Tajir Melintir! Perusahaan Asal Eropa Bawa Duit Rp28 Triliun Bangun Pabrik Petrokimia di Papua

Oleh : Ridwan | Selasa, 29 Desember 2020 - 09:05 WIB

Industri Petrokimia
Industri Petrokimia

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pemerintah terus mendorong masuknya investasi di kawasan industri di Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat, baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan saat ini sudah menerima sejumlah rencana investasi di kawasan industri tersebut, salah satunya adalah perusahaan petrokimia dari Eropa.

Dikatakan Airlangga, ada perusahaan asal Eropa berencana menanamkan investasi sebesar Rp 28 triliun untuk membangun pabrik petrokimia di Teluk Bintuni.

"Ada perusahaan Eropa yang berencana investasi Rp 28 triliun untuk membangun pabrik petrokimia di Teluk Bintuni," kata Airlangga dalam acara Bintuni Energy Forum secara virtual seperti dilansir CNBC (28/12/2020).

Lebih lanjut, Menko Perekonomian mengungkapkan bahwa rencana zonasi kawasan industri Teluk Bintuni telah disusun berdasarkan master plan pada 2013. Saat ini penyiapan master plan Kawasan Industri Teluk Bintuni dirancang seluas 2.000 hektar.

"Terbagi beberapa zona, zona utama, zona industri turunan serta zona fungsi pendukung, termasuk utilitas pergudangan, pelabuhan, power plant," jelasnya.

Proses konstruksi menurutnya akan rampung pada 2022 dan ditargetkan mulai operasional pada 2023. Melalui pembangunan ini, pihaknya berharap bakal lebih banyak lagi investor yang tertarik berinvestasi di Teluk Bintuni ini.

"Sehingga, ada multiplier effect, termasuk kenaikan angka penyerapan tenaga kerja yang pengaruhi statistik pembangunan Kabupaten Teluk Bintuni, Provinsi Papua Barat maupun tingkat nasional," ujarnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P.

Selasa, 13 April 2021 - 07:00 WIB

Panglima TNI Bicarakan Masalah Strategis Bersama Duta Besar LBBP India

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. menerima Kunjungan Kehormatan / Courtesy Call Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) India Y.M. Shri Manoj Kumar Bharti, bertempat di…

Dankormar Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, M.Tr. (Han)

Selasa, 13 April 2021 - 06:30 WIB

Dankormar Mayjend Suhartono Pimpin Rapat Lomba Menembak KASAL Cap 2021

Dankormar ( Komandan Korps Marinir ) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono memimpin rapat kesiapan Lomba Menembak Kasal Cup Tahun 2021 di Ruang Rapat Gedung Agoes Subekti Markas Komando Korps Marinir…

Ilustrasi Putusan Pengadilan (ist)

Selasa, 13 April 2021 - 05:30 WIB

Komisi III Soroti Hak Eksekusi PTUN: Mentah Terus...

Wakil Ketua Komisi III DPR RI Adies Kadir menyoroti hak eksekusi Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) yang tidak dapat dilaksanakan, karena terganjal oleh Peraturan Pemerintah terkait Undang-Undang…

Pangkogabwilhan I Laksdya TNI I Nyoman Gede Ariawan, S.E., M.M.

Selasa, 13 April 2021 - 05:30 WIB

Pangkogabwilhan I Bagikan Bingkisan Kepada Seluruh Prajurit Sambut Ramadhan 1442 H / 2021 M.

Pangkogabwilhan I Laksdya TNI I Nyoman Gede Ariawan, S.E., M.M. membagikan bingkisan kepada seluruh Prajurit Kogabwilhan I bertempat di halaman parkir belakang kantor Makogabwilhan I Jalan MT…

 Helikopter milik PT Ersa Eastern Aviation

Selasa, 13 April 2021 - 05:00 WIB

Aksi Keji, KKB Teror Satu Helikopter di Puncak Papua

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) tidak hanya mengancam dunia pendidikan di Papua, dan untuk kesekian kalinya KKB kembali menebar aksi teror dunia penerbangan. Kali ini, satu unit helikopter…