Tajir Melintir! Perusahaan Asal Eropa Bawa Duit Rp28 Triliun Bangun Pabrik Petrokimia di Papua

Oleh : Ridwan | Selasa, 29 Desember 2020 - 09:05 WIB

Industri Petrokimia
Industri Petrokimia

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pemerintah terus mendorong masuknya investasi di kawasan industri di Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat, baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan saat ini sudah menerima sejumlah rencana investasi di kawasan industri tersebut, salah satunya adalah perusahaan petrokimia dari Eropa.

Dikatakan Airlangga, ada perusahaan asal Eropa berencana menanamkan investasi sebesar Rp 28 triliun untuk membangun pabrik petrokimia di Teluk Bintuni.

"Ada perusahaan Eropa yang berencana investasi Rp 28 triliun untuk membangun pabrik petrokimia di Teluk Bintuni," kata Airlangga dalam acara Bintuni Energy Forum secara virtual seperti dilansir CNBC (28/12/2020).

Lebih lanjut, Menko Perekonomian mengungkapkan bahwa rencana zonasi kawasan industri Teluk Bintuni telah disusun berdasarkan master plan pada 2013. Saat ini penyiapan master plan Kawasan Industri Teluk Bintuni dirancang seluas 2.000 hektar.

"Terbagi beberapa zona, zona utama, zona industri turunan serta zona fungsi pendukung, termasuk utilitas pergudangan, pelabuhan, power plant," jelasnya.

Proses konstruksi menurutnya akan rampung pada 2022 dan ditargetkan mulai operasional pada 2023. Melalui pembangunan ini, pihaknya berharap bakal lebih banyak lagi investor yang tertarik berinvestasi di Teluk Bintuni ini.

"Sehingga, ada multiplier effect, termasuk kenaikan angka penyerapan tenaga kerja yang pengaruhi statistik pembangunan Kabupaten Teluk Bintuni, Provinsi Papua Barat maupun tingkat nasional," ujarnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Batik Khas Tulungagung, Jawa Timur (Dok: Kemenparekraf)

Minggu, 01 Agustus 2021 - 19:15 WIB

Pemkab Tulungagung dan Kemenparekraf Kolaborasi Kembangkan Potensi Parekraf

Pemerintah Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk mengembangkan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif.

Ilustrasi energi panas bumi (ist)

Minggu, 01 Agustus 2021 - 18:41 WIB

Rampung Hanya Dalam 18 Bulan, PLTP Sorik Marapi Unit 2 Berkapasitas 45 MW Resmi Beroperasi

Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Panas Bumi Sorik Marapi unit 2 berkapasitas 45 MW telah beroperasi komersil setelah menyelesaikan Unit Rated Capacity (URC) Test.

Badak circuit Tanjung Lesung

Minggu, 01 Agustus 2021 - 18:00 WIB

IMI Dukung Pembangunan Automotive Sport Tourism Tanjung Lesung

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (Bamsoet) bersama Direktur Utama PT Banten West Java Tourism Development Poernomo Siswoprasetijo menandatangani…

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menjenguk Hari dan Tino di TMR

Minggu, 01 Agustus 2021 - 17:35 WIB

Patut Dicontoh! Anies Baswedan Jenguk Dua Harimau Sumatera, Hari dan Tino yang Terpapar Covid-19 di Ragunan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjenguk dua warganya yang bernama Hari dan Tino usai dinyatakan positif Covid-19. Yang menarik warga yang dimaksudnya adalah harimau yang berada di Taman…

Tol Listrik Flores

Minggu, 01 Agustus 2021 - 17:25 WIB

Alhamdulillah, Tol Listrik Flores Sepanjang 864 kms Beropersi, Keandalan Listrik di Indonesia Timur Makin Jos!

Tol listrik sepanjang 864 kilo meter sirkuit (kms) resmi beroperasi di Flores, Nusa Tenggara Timur. Penyambungan listrik ini membentang dari Labuan Bajo hingga Maumere dengan menelan biaya sebesar…