Komisi IV DPR dan Kementan Ingin Sleman Menjadi Model Pembudidayaan

Oleh : Wiyanto | Sabtu, 28 November 2020 - 09:50 WIB

Dirjen Tanaman Pangan Suwandi bersama Komisi IV giat melepas ikan di dekat persawahan
Dirjen Tanaman Pangan Suwandi bersama Komisi IV giat melepas ikan di dekat persawahan

INDUSTRY.co.id-Sleman,- Kunjungan Komisi IV DPR ke kampung mina padi dan salak pondoh di Kabupaten Sleman DIY disambut antusias petani. Plh Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Provinsi DIY Dwianta Sudibyo bertempat di Kecamatan Pakem menyambut rombongan anggota DPR tersebut menyebutkan berbagai program giat perikanan di Sleman dari waktu ke waktu meningkat bahkan mampu menyuplai 70% di wilayah DIY.

“Berbagai upaya terus kita lakukan untuk mengembangkan mina padi ini, salah satunya dengan kincir air,” ujarnya di dusun Samberembe , Kecamatan Pakem, Sleman hari jumat (27/11) . Tak hanya minapadi, andalan komoditas di Kabupaten Sleman yang paling terkenal adalah salak pondoh yang banyak ditemui di Kecamatan Turi. Komoditas ini mencakup beberapa kecamatan dan menjadi andalan ekspor ke Cina, Singapura, Arab Saudi, dan negara lain. Dwiananta mengatakan tidak hanya berorientasi pada komoditas segar namun juga salah pondoh sudah merambah ke berbagai macam olahan.

Ketua rombongan Kunker Komisi IV DPR, I Made Urip menyampaikan kunjungannya dalam rangka fungsi pengawasan. “Hari ini kita melaksanakan tugas kontrol atau pengawasan. Kami tadi sudah melihat di lapangan tentang program unggulan di Sleman ini yaitu mina padi. Ini betul-betul luar biasa. Lahannya luar biasa suburnya,” sebut Made Urip.

Para anggota komisi IV tersebut mengapresiasi model minapadi yang diakui sangat bagus. “Mudah-mudahan ini bisa menjadi contoh pembudidayaan . Luar biasa petani di Sleman ini, petaninya cukup terampil. Pemdanya menggarap dan menggali SDM nya untuk bisa meningkatkan pertanian,” kata Made Urip.

Ia berharap Kabupaten Sleman mampu menjaga ketahanan pangan untuk negeri. “Kami akan selalu memberikan dukungan untuk pertanian . Apalagi pak Dirjen Tanaman Pangan selalu rajin turun ke lapangan,” cetusnya.

Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementan Suwandi yang ikut serta mendampingi kegiatan tersebut turut senang melihat percontohan kampung mina padi di Sleman tersebut. Suwandi menyebut minapadi memiliki keuntungan ganda dan ini menjadikan tambahan penghasilan bagi petani. Kemudian terkait dengan salak pondoh, orientasi ekspor menurut Suwandi harus diperluas skalanya maupun negara tujuannya.

Frans, petani minapadi yang ikut dalam acara tersebut menginginkan kawasan mina padi tersebut bisa dipromosikan ke masyarakat luas untuk meningkatkan produksi dan perekonomian.

"Model budidaya mina padi bisa menjadi mencontoh keberhasilan untuk daerah lainya sehingga perlu diperluas ke daerah lain," katanya.

Pada acara tersebut diserahkan pula bantuan pertanian oleh anggota Komisi IV DPR RI yang hadir lainnya seperti Sunarna, Yohanis Fransiskus Lema, Ichsan Firdaus, Panggah Susanto, Salim Fakhry, TA. Khalid, Endro Hermono, Abdullah Tuasikal, Charles Meikyansah, Farida Hidayati, Luluk Nur Hamidah, Muslim, Slamet, Hamid Noor Yasin, dan Ema Umiyatul.

Sebagai informasi total bantuan pemerintah Kementerian Pertanian untuk Kabupaten Sleman sebesar Rp 2,8 Milyar berupa sarana produksi dan alsintan tanaman pangan, rehabilitasi jaringan irigasi serta sarana pengolahan hortikultura.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…