Umur Boleh Tua, Stamina dan Vitalitas Harus Tetap Muda!

Oleh : Ridwan | Kamis, 01 Oktober 2020 - 23:07 WIB

Vitalitas pria dewasa (Ist)
Vitalitas pria dewasa (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Stres, kelelahan, obesitas, dan kebiasan merokok dapat menjadi pemicu meningkatnya disfungsi seksual pada pria.

Meskipun belum ada penelitian khusus di Indonesia, namun berdasarkan survei yang dilakukan di Inggris dan Amerika menyatakan bahwa hal ini meningkatkan kebutuhan produk dan layanan terhadap disfungsi seksual mencapai 5–13 persen selama masa pandemi Covid-19.

Menanggapi fenomena tersebut, Medical & Scientific Information Manager PT Dexa Medica, dr. Ratna Kumalasari mengatakan, disfungsi seksual merupakan hambatan pada proses seksual yang meliputi gairah seksual, ereksi, senggama, hingga ejakulasi.

Dijelaskan Ratna, ada dua faktor penyebab yang menjadi penghambat fungsi seksual.

"Dua penyebab tersebut adalah faktor fisik dan psikologis. Secara fisik biasanya disebabkan oleh penyakit tertentu seperti diabetes, hipertensi, rendahnya kadar testosteron, gangguan neurologi/saraf, gangguan pembuluh darah, dan penggunaan obat-obatan tertentu," jelas dr. Ratna, di Jakarta, Kamis (1/10/2020).

Sedangkan penyebab psikologis dipengaruhi oleh beberapa faktor yakni, faktor individu seperti kurang percaya diri, depresi, kelelahan, stres, ketakutan, dan frustrasi, kemudian faktor interpersonal seperti minimnya komunikasi dan ketakutan untuk menjalin intimasi, serta faktor psikososial seperti trauma seksual dan ekspektasi terlalu tinggi terhadap orang lain.

Di masa pandemi saat ini, menurut dr. Ratna, besar kemungkinan pria mengalami kelelahan dan stres akibat kondisi finansial dan bisnisnya yang terdampak akibat pandemi Covid-19. Hal ini perlu menjadi perhatian serius, karena bagaimanapun akan memengaruhi keharmonisan rumah tangga sebab pria merupakan kepala keluarga.

"Dalam kondisi seperti ini, stamina dan vitalitas pria khususnya yang berusia di atas 45 tahun dituntut lebih prima. Karena bagaimanapun juga selain bekerja dari pagi hingga sore hari, seorang pria baik sebagai individu maupun kepala keluarga juga perlu untuk beraktivitas sosial, kemudian berperan menjaga keharmonisan rumah tangga dengan membangun kedekatan baik dengan anak maupun pasangan di malam hari. Hal ini akan sulit dilakukan jika pria dalam kondisi fisik atau staminanya menurun," paparnya.

Uji Praklinik Pasak Bumi

Studi terbaru menunjukkan manfaat pasak bumi atau disebut juga tongkat ali (Eurycoma longifolia) sebagai salah satu pilihan terapi untuk disfungsi seksual pada pria.

Pasak bumi diketahui memiliki khasiat farmakologi untuk meningkatkan kadar testosteron, memperbaiki kualitas sperma, hingga sebagai afrosidiak atau obat yang dapat membangkitkan naluri dan hasrat seksual, meningkatkan kesenangan/kepuasan, serta performa seksual.

Menurut Executive Director, Dexa Laboratories of Biomolecular Sciences (DLBS), Dr. Raymond Tjandrawinata, tingkat keamanan penggunaan HerbaPoten diperoleh dari uji praklinik, dimana tidak ada tanda-tanda toksisitas akut yang ditemukan pada subjek pada 14 hari setelah mengonsumsi DLBS5055.

"Kandungan HerbaPoten yakni pasak bumi atau tongkat ali sebanyak 200 mg setiap kaplet adalah kandungan paling tinggi dibandingkan suplemen stamina Herbal lainnya. Selain itu, HerbaPoten yang 100 persen berbahan alam ini diolah dengan Advanced Fractionation Technology sehingga menghasilkan fraksi bioaktif DLBS5055 dengan profil keamanan yang baik jika digunakan sesuai dengan dosis anjuran," jelas Raymond.

