Mengenal Sisi Lain Letnan Jenderal TNI (Purn) Terawan Agus Putranto

Oleh : Dar Edi Yoga | Kamis, 08 Oktober 2020 - 11:29 WIB

Dar Edi Yoga dan Letnan Jenderal TNI (Purn) Terawan Agus Putranto
Dar Edi Yoga dan Letnan Jenderal TNI (Purn) Terawan Agus Putranto

INDUSTRY.co.id - Ketika menjadi Kepala RSPAD Gatot Soebroto, dan masih berpangkat Brigadir Jenderal, dokter Terawan Agus Putranto, Sp.Rad (K), RI ditunjuk menjadi Ketua Umum Organisasi International Committee on Military Medicine (ICMM) yang anggotanya terdiri dari para personil kesehatan militer perwakilan dari 117 negara dan berpusat di Bruseel, Belgia. 

ICMM tidak hanya berfungsi sebagai wadah bagi personil kesehatan militer di seluruh dunia saja, tetapi juga mempersiapkan standar operasional prosedur (SOP), memberikan pelatihan kesehatan dan juga fasilitas pendidikan yang berhubungan dengan kesehatan.

Begitu pentingnya koordinasi antarnegara dalam mewujudkan kesehatan yang merata dan memaksimalkan peran militer untuk berbagi situasi kesehatan krisis di dunia terlebih di masa pandemi Covid-19 saat ini.

Di dalam organisasi personil kesehatan militer seluruh dunia ini, Brigadir Jenderal TNI Terawan yang kemudian dinaikan pangkatnya menjadi Mayor Jenderal TNI mempimpin sejumlah dokter atau personil kesehatan militer berpangkat perwira tinggi bintang satu hingga jenderal bintang tiga.

"Saya bintang dua tapi anggota saya di ICMM banyak yang bintang tiga," ujar Terawan ketika saya temui beberapa tahun lalu.

Sekarang dokter terawan menyandang bintang tiga di pundaknya, kendati belum masuk usia pensiun Dokter Terawan harus purnawira karena menerima jabatan politis sebagai menteri. Selain sebagai Menteri Kesehatan Republik Indonesia, saat ini dia juga tercatat sebagai Ketua Kehormatan ICMM dari tahun 2019. Sebelumnya menjadi Ketua ICMM dari tahun 2015-2017.

Dokter Terawan ketika saat masih berdinas aktif merupakan dokter kepresidenan, namanya mencuat karena teknologi cuci otak (brain wash) atau juga disebut brain spa.

Metodenya adalah dengan radiologi intervensi dengan memodifikasi Digital Subtraction Angiogram (DSA). DSA terbukti membantu penyembuhan pasien stroke atau penyumbatan syaraf di otak, dengan cara memperlancar pembuluh darah otak. Metode ini juga sanggup mengurangi risiko paparan radiasi dalam otak pasien hingga 10 kali lipat.

Dengan teknologi tersebut, Dokter Terawan sukses mengobati puluhan ribu pasien stroke baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Teknologi ini bahkan santer di dunia international. Terbukti dengan hadirnya sejumlah pasien penting dan petinggi luar negeri yang menjalani treatment ini, belum lagi tokoh dan petinggi dari dalam negeri. Inovasi Dokter Terawan ini juga sudah diakui oleh sejumlah rumah sakit di luar negeri seperti Jerman dan Prancis.

Teknik inipun bisa diaplikasikan dengan cepat. Hanya butuh waktu sekitar 30 menit untuk menghilangkan kelumpuhan akibat penyempitan pembuluh darah otak.

Dokter Terawan sudah melatih banyak dokter sejak belasan tahun terakhir, yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Dokter yang sudah lulus pelatihan diberi sertifikat. Tujuannya agar teknik penyembuhan stroke ini bisa disebarluaskan dan membantu lebih banyak pasien.

Dokter Terawan Agus Putranto adalah pribadi yang rendah hati dan selalu siap menolong siapa saja. Saya menyaksikan sendiri bagaimana dia memperlakukan orang disekitarnya dengan penuh kehangatan tanpa memandang status sosial. Semua disapa dan dilayani dengan baik padahal ada bintang dua di pundaknya. Ini menunjukan dia bekerja dengan sepenuh hati.

"Saya alami sendiri beberapa tahun yang lalu, dua kali ibu dilakukan tindakan DSA di RSPAD, Saya menghadap dokter Terawan dan minta tolong diringankan biaya. Puji Tuhan langsung dibantu. Beliau memang sosok yang rendah hati dan penyapa. Tuhan memakainya menjadi saluran berkat bagi orang lain. Tuhan memberkati," ungkap Kolonel (Mar)  FJH Pardosi.

Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto mengalami kemajuan yang luar biasa pesat ketika dipimpin oleh Terawan dan pada tanggal 3 Maret 2018 menerima akreditasi dari Joint Comission International (JCI) yang markas pusatnya di Amerika Serikat. Penghargaan bertaraf internasional ini menjadikan RSPAD sebagai satu-satunya RS militer di dunia yang meraih akreditasi internasional tertinggi. Selain itu, RSPAD juga rumah sakit pertama di Indonesia yang lulus standar seri 6 dari JCI.

JCI adalah badan akreditasi internasional untuk bidang kualitas kesehatan yang telah mengakreditasi lebih dari 21.000 organisasi dan program perawatan kesehatan AS dan mengakreditasi layanan medis di seluruh dunia. Lembaga ini pun diakui oleh mayoritas pemerintah negara bagian AS.

Ditangan dinginnya, RSPAD dengan manajemen yang baik selalu meraih keuntungan sehingga keuntungan itu dapat digunakan menambah dan memperbaiki seluruh fasilitas kesehatan di rumah sakit yang memiliki peralatan terlengkap di Indonesia tanpa menggunakan dana APBN. 

Dia ingin membangun RSPAD menjadi rumah sakit terbesar dan modern sehingga dapat menjadi pusat pengobatan nasional. Tentunya ini proyek besar yang menggiurkan bagi para cukong yang ingin meraih keuntungan.

Selama memimpin RSPAD dokter Terawan sudah banyak memberi sanksi hingga memecat bawahan yang bekerja tidak benar dan ketahuan bermain proyek karena dia tidak ingin RSPAD diatur oleh para cukong yang mencoba meraih keuntungan dari RS yang dipimpinnya.

Kini ketika memimpin kementrian kesehatan, dokter Terawan pun harus kembali berjuang membenahi curat marut sistem kesehatan di negeri ini. Terutama ketika Covid-19 melanda seantero negeri, dimana hoax bermunculan, dimana para mafia kesehatan berpesta pora, dimana media pun ikut membuat gaduh negeri ini.

Dalam diam, Letnan Jenderal TNI Punawirawan Terawan A.P tetap bekerja memberikan yang terbaik untuk negeri ini. Baginya hidup ini harus penuh berkat, baik bagi sesama, bagi bangsa dan negara, dan terutama bagi Tuhan, karena dia menyadari sebagai hamba Tuhan harus siap melayani.

Dar Edi Yoga: Praktisi Media dan Penasehat/Pendiri Beranda Ruang Diskusi

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat memberikan arahan ke jajarannya

Senin, 26 Oktober 2020 - 12:46 WIB

Satu Tahun Kerja, Mentan Minta Pertajam Program Yang Sudah Berjalan

Memasuki satu tahun kinerja Kabinet Indonedia Maju, Kementerian Pertanian (Kementan) terus berupaya meningkatkan sinergitas dan kinerja sektor pertanian untuk meningkatkan perekonomian nasional.

Pasar Indonesia Kegiatan Tahunan KBRI Pretoria (Photo by Kemlu)

Senin, 26 Oktober 2020 - 12:15 WIB

Promosikan Kuliner Nusantara, KBRI Pretoria Selenggarakan Pasar Indonesia

Tahun ini walaupun diselenggarakan dengan skala lebih kecil, kami tetap menggelar Pasar Indonesia dengan semangat tinggi untuk memperkenalkan kuliner khas nusantara dan beragam produk Indonesia.

Trio Macan

Senin, 26 Oktober 2020 - 12:00 WIB

Artis Trio Macan Ramaikan Mancing Galatama PWI Jaya dan IBR Relation

Acara Lomba Mancing Galatama ini baru pertamakalinya kami gelar, peminatnya luar biasa banyak, tetapi karena kita membatasi 100 peserta maka banyak yang terpaksa kami tolak karena keterbatasan…

WK Migas

Senin, 26 Oktober 2020 - 11:44 WIB

Genjot Produksi WK Rokan, Ini yang Dilakukan SKK Migas

Heads of Agreement Wilayah Kerja (WK) Rokan yang telah ditandatangani pada 28 September 2020 memberikan ruang bagi SKK Migas untuk menjaga kelangsungan di WK Rokan hingga berakhirnya kontrak…

Presiden Joko Widodo saat meninjau kawasan industri terpadu Batang

Senin, 26 Oktober 2020 - 11:20 WIB

Luar Biasa, Tiga Perusahaan Raksasa Asal China, Korsel & AS Berebut Bangun Pabrik Baterai Triliunan Rupiah di KIT Batang

Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang benar-benar menjadi primadona bagi sejumlah perusahaan asing yang ingin mendirikan pabrik di kawasan yang rencananya akan memiliki luas lahan pembangunan…