan

Minggu, 07 Maret 2021 - 16:38 WIB

Dahsyat, BSI Geber Pembiayaan KPR Syariah

Bank Syariah Indonesia (BSI) melakukan langkah agresif dalam mendorong pertumbuhan pembiayaan kepemilikan rumah. Salah satunya melalui program pembiayaan BSI Griya Hasanah yang menggunakan akad…

Panen Padi (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 07 Maret 2021 - 16:34 WIB

Catat! Tugas Bulog Bantu Serap Beras Petani, Panen Raya di Depan Mata

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Suryo Banendro meminta Badan Urusan Logistik (Bulog) untuk melakukan penyerapan padi secara maksimal. Ini perlu dilakukan…

Dok. SMSI

Minggu, 07 Maret 2021 - 16:04 WIB

SMSI: Adam Malik, PK Ojong-Jakob Oetama, Hamka, Fachrodin Tokoh Inspiratif di RI

Para pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) sependapat, setidaknya ada lima tokoh nasional yang patut menjadi teladan bagi dunia pers di Indonesia serta menginspirasi lahirnya SMSI, yakni…

Beras Impor (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 07 Maret 2021 - 15:40 WIB

Buat Apa Impor 1 Juta Ton! Toh Beras Petani Bisa Diserap

Akademisi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Aliyth Prakarsa menyayangkan adanya kebijakan impor 1 juta beras melalui Perum Bulog untuk memenuhi cadangan beras nasional. Menurut Aliyth,…