Dentuman Keras Terdengar di Pancoran, Sejumlah Warga Ketakutan

Oleh : Ridwan | Senin, 21 September 2020 - 06:05 WIB

Dentuman Misterius/foto ilustrasi
Dentuman Misterius/foto ilustrasi

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Suara dentuman keras terdengar di kawasan Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan (Jaksel).

Salah satu warganet, Andini Saras yang mendengar suara dentuman keras itu pun berbagi di laman media Twitter.

"Kayak suara bom meledak dari jauh sih terus tembok jendela langsung getar. Terjadi sekitar pukul 19.35 WIB. Sekitar dua menitan," kata Andini dikutip detikcom, (20/9/2020).

Cuitan Andini tersebut ditanggapi beberapa pengguna Twitter lain yang juga mengaku mendengar dentuman di daerah Jakarta Selatan, salah satunya Danu yang beralamat di Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Ia mendengar dentuman sekitar pukul 20.00 WIB. Dentuman di Jaksel terdengar oleh Danu saat hujan.

"Saya dengar sekitar jam delapan malam, saya kira itu tadi gemuruh petir sehabis hujan. Tapi entahlah, pasti BMKG lebih tahu," kata Danu.

Sementara itu, sejumlah pengguna Twitter mencuitkan perihal dentuman ini. Mereka mengaku mendengar dentuman dari wilayah Kalibata, Jaksel, Tebet, Jaksel, hingga Pasar Minggu. 

Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat hasil monitoring awal terkait suara dentuman ini.

BMKG menyatakan sejumlah hal. Pertama, dentuman bisa terjadi karena gempa dangkal. Namun BMKG tak mencatat adanya aktivitas seismik di Jakarta terkait dentuman tadi.

"Namun demikian, hasil monitoring petir oleh BMKG menggunakan peralatan lightning detector menunjukkan adanya beberapa aktivitas petir yang terjadi di sekitar Gunung Salak Bogor antara pukul 19.00 hingga 21.00 WIB," kata Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono, (20/9/2020).

BMKG tidak ingin berspekulasi terkait sumber suara dentuman yang terdengar di Jakarta Selatan dan sebagian Jakarta Timur. BMKG kembali menyinggung aktivitas petir saat rentang waktu terdengarnya suara dentuman.

"Acuan kami adalah data hasil monitoring peralatan kami yang menunjukkan bahwa memang ada beberapa aktivitas petir yang terjadi saat rentang waktu terdengarnya suara dentuman yang dilaporkan oleh warga," kata Daryono.

"Sehingga suara dentuman malam ini tidak bersumber dari gempa bumi, tetapi ada dugaan bahwa suara tersebut bersumber dari petir," imbuh Daryono.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Perkebunan kopi

Minggu, 25 Oktober 2020 - 17:19 WIB

Komitmen Tingkatkan Produksi Kopi, Kementan Terus Kembangkan Inovasi

Asep Sukarna, salah satu petani kopi di Kabupaten Bandung Barat mengatakan penyediaan bibit unggul kopi seyogyanya memperhatikan kesesuaian dengan karakter daerah masing-masing.

Kejahatan Siber (Foto Dok Jatim Times)

Minggu, 25 Oktober 2020 - 17:00 WIB

Lima Perubahan Paradigma Keamanan Siber

Dengan menerapkan empati pada solusi digital, perusahaan bisa menjadi lebih inklusif. Dalam keamanan siber, itu berarti membangun solusi yang dapat mengakomodasi berbagai kelompok di keadaan…

Wisuda President University 2020

Minggu, 25 Oktober 2020 - 16:35 WIB

Wisuda President University 2020: Peluang Unik di Tengah Pandemi Covid-19

Era Industri 4.0 yang dipicu oleh perkembangan teknologi menawarkan banyak peluang baru. Namun, untuk bisa merebut peluang tersebut, kita dituntut bukan hanya harus mampu menguasai teknologi,…

CIMB Niaga - foto IST

Minggu, 25 Oktober 2020 - 16:00 WIB

CIMB Niaga Salurkan Program Beasiswa Periode 2020-2022

Program Beasiswa CIMB Niaga 2020-2022 di masa pandemi ini, diharapkan dapat menjadi salah satu solusi untuk mahasiswa agar tetap dapat melanjutkan studi tanpa terkendala biaya. Hal ini juga…

Anies Baswedan

Minggu, 25 Oktober 2020 - 15:50 WIB

Anies Resmi Perpanjang PSBB Transisi Hingga 8 November 2020; Catat! Bukan Berarti Longgar

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi Jakarta hingga 8 November 2020. Keputusan ini diambil untuk mengantisipasi lonjakan kasus corona…