Tingkatkan Kualitas di Masa Pandemi, Yanmar Diesel Indonesia Gelar Online Training untuk Teknisi dan Dealer

Oleh : Ridwan | Jumat, 18 September 2020 - 19:20 WIB

Yanmar Diesel Indonesia (YADIN) gellar online training
Yanmar Diesel Indonesia (YADIN) gellar online training

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT. Yanmar Diesel Indonesia, anak perusahaan dari Yanmar Co., Ltd., terus mengkaji rencana bisnis mereka dalam menanggapi lingkungan yang berubah dengan cepat. 

Demi terus meningkatkan kemampuan para personel PT. Yanmar Diesel Indonesia (YADIN) mengadakan online training sebagai alternatif pelatihan secara tatap muka. Disaat yang sama, YADIN juga terus menjaga kesehatan personel sesuai dengan protokol kesehatan. 

Sebelum online training diperkenalkan, YADIN telah aktif mengadakan pelatihan untuk teknisi dan dealer secara langsung melalui program pelatihan yang dinamakan Development Program. 

Jati Pralistyo selaku pimpinan Customer Service team YADIN mengatakan, dengan kondisi wabah COVID-19 saat ini dan dengan adanya peraturan Pembatasan Secara Berskala Besar (PSBB), untuk mengisi kekosongan Development Program, online training merupakan solusi terbaik untuk pelatihan dengan tetap mengikuti protokol pemerintah.
 
Program online training yang dilaksanakan sejak bulan Juni ini diperuntukkan untuk para teknisi YADIN serta para teknisi dealer yang berhubungan langsung dengan para pengguna produk YANMAR. 

Program ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan teknis dan menambah wawasan terkait kebutuhan dukungan pelanggan terkait produk. Dengan adanya program ini, diharapkan akan ada world class technician yang kompeten di bidang permesinan dan sistem.

Selama pelatihan, “Google Classroom” digunakan sebagai media pengganti pengajaran tatap muka. Setelah absensi, Pre-Test akan dilakukan untuk mengukur tingkat persiapan peserta pelatihan dan untuk meninjau kelemahan peserta. 

Pelatihan online dilanjutkan dengan menjelaskan tujuan topik, penyampaian materi, sesi tanya-jawab, dan Post-test untuk memilih peserta yang paling berprestasi. Setelah pembahasan soal Post-Test, pelatihan ditutup dengan evaluasi dari peserta.

Materi pelatihan mencakup teori dan sistem seperti mekanisme dasar tentang cara membaca spesifikasi bahan bakar, minyak, & air; dasar pelayanan teknis, dan praktik berbasis komputer. 

"Pelatihan online yang dilakukan sekarang sudah mencakup 3 dari 9 modul (33%) dari total pelatihan yang direncanakan. Melalui pelatihan online ini, kami berharap para teknisi dan dealer dapat memperoleh teori dasar yang dibutuhkan untuk melayani para pelanggan secara profesional," kata Jati di Jakarta (17/9/2020).

"Ke depannