Kemenparekraf Boyong 20 Kreator Lokal ke Hong Kong International Licensing Show 2021

Oleh : Hariyanto | Rabu, 13 Januari 2021 - 10:35 WIB

Pavilion Indonesia HKILS 2019
Pavilion Indonesia HKILS 2019

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengajak para kreator lokal untuk memamerkan karya mereka di gelaran Hong Kong International Licensing Show (HKILS) 2021 pada tanggal 11-15 Januari 2021.

Setelah mengumumkan pendaftaran terbuka dan melakukan proses seleksi bersama kurator profesional, Kemenparekraf mendapatkan 20 IP (Intellectual Property/Kekayaan Intelektual) terpilih untuk difasilitasi pada kegiatan HKILS 2021.

Masih dalam kerangka program komersialisasi IP: Katapel, Kemenparekraf mengajak mereka untuk secara virtual mengenalkan karya kreatif mereka kepada potential buyer yang berasal dari berbagai belahan dunia.

Sebelum berangkat, seluruh peserta mengikuti tahap pembekalan yang diharapkan dapat membantu mereka dalam memasarkan kekayaan intelektual kepada potential buyer.

Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf, Nia Niscaya menuturkan fasilitasi ini diharapkan dapat meningkatkan nilai tambah dari kekayaan intelektual lokal yang diharapkan bisa menjadi salah satu alternatif ekspor Indonesia.

"Basis industri kreatif sangat mengandalkan kekuatan kapitalisasi kekayaan intelektual untuk mendapat nilai tambah ekonomi. Saat situasi pandemi seperti ini, wisatawan mancanegara jauh berkurang sehingga devisa negara dari sektor pariwisata sangat terganggu," kata Nia dalam keteranganya yang dikutip INDUSTRY.co.id, Rabu (13/1/2021).

"Kegiatan ini merupakan langkah inovatif mencari peluang devisa dari sisi ekonomi kreatif . Sejalan dengan pilar kolaborasi yang diusung Kemenparekraf, kedepan kita harap kekayaan intelektual lokal makin diminati pelaku industri, dan menjadi salah satu alternatif ekspor yang memiliki nilai ekonomi cukup tinggi," tambahnya.

Hong Kong sendiri merupakan salah satu hub ekonomi Asia yang paling penting. Yuana Rochma Astuti, Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf mengatakan, Hong Kong merupakan salah satu market terbesar komersialisasi IP, mengingat letaknya yang dekat dengan Tiongkok dan memiliki potensi ekonomi sangat besar.

"Kami berharap melalui program ini ekraf nasional berbasis kapitalisasi kekayaan intelektual atau penjualan lisensi karya bisa bersaing di pentas global sehingga bisa mendorong peningkatan ekspor dan produk domestik bruto ekonomi kreatif.” ujar Yuana.

Sementara, Grace Kusnadi, Ketua Kontingen Pavilion Indonesia untuk HKILS 2021 mengungkapkan, dengan keikutsertaan Indonesia di ajang HKILS 2021 ini diharapkan bisa membawa IP Indonesia ke jenjang internasional.

"Ini terlihat dari sinyal positif yang didapatkan para peserta Indonesia dari para licensor di luar negeri seperti Jepang, Thailand dan kanada. Ini membuktikan bahwa IP Indonesia mempunyai potensi yang besar,” ujar Grace.

20 Jenama terpilih antara lain Tahilalats, Garudayana, Komik Ga Jelas, Emak Matic, Manguni Squad, Gugug!, Ghosty’s, Mintchan, Si Juki, Bumilangit, Dudu, Kareem & Khaleel, Damn! I Love Indonesia, Maple Haven, Fun Cican, Ghost Parade, Where is My Cat?, Warganet Life, Meng, dan Niion.

Dengan banyaknya peserta yang ikut tahun ini, diharapkan memperoleh capaian yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kain wastra nusantara

Minggu, 18 April 2021 - 10:02 WIB

Yuk Intip! Ini Dia Tiga Jenama Lokal Berbasis Wastra Nusantara yang Mendunia

Kain khas atau wastra nusantara memang begitu beragam dan menarik. Berbekal pola dan warna yang variatif, wastra nusantara bisa jadi pilihan bahkan andalan dalam berbagai suasana. Aneka busana…

Ilustrasi rendang

Minggu, 18 April 2021 - 09:31 WIB

Miliki Kelengkapan Sertifikat, KemenkopUKM Pacu Ekspor Rendang Payakumbuh ke Seluruh Belahan Dunia

Sumatera Barat khususnya Payakumbuh dengan ikonnya rendang, juga mampu menguasai pasar domestik setidaknya. Rendang ini bisa diterima dari Sabang sampai Merauke, berarti ada 270 juta pasar domestik…

Jejeran Unit Produksi Astra Daihatsu Motor di Fasilitas Logistik

Minggu, 18 April 2021 - 08:27 WIB

Permintaan Mobil Melonjak, Tak Nyangka, Daihatsu Lakukan Ini..

Jakarta-Pemerintah telah mengimplementasikan program relaksasi pajak (PPnBM) secara bertahap dimulai pada Maret 2021 dalam rangka memberikan stimulus untuk pasar otomotif di Indonesia. Dukungan…

Ilustrasi Tempat Pembuangan Sampah Menjadi Bahan Bakar Alternatif Berupa Refused Derived Fuel (Photo by BUMN)

Minggu, 18 April 2021 - 08:15 WIB

Ini Dia Terobosan Keren, Gerakan Sedekah Sampah Berbasis Masjid

Jakarta– Pendekatan keagamaan sangat penting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengelola sampah. Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengeluarkan fatwa nomor 47/2014 tentang pengelolaan…

Pengisian LPG 3kg

Minggu, 18 April 2021 - 08:15 WIB

Kabar dari Pertamina Ini Bakal Bikin Warga Bandung Raya Tenang Selama Ramadan

Untuk mencukupi kebutuhan masyarakat selama Bulan Suci Ramadhan tahun ini. PT Pertamina (Persero) melalui Pemasaran Regional Jawa Bagian Barat menambah pasokan LPG subsidi 3 kilogram (Kg) secara…