K-Festival 2020 Diselenggarakan Secara Daring

Oleh : Herry Barus | Selasa, 06 Oktober 2020 - 13:00 WIB

Personel Girl Band Korea (K-Pop), TWICE (Foto:.kpopmap)
Personel Girl Band Korea (K-Pop), TWICE (Foto:.kpopmap)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Korean Cultural Center Indonesia, Embassy of The Republic of Korea bersama sejumlah instansi Korea di Indonesia menggelar Bulan Kebudayaan Korea "K-Festival 2020". Tahun ini, rangkaian acara akan berlangsung dengan format daring dan luring selama bulan Oktober hingga November 2020.

“Melalui beragam acara dalam K-Festival diharapkan dapat menjangkau dan menghibur masyarakat di Indonesia di tengah situasi pandemi.Korean Cultural Center Indonesia (KCCI), Korea Tourism Organization (KTO) Jakarta, Korea Creative Content Agency (KOCCA) Indonesia, Korea International Trade Association (KITA) Jakarta, Korea Agro-Fisheries & Food (aT) Jakarta, CGV Indonesia, dan iLotte turut serta dalam K-Festival 2020,”ujar Ms. Hyun Joo Kim, Korean Cultural Center Indonesia, Selasa (6/10/2020)

 

Pada pergelaran K-Festival 2020 akan menghadirkan kategdori K-Content, K-Performance, K-Exhibition, K-Food, dan K-Event secara umum. Dengan format daring maka diharapkan K-Festival tahun ini dapat menjangkau masyarakat yang lebih luas, hingga ke berbagai daerah di Indonesia.

Dilakukan mengombinasikan daring dan luring menembus metode yang biasanya hanya dilakukan secara luring atau tatap muka.Diawali dengan perayaan virtual National Foundation Day oleh Kedutaan Besar Republik Korea untuk Republik Indonesia pada tanggal 2-4 Oktober 2020 yang menghadirkan bervariasi program di akun Instagram resmi Kedubes Republik Korea (@koremb.idn). Ini adalah bagian dari kategori K-Content bersama dengan webinar bertema “Situasi terkini dan masa depan Hallyu di Indonesia” dengan pembicara ahli dari dalam dan luar negeri.

Selain itu, merayakan Hari Hangeul ke-574 dengan acara kuis daring. Pada cabang Taekwondo, akan digelar kompetisi daring merebutkan Piala Duta Besar yang dilaksanakan bekerja sama dengan Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PBTI). Penyelenggaraan Korea-Indonesia Film Festival (KIFF) bekerja sama dengan CGV Indonesia akan hadir dalam platform OTT dan luring.

Tidak ketinggalan dari bidang pariwisata, dalam rangka mempromosikan Muslim-friendly travel ke Korea, KTO Jakarta akan menggelar festival wisata secara daring. Dan, KOCCA akan menggelar festival Hallyu secara daring dengan sesi konsultasi B2B hingga temu penggemar K-Pop.

Pada kategori K-Performance menghadirkan 3 acara. Hallyu Com-on, acara tahunan yang digelar oleh komunitas Hallyu di Indonesia, dilakukan bekerja sama dengan KCCI dan Korean Foundation for International Cultural Exchange (KOFICE).

Sementara itu, dua kompetisi bertema K-Pop akan digelar pada K-Festival 2020. K-Pop Cover Dance Festival (KCDF) in Indonesia merupakan kompetisi dance covertahunan yang digelar bekerja sama dengan surat kabar Korea, Seoul Shinmun.

Di samping itu, sejumlah finalis dan pemenang lomba K-Pop (singdan dance) yang digelar KCCI sejak tahun 2016 akan berkompetisi dalam "Online Contest K-Pop Cover Best of the Best in Indonesia".

Pada K-Festival 2020, akan disuguhkan kategori K-Exhibition. Pameran lukisan dengan gaya lukisan rakyat (Minhwa) akan digelar secara daring menampilkan 100 lukisan berbagai kreasi. Tak hanya itu, akan digelar juga pameran lukisan topeng tradisional Korea yang memperlihatkan karakteristik dari sejumlah daerah.

Di samping itu, KITA Jakarta bekerja sama dengan COEX akan menyelenggarakan sesi konsultasi daring pemasaran ekspor barang konsumen, termasuk untuk usaha kecil dan menengah.Pada kategori K-Food, aT Jakarta bekerja sama dengan platform e-commerceTokopedia dan Qoo10 untuk mempromosikan makanan Korea.

Dari segi hiburan akan menghadirkan musikal bertema K-Food dan pertunjukan memasak.Kategori yang juga diharapkan dapat menarik minat banyak orang adalah K-Event, yaitu bagi-bagi hadiah melalui lucky drawdan Hashtag Event. Acara ini dapat diikuti oleh siapa saja di mana saja di Indonesia dengan turut hadir (termasuk secara daring) dan berpartisipasi dalam rangkaian acara K-Festival 2020.

Melalui beragam program yang telah disiapkan oleh instansi-instansi Korea serta bekerja sama dengan instansi Indonesia, diharapkan dapat memberi semangat bagi masyarakat luas. Masyarakat tetap bisa menikmati K-Festival dari rumah dan tempat masing-masing. Kami berharap ini dapat menjadi kekuatan dalam menghadapi situasi pandemi, sambil terus melaksanakan protokol kesehatan.Untuk mengetahui informasi setiap acara secara lebih detail maka dapat mengakses media sosial Korean Cultural Center Indonesia dan instansi terkait yang akan diunggah secara berkala.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…

Tupperware luncurkan 3 Produk Baru, One Touch Fresh Rectangular, Supersonic Chopper Tall dan Black Series.

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:47 WIB

Tupperware Luncurkan 3 Produk Baru Untuk Meriahkan Ramadan

Sebagai Premium Housewares Solutions nomor 1 di Indonesia, Tupperware kembali menghadirkan produk terbaru untuk menemani keluarga Indonesia menyambut Ramadan di tahun ini.