Pertamina Lakukan Peremajaan Boiler Pada Kilang RU VII Kasim

Oleh : Hariyanto | Kamis, 22 Oktober 2020 - 09:46 WIB

Ilustrasi Migas
Ilustrasi Migas

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Dalam upaya optimalisasi peningkatan kehandalan dan kapasitas operasi kilang RU VII Kasim, PT Pertamina (Persero) melalui Refinery Unit VII Kasim melakukan peremajaan (revitalisasi) beberapa peralatan yang sudah tidak optimal dan berfungsi dengan baik lagi.

Salah satunya dengan optimalisasi utilisasi Boiler, yang mana boiler existing lama mengalami penurunan kinerja yang signifikan dibawah desain operasinya hanya bisa memproduksi steam sebesar 14,8% kapasitas desain, dan diprediksi kinerja Boiler 4-B-01 existing tersebut akan terus menurun.

Permasalahan ini cukup mendapat perhatian khusus karena steam merupakan fluida pendukung yang cukup vital untuk operasional kilang baik di area proses kilang maupun oil movement.

Untuk memitigasi hal tersebut, kilang RU VII Kasim melaksanakan proyek penambahan 1 unit Boiler dengan kapasitas produksi steam 12,5 ton/jam lengkap dengan accessoriesnya untuk menjaga kehandalan kilang, juga untuk mendukung program peningkatan kapasitas RU VII. Boiler tersebut berjenis water tube dan dimanufaktur di Italy.

"Mengharapkan dengan hadirnya New Boiler 4-B-01 ini, semangat dan motivasi pekerja dapat meningkat lagi. Selain itu dengan hadirnya boiler baru ini, kehandalan kilang dapat terjaga dan dapat mensupport upaya peningkatan kapasitas RU VII melalui program Open Access” kata General Manager RU VII Kasim, Yulianto Triwibowo dalam keteranganya yang dikutip, Kamis (22/10/2020).

Kilang RU VII terus berupaya meningkatkan kapasitas kilang, melakukan pengembangan, pergantian, modifikasi, upgrading dan penambahan peralatan proses kedepannya seperti halnya pengantian Boiler 4-B-01 ini.

Dalam waktu dekat, kilang RU VII juga akan melakukan pembangunan Jetty III dan 4 buah tangki minyak mentah berkapasitas masing-masing 110.000 barrel, atau disebut juga proyek Open access, guna meningkatkapan kapasitas pengolahan kilang RU VII.

"Untuk itu dukungan dari semua pihak sangat di butuhkan baik dari internal Pertamina maupun pihak Eksternal stake holder RU VII” ujar Yulianto.

Pekerjaan penambahan 1 unit package Boiler plus accessories ini membutuhkan waktu penyelesaian sekitar 610 hari untuk menyelesaikan semua tahapan mulai dari engineering design, mechanical completion, commissioning and start up, hingga final acceptance.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan membidik sektor pertanian melalui BSI Mitra Plasma Sawit. Kunjungan dilakukan ke salah satu kebun sawit di Sumatera.

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:20 WIB

Dorong Sustainable Banking, BSI Dukung Pembiayaan Sawit Bagi Petani Plasma

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan…

Ilustrasi perumahan

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:16 WIB

Terdepan di Wilayah Jabodetabek, Bogor Catat Selisih Pertumbuhan Harga Hunian Tertinggi

Tren harga rumah di Indonesia mengalami peningkatan tahunan sebesar 2,4 persen pada bulan Februari 2024 dibandingkan sejak Februari 2023. Rumah123 mencatat Bogor mengalami kenaikan harga hunian…

Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk (BTPN)

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:44 WIB

Bank BTPN Akuisisi Dua Perusahaan Pembiayaan PT Oto Multiartha dan PT Summit Oto Finance

Akuisisi OTO dan SOF jadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam mendorong inovasi produk dan layanan yang semakin relevan dengan kebutuhan perbankan dan pembiayaan masyarakat Indonesia.