Korem 174 Antisipasi Bahaya Karhutla di Wilayah Merauke

Oleh : Herry Barus | Selasa, 20 Oktober 2020 - 04:30 WIB

Korem 174 Antisipasi Bahaya Karhutla di Wilayah Merauke
Korem 174 Antisipasi Bahaya Karhutla di Wilayah Merauke

INDUSTRY.co.id - Merauke-Korem 174/ATW Merauke menggelar Latihan Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kebon Coklat, Distrik Tanah Miring, Merauke, mulai tanggal 19 sampai dengan 23 Oktober 2020.

Latihan yang akan digelar selama lima hari tersebut,  Korem 174/ATW melibatkan instansi terkait yaitu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) serta Badan SAR Nasional (Basarnas) yang berada di wilayah Kabupaten Merauke.

Dalam latihan tersebut, nantinya akan disimulasikan tentang langkah-langkah dalam mengatasi atau penanggulangan terhadap adanya bencana kebakaran hutan dan lahan.

Latihan Penanggulangan Bencana Karhutla yang diikuti oleh 150 prajurit jajaran Korem 174/ATW dibuka secara resmi oleh Danrem Merauke Brigjen TNI Bangun Nawoko, bertempat di Aula LB. Moerdani Korem 174 Merauke, Jalan Poros Tanah Miring, Kabupaten Merauke, Papua, Senin (19/10/2020).

Hadir dalam acara pembukaan yakni para Kepala Seksi (Kasi) Korem, para Komandan Satuan (Dansat) dan Badan Pelaksana Dinas Jawatan (Balakdisjan) jajaran Korem 174/ATW Merauke.

Pembukaan ditandai dengan penyematan tanda peserta Latihan Penanggulangan Bencana Karhutla oleh Brigjen TNI Bangun Nawoko kepada perwakilan Penyelenggara dan Pelaku dalam latihan.

Dalam pengarahannya kepada seluruh personel yang terlibat dalam latihan, Danrem 174 Merauke menekankan agar melaksanakan latihan tersebut dengan semaksimal mungkin. Danrem juga meminta agar dalam pelaksanaan nantinya dapat memaksimalkan kerja sama dengan berbagai instansi atau pihak yang terkait.

“Harapannya agar latihan ini dapat berjalan dengan baik dan berhasil guna sesuai dengan tujuan dari digelarnya latihan,” terangnya.

Lebih lanjut dikatakan bahwa latihan yang akan dilaksanakan dari tanggal 19 sampai dengan tanggal 23 Oktober 2020 telah mendapatkan apresiasi dan ekspektasi yang sangat tinggi dari Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab.

“Untuk itu, sekali lagi saya tekankan kepada seluruh pelaku dan penyelenggara, agar dapat melaksanakan kegiatan ini dengan maksimal dan sungguh-sungguh,” tegas Brigjen TNI Bangun Nawoko.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Haru Koesmahargyo, Dukung PEN-ICRG, Bank BTN Transplantasi 710 Terumbu Karang dan Lepas 7.100 Tukik di Bal

Minggu, 11 April 2021 - 21:41 WIB

Luar Biasa Terobosan Pak Haru Koesmahargyo, Dukung PEN-ICRG, Bank BTN Transplantasi 710 Terumbu Karang dan Lepas 7.100 Tukik di Bali

DenpasarSebagai bentuk komitmen perusahaan untuk ikut menjaga kelestarian lingkungan hidup, sekaligus dalam rangka mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) melalui program Indonesia Coral…

Ilustrasi Uang (ist)

Minggu, 11 April 2021 - 21:08 WIB

DPR dan Pakar Ekonomi Ungkap Beban Berat APBN Pulihkan Perekonomian

kewenangan dalam Perppu 1 Tahun 2020, dan disempurnakan dalam UU Nomor 2 Tahun 2020, untuk menetapkan batas defisit anggaran melampaui 3 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) selama masa penanganan…

Ilmuwan BATAN (ist)

Minggu, 11 April 2021 - 20:33 WIB

Agar Maju, Pemerintah Diminta DPR Kembangkan Tenaga Nuklir, Sugeng: Skala Kecil Saja Dulu, Kami Dukung...

Ketua Komisi VII DPR RI Sugeng Suparwoto menyampaikan, tenaga nuklir saat ini sudah dikembangkan dan menjadi tren di negara-negara maju sebagai energi alternatif.  Menurutnya, Indonesia sebenarnya…

Pembangkit Listrik

Minggu, 11 April 2021 - 20:07 WIB

MIGA, World Bank Group Bakal Jamin 95% Proyek Energi Terbarukan PLN Selama 5 Tahun Kedepan

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengungkapkan bahwa dirinya telah melakukan pertemuan dengan Lembaga Penjamin Investasi Multilateral atau Multilateral Investment Guarantee Agency (MIGA)…

Sri Mulyani di Forum Internasional (WEF)

Minggu, 11 April 2021 - 19:43 WIB

Sri Mulyani Minta IMF dan WBG Bantu Ringankan Beban Utang Negara-negara Berpenghasilan Rendah

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyampaikan bahwa pemulihan ekonomi indonesia prospeknya terproyeksi semakin baik. Hal itu disampaikannya secara virtual pada forum Development…