Mengenal Sisi Lain Letnan Jenderal TNI (Purn) Terawan Agus Putranto

Oleh : Dar Edi Yoga | Kamis, 08 Oktober 2020 - 11:29 WIB

Dar Edi Yoga dan Letnan Jenderal TNI (Purn) Terawan Agus Putranto
Dar Edi Yoga dan Letnan Jenderal TNI (Purn) Terawan Agus Putranto

INDUSTRY.co.id - Ketika menjadi Kepala RSPAD Gatot Soebroto, dan masih berpangkat Brigadir Jenderal, dokter Terawan Agus Putranto, Sp.Rad (K), RI ditunjuk menjadi Ketua Umum Organisasi International Committee on Military Medicine (ICMM) yang anggotanya terdiri dari para personil kesehatan militer perwakilan dari 117 negara dan berpusat di Bruseel, Belgia. 

ICMM tidak hanya berfungsi sebagai wadah bagi personil kesehatan militer di seluruh dunia saja, tetapi juga mempersiapkan standar operasional prosedur (SOP), memberikan pelatihan kesehatan dan juga fasilitas pendidikan yang berhubungan dengan kesehatan.

Begitu pentingnya koordinasi antarnegara dalam mewujudkan kesehatan yang merata dan memaksimalkan peran militer untuk berbagi situasi kesehatan krisis di dunia terlebih di masa pandemi Covid-19 saat ini.

Di dalam organisasi personil kesehatan militer seluruh dunia ini, Brigadir Jenderal TNI Terawan yang kemudian dinaikan pangkatnya menjadi Mayor Jenderal TNI mempimpin sejumlah dokter atau personil kesehatan militer berpangkat perwira tinggi bintang satu hingga jenderal bintang tiga.

"Saya bintang dua tapi anggota saya di ICMM banyak yang bintang tiga," ujar Terawan ketika saya temui beberapa tahun lalu.

Sekarang dokter terawan menyandang bintang tiga di pundaknya, kendati belum masuk usia pensiun Dokter Terawan harus purnawira karena menerima jabatan politis sebagai menteri. Selain sebagai Menteri Kesehatan Republik Indonesia, saat ini dia juga tercatat sebagai Ketua Kehormatan ICMM dari tahun 2019. Sebelumnya menjadi Ketua ICMM dari tahun 2015-2017.

Dokter Terawan ketika saat masih berdinas aktif merupakan dokter kepresidenan, namanya mencuat karena teknologi cuci otak (brain wash) atau juga disebut brain spa.

Metodenya adalah dengan radiologi intervensi dengan memodifikasi Digital Subtraction Angiogram (DSA). DSA terbukti membantu penyembuhan pasien stroke atau penyumbatan syaraf di otak, dengan cara memperlancar pembuluh darah otak. Metode ini juga sanggup mengurangi risiko paparan radiasi dalam otak pasien hingga 10 kali lipat.

Dengan teknologi tersebut, Dokter Terawan sukses mengobati puluhan ribu pasien stroke baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Teknologi ini bahkan santer di dunia international. Terbukti dengan hadirnya sejumlah pasien penting dan petinggi luar negeri yang menjalani treatment ini, belum lagi tokoh dan petinggi dari dalam negeri. Inovasi Dokter Terawan ini juga sudah diakui oleh sejumlah rumah sakit di luar negeri seperti Jerman dan Prancis.

Teknik inipun bisa diaplikasikan dengan cepat. Hanya butuh waktu sekitar 30 menit untuk menghilangkan kelumpuhan akibat penyempitan pembuluh darah otak.

Dokter Terawan sudah melatih banyak dokter sejak belasan tahun terakhir, yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Dokter yang sudah lulus pelatihan diberi sertifikat. Tujuannya agar teknik penyembuhan stroke ini bisa disebarluaskan dan membantu lebih banyak pasien.

Dokter Terawan Agus Putranto adalah pribadi yang rendah hati dan selalu siap menolong siapa saja. Saya menyaksikan sendiri bagaimana dia memperlakukan orang disekitarnya dengan penuh kehangatan tanpa memandang status sosial. Semua disapa dan dilayani dengan baik padahal ada bintang dua di pundaknya. Ini menunjukan dia bekerja dengan sepenuh hati.

"Saya alami sendiri beberapa tahun yang lalu, dua kali ibu dilakukan tindakan DSA di RSPAD, Saya menghadap dokter Terawan dan minta tolong diringankan biaya. Puji Tuhan langsung dibantu. Beliau memang sosok yang rendah hati dan penyapa. Tuhan memakainya menjadi saluran berkat bagi orang lain. Tuhan memberkati," ungkap Kolonel (Mar)  FJH Pardosi.

Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto mengalami kemajuan yang luar biasa pesat ketika dipimpin oleh Terawan dan pada tanggal 3 Maret 2018 menerima akreditasi dari Joint Comission International (JCI) yang markas pusatnya di Amerika Serikat. Penghargaan bertaraf internasional ini menjadikan RSPAD sebagai satu-satunya RS militer di dunia yang meraih akreditasi internasional tertinggi. Selain itu, RSPAD juga rumah sakit pertama di Indonesia yang lulus standar seri 6 dari JCI.

JCI adalah badan akreditasi internasional untuk bidang kualitas kesehatan yang telah mengakreditasi lebih dari 21.000 organisasi dan program perawatan kesehatan AS dan mengakreditasi layanan medis di seluruh dunia. Lembaga ini pun diakui oleh mayoritas pemerintah negara bagian AS.

Ditangan dinginnya, RSPAD dengan manajemen yang baik selalu meraih keuntungan sehingga keuntungan itu dapat digunakan menambah dan memperbaiki seluruh fasilitas kesehatan di rumah sakit yang memiliki peralatan terlengkap di Indonesia tanpa menggunakan dana APBN. 

Dia ingin membangun RSPAD menjadi rumah sakit terbesar dan modern sehingga dapat menjadi pusat pengobatan nasional. Tentunya ini proyek besar yang menggiurkan bagi para cukong yang ingin meraih keuntungan.

Selama memimpin RSPAD dokter Terawan sudah banyak memberi sanksi hingga memecat bawahan yang bekerja tidak benar dan ketahuan bermain proyek karena dia tidak ingin RSPAD diatur oleh para cukong yang mencoba meraih keuntungan dari RS yang dipimpinnya.

Kini ketika memimpin kementrian kesehatan, dokter Terawan pun harus kembali berjuang membenahi curat marut sistem kesehatan di negeri ini. Terutama ketika Covid-19 melanda seantero negeri, dimana hoax bermunculan, dimana para mafia kesehatan berpesta pora, dimana media pun ikut membuat gaduh negeri ini.

Dalam diam, Letnan Jenderal TNI Punawirawan Terawan A.P tetap bekerja memberikan yang terbaik untuk negeri ini. Baginya hidup ini harus penuh berkat, baik bagi sesama, bagi bangsa dan negara, dan terutama bagi Tuhan, karena dia menyadari sebagai hamba Tuhan harus siap melayani.

Dar Edi Yoga: Praktisi Media dan Penasehat/Pendiri Beranda Ruang Diskusi

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dwidayatour Carnival 2024

Kamis, 25 April 2024 - 13:27 WIB

Dwidayatour Gelar Dwidayatour Carnival presented by.Mandiri di Gandaria City

Memasuki tahun ke-8, Dwidayatour Carnival presented by Mandiri digelar kembali. Pameran produk wisata yang kerap ditunggu-tunggu para pecinta travel ini akan kembali digelar di Gandaria City,…

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

Kamis, 25 April 2024 - 12:49 WIB

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

PT Mandala Multifinance Tbk mengumumkan kinerja keuangan Tahun Buku 2023, serta rampungnya proses akuisisi oleh MUFG Group, sebuahlangkah strategis yang diyakini akan membawa dampak positif…

Solo Menari

Kamis, 25 April 2024 - 12:01 WIB

Kembali Hadir, Solo Menari 2024 Bakal Digelar di Tiga Situs Ruang Publik

Perhelatan seni dan budaya, Solo Menari 2024, kembali akan digelar pada 29 April 2024 mendatang. Ajang Seni Tari anak bangsa ini terlahir dari semangat untuk melestarikan seni tari dan budaya…

Produk Amaterasun

Kamis, 25 April 2024 - 11:52 WIB

Amaterasun Hadirkan 100% Physical Sunscreen yang 'Almost No Whitecast'

Amaterasun, brand  kecantikan lokal yang dikenal sebagai “SPF Spesialist” dengan Intelligent DNA Guardian Technology™, yang dapat melindungi kulit hingga level DNA pertama di Indonesia…

Ilustrasi aset kripto

Kamis, 25 April 2024 - 11:51 WIB

Sah! fanC, Token untuk Konten Kreator Resmi Diperdagangkan di Indonesia

Aset kripto baru, Token fanC akan resmi diperdagangkan di Indonesia. Token ini mengadopsi teknologi blockchain yang mengembangkan teknologi internet terkini untuk pembuat konten, seperti NFT,…