Kemenparekraf Boyong 20 Kreator Lokal ke Hong Kong International Licensing Show 2021

Oleh : Hariyanto | Rabu, 13 Januari 2021 - 10:35 WIB

Pavilion Indonesia HKILS 2019
Pavilion Indonesia HKILS 2019

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengajak para kreator lokal untuk memamerkan karya mereka di gelaran Hong Kong International Licensing Show (HKILS) 2021 pada tanggal 11-15 Januari 2021.

Setelah mengumumkan pendaftaran terbuka dan melakukan proses seleksi bersama kurator profesional, Kemenparekraf mendapatkan 20 IP (Intellectual Property/Kekayaan Intelektual) terpilih untuk difasilitasi pada kegiatan HKILS 2021.

Masih dalam kerangka program komersialisasi IP: Katapel, Kemenparekraf mengajak mereka untuk secara virtual mengenalkan karya kreatif mereka kepada potential buyer yang berasal dari berbagai belahan dunia.

Sebelum berangkat, seluruh peserta mengikuti tahap pembekalan yang diharapkan dapat membantu mereka dalam memasarkan kekayaan intelektual kepada potential buyer.

Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf, Nia Niscaya menuturkan fasilitasi ini diharapkan dapat meningkatkan nilai tambah dari kekayaan intelektual lokal yang diharapkan bisa menjadi salah satu alternatif ekspor Indonesia.

"Basis industri kreatif sangat mengandalkan kekuatan kapitalisasi kekayaan intelektual untuk mendapat nilai tambah ekonomi. Saat situasi pandemi seperti ini, wisatawan mancanegara jauh berkurang sehingga devisa negara dari sektor pariwisata sangat terganggu," kata Nia dalam keteranganya yang dikutip INDUSTRY.co.id, Rabu (13/1/2021).

"Kegiatan ini merupakan langkah inovatif mencari peluang devisa dari sisi ekonomi kreatif . Sejalan dengan pilar kolaborasi yang diusung Kemenparekraf, kedepan kita harap kekayaan intelektual lokal makin diminati pelaku industri, dan menjadi salah satu alternatif ekspor yang memiliki nilai ekonomi cukup tinggi," tambahnya.

Hong Kong sendiri merupakan salah satu hub ekonomi Asia yang paling penting. Yuana Rochma Astuti, Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf mengatakan, Hong Kong merupakan salah satu market terbesar komersialisasi IP, mengingat letaknya yang dekat dengan Tiongkok dan memiliki potensi ekonomi sangat besar.

"Kami berharap melalui program ini ekraf nasional berbasis kapitalisasi kekayaan intelektual atau penjualan lisensi karya bisa bersaing di pentas global sehingga bisa mendorong peningkatan ekspor dan produk domestik bruto ekonomi kreatif.” ujar Yuana.

Sementara, Grace Kusnadi, Ketua Kontingen Pavilion Indonesia untuk HKILS 2021 mengungkapkan, dengan keikutsertaan Indonesia di ajang HKILS 2021 ini diharapkan bisa membawa IP Indonesia ke jenjang internasional.

"Ini terlihat dari sinyal positif yang didapatkan para peserta Indonesia dari para licensor di luar negeri seperti Jepang, Thailand dan kanada. Ini membuktikan bahwa IP Indonesia mempunyai potensi yang besar,” ujar Grace.

20 Jenama terpilih antara lain Tahilalats, Garudayana, Komik Ga Jelas, Emak Matic, Manguni Squad, Gugug!, Ghosty’s, Mintchan, Si Juki, Bumilangit, Dudu, Kareem & Khaleel, Damn! I Love Indonesia, Maple Haven, Fun Cican, Ghost Parade, Where is My Cat?, Warganet Life, Meng, dan Niion.

Dengan banyaknya peserta yang ikut tahun ini, diharapkan memperoleh capaian yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

IIKP Berikan Bantuan untuk Para Lansia

Senin, 15 Agustus 2022 - 11:16 WIB

Ikatan Istri Karyawan Pegadaian (IIKP) Berikan Bantuan untuk Para Lansia di Sukabumi

Acara pemberian bantuan kepada para lansia dihadiri oleh Ketua Dewan Penasehat IIKP Hesti Damar, Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPDT) Griya Lansia Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat Ade…

UD Trucks Laksanakan Pelatihan Pengemudi

Senin, 15 Agustus 2022 - 11:03 WIB

UD Trucks Laksanakan Pelatihan Pengemudi di Gaikindo Indonesia International Auto Show 2022

Di gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, UD Trucks mengadakan pelatihan dan memberikan edukasi kepada 35 pengemudi dari Astra UD Trucks atau disebut juga dengan program…

 Embung di Kawasan Ponpes Mu'allimin

Senin, 15 Agustus 2022 - 10:59 WIB

Habiskan Biaya Rp 6,1 Miliar, Pembangunan Embung di Kawasan Ponpes Mu'allimin Bantul Rampung

Sebagai upaya meningkatkan tampungan air dan mendukung ketahanan pangan nasional, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan pembangunan lima embung di Provinsi…

Peresmian BGSi

Senin, 15 Agustus 2022 - 10:54 WIB

Kemenkes Resmikan BGSi, Inisiatif Nasional Pertama untuk Deteksi Potensi Penyakit di Masa Depan

Dalam upaya menghadirkan layanan pengobatan yang presisi bagi masyarakat, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) resmi meluncurkan Biomedical & Genome Science Initiative (BGSi) di Gedung Eijkman RSUPN…

Menteri Basuki Tinjau Pembangunan Tol Yogyakarta - Bawen

Senin, 15 Agustus 2022 - 10:31 WIB

Tinjau Pembangunan Tol Yogyakarta - Bawen, Ini 4 Pesan Menteri Basuki Kepada BUJT

Jalan tol ini telah dimulai pembangunannya pada awal 2022 untuk meningkatkan konektivitas Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Provinsi Jawa Tengah.