Terkuak! Vaksin Merah Putih Baru Bisa Diproduksi Massal Pada Tahun 2022, Bio Farma Ungkap Alasannya...

Oleh : Krishna Anindyo | Minggu, 24 Januari 2021 - 20:00 WIB

Ilustrasi Vaksin Covid-19
Ilustrasi Vaksin Covid-19

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Vaksin Merah Putih produk dalam negeri baru bisa diproduksi secara massal tahun 2022. Vaksin antivirus corona ini akan diproduksi oleh PT. Bio Farma di Bandung, Jawa Barat.

Saat ini Bio Farma sedang fokus memproduksi bahan baku vaksin impor dari beberapa negara.

Dimana 15 juta dosis vaksin sudah tiba di Bio Farma dan 1,32 juta sudah terdistribusi ke seluruh provinsi.

Hal tersebut terungkap saat Tim Kunspek Komisi IX DPR RI menggelar pertemuan dengan Direktur Utama PT. Bio Farma Honesti Basyir di Bandung beberapa waktu lalu.

"Kita ingin mengetahui progres produksi vaksin Merah Putih yang ditunggu-tunggu publik. Dan ternyata baru bisa diproduksi pada 2022," ujar Ketua Komisi IX DPR Nihayatul Wafiroh dalam keterangannya seperti dilansir redaksi Industry.co.id pada Minggu (24/1/2021).

Saat ini menurutnya, Bio Farma sedang sibuk memproduksi sekaligus mendistribusikan vaksin Sinovac asal China.

Selain itu, pihaknya juga ingin mendapatkan progres dari upaya pemerintah mendapatkan pasokan dari vaksin lain selain Sinovac. Termasuk progres pengembangan vaksin Merah Putih.

Dirinya sangat berharap bahwa seluruh upaya pemerintah mengatasi pandemi melalui vaksinasi berjalan lancar sesuai rencana.

Dalam kesempatan itu, menurut Nini sapaan akrabnya, Dirut Bio Farma menjelaskan hingga Juni 2021 nanti, Bio Farma akan menerima 144.700.000 dosis vaksin. Vaksin produksi Inggris dan Amerika Serikat juga sudah berdatangan.

"Sudah hampir 10 bulan kita berjibaku menghadapi pandemi yang mengharuskan kita semua merubah cara hidup dan beradaptasi. Adanya vaksin tentu merupakan salah satu harapan kita semua agar pandemi segera berakhir," ungkap Nini.

"Kita patut bersyukur mendapatkan akses ke beberapa vaksin Covid-19 yang proses kerja samanya melalui PT Bio Farma. Program ini sangat penting, karena dibiayai APBN dan masyarakat terjamin aksesnya," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…