Jamin Vaksin yang Dikirim ke Pelosok Negeri Asli, Erick Thohir: Bismillah, Semua Ada Barcodenya...

Oleh : Candra Mata | Sabtu, 23 Januari 2021 - 18:24 WIB

Erick Thohir Jamin Vaksin Covid-19 Asli dan Aman
Erick Thohir Jamin Vaksin Covid-19 Asli dan Aman

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menegaskan vaksin Covid-19 yang dikirim dari kantor Bio Farma di Bandung dalam kondisi asli dan terjaga kualitasnya.

"Dimasing-masing vaksin ada barcodenya, lalu didalam kotaknya juga ada barcodenya ya, lalu juga di box besar vaksin ada barcodenya. Jadi Bismillah kondisi terjaga dan terkirim dengan baik," ujar Erick dalam keterangan video #HoaxVaksin @biofarmaid seperti dilansir redaksi Industry.co.id pada Sabtu (23/1/2021).

"Lalu temen-temen media bisa lihat, nomer mobil juga terdeteksi dengan baik, ini contoh pengiriman dari Bandung ke Tangerang, lalu ini juga yang ke Aceh juga bisa dilihat ya," sebut Erick memastikan.

Dalam unggahannya tersebut, Erick juga memastikan bahwa Bio Farma telah menerapkan 2D data matrix dalam kemasan primer, sekunder dan tersier untuk memastikan ketelusuran (identifikasi) dan keaslian produk (otentifikasi).

Selain itu, Bio Farma juga menerapkan teknologi Internet of Things (IoT) dengan memasang sensor dan GPS pada kendaraan angkutan vaksin berpendingin.

Sehingga suhu ruang penyimpanan vaksin dalam kendaraan dan posisi pergerakan kendaraan selama perjalanan dapat dipantau secara real time kapanpun dibutuhkan.

"Semua itu dilakukan agar kualitas vaksin tetap terjaga sejak dari Bio Farma di Bandung hingga nanti digunakan sampai di pelosok negeri," pungkas Erick.

Hingga berita ini diturunkan, berita klarifikasi Erick tersebut telah menuai beragam komentar dari para warganet.

"Tetap semangat Pak menteri BUMN," tutur Engelbird.

"Entah apa lah Tujuan pembuat Hoax. Kiranya Pemerintah tetap fokus dalam pelaksanaan vaksinasi umum dan vaksinasi mandiri klasifikasi pengusaha," ucap Helmi Siregar.

"Yg penting jangan di wajibkan, titik," kata Jayden Sacramento.

"Pak Erick, sebenarnya yg kita takutin itu pasca vaksinasi adalah munculnya penyakit penyerta. Misal demam tinggi yg mengakibatkan lumpuh layu, dan penyakit yang berhubungan dg syaraf lainnya. Dalam kasus imunisasi bayi saja ada dijumpai hal seperti diatas. Mohon untuk tim medis vaksinasi nya benar-benar mengikuti SOP bang, mana pasien yang boleh disuntik mana yg ga atau ditunda dulu vaksin untuk pasien tsb. ntar salah suntik lagi," ungkap Cut Yulia.

"Semangat Selalu pak Menteri, kami siap di barisanmu (ttd. MSK-Indonesia)," sebut Rafiq Geofani.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Halalbihalal HPJI, Menteri Basuki Ingatkan untuk Terus Tingkatkan Kualitas Jalan

Jumat, 26 April 2024 - 06:39 WIB

Halalbihalal HPJI, Menteri Basuki Ingatkan untuk Terus Tingkatkan Kualitas Jalan

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menghadiri agenda halalbihalal Himpunan Pengembang Jalan Indonesia (HPJI) di Jakarta, Kamis (25/4). Hadir mendampingi Menteri…

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Jumat, 26 April 2024 - 05:21 WIB

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla., berkunjung ke Provinsi Bengkulu dalam rangka mengisi Orasi Ilmiah Dies Natalis Universitas Bengkulu ke-42. Kegiatan berlangsung…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Jumat, 26 April 2024 - 05:16 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri acara Silaturrahim Halal Bihalal 1445 H Pimpinan Pusat Muhammadiyah berlangsung di Gedung Cendekia Lantai dasar, auditorium KH. A. Azhar Basyir,…

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.