Dr. Raymond juga menambahkan, dengan kandungan yang oil based, HerbaPoten lebih mudah diserap dalam tubuh. Jika pria menggunakan HerbaPoten 1 kaplet sehari, maka vitalitas akan terjaga sepanjang hari, dimana badan tetap segar di siang hari dan meningkatkan libido di malam hari.

"Hal ini dapat memperbaiki kualitas hubungan seksual dengan pasangan. Penggunaan sesuai dosis anjuran mampu memberikan efek meningkatkan sexual desire, sexual satisfaction, dan dapat memelihara mood," jelasnya.

Berikut referensinya:

1. Parmet S, et al. Male sexual disfunction. JAMA 2004;291(24):3076.
2. Vanny PJ, Moon J. Physiological and pshycological effect of testosterone on sport performance: a critical review literature. The Sport Journal 2015.
3. Randall, Ian. "Unable to rise to the occasion: Sharp increase in men suffering erectile dysfunction blamed on increased stress and alcohol consumption during the coronavirus lockdown". Mail Online. 25 Juni 2020. Web. Diakses tanggal 30 September 2020
4. Thu HE, et al. Eurycoma longifolia as a potential adoptogen of male sexual health: a systematic review
on clinical studies. Chinese Journal of Natural Medicine 2017;15(1):71-80.
5. Da Cruz AC, et.al. The action of herbal medicine on the libido: aspects of nutritional intervention in increasing sexual desire. Nutrire 2017;42:29.
6. Tambi M, Imran M. Eurycoma longifolia jack in managing idiopathic male infertility. Asian J Androl 2010;12(3) 376-80.
7. Jayusman PA, et.al. Effect of Eurycoma longifolia on sexual behavior in sexually dysfunctional male: a systematic review. International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Science 2017;9(12):46-52.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dukung Kiprah Diaspora, Maskapai GIA Jajaki Program Corporate Account

Kamis, 18 April 2024 - 07:17 WIB

Dukung Kiprah Diaspora, Maskapai GIA Jajaki Program Corporate Account

Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia terus memperkuat komitmennya dalam menjembatani kebutuhan aksesibilitas udara dalam mendukung mobilitas berbagai organisasi untuk mengoptimalkan…

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Terima Kunjungan Kerja Kapushubad

Kamis, 18 April 2024 - 06:27 WIB

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Terima Kunjungan Kerja Kapushubad

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal (Mayjen) TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla, CHRMP., CRMP., menerima kunjungan kerja Kepala Pusat Perhubungan Angkatan Darat (Kapushubad)…

Pa Sahli Tk. III Bidang Komsos Panglima TNI Mayjen TNI Rudy Rachmat Nugraha

Kamis, 18 April 2024 - 06:18 WIB

Panglima TNI : Hati-Hati dan Teliti Dalam Bertindak, Serta Selalu Menjaga Kewaspadaan Dimanapun Berada

Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes TNI) menggelar upacara bendera 17 April 2024, dengan Inspektur upacara Pa Sahli Tk. III Bidang Komsos Panglima TNI Mayjen TNI Rudy Rachmat Nugraha,…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Laksanakan Apel Khusus dan Halal Bihalal di Mabes TNI

Kamis, 18 April 2024 - 06:11 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Laksanakan Apel Khusus dan Halal Bihalal di Mabes TNI

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si., bersama para Pejabat utama Mabes TNI, dan segenap Prajurit serta PNS Mabes TNI, melaksanakan Apel Khusus dalam rangka Halal Bihalal 1445…

Tokoh Muda Marianus Wilhelmus Lawe

Kamis, 18 April 2024 - 06:04 WIB

Tokoh Muda Marianus Wilhelmus Lawe Digadang Maju Pilkada Lembata

Tokoh masyarakat Lembata sekaligus politisi senior Herman Yosef Loli Wutun menyambut baik munculnya sejumlah figur muda dalam perhelatan Pemilihan Bupati-Wakil Bupati Lembata pada Pemilihan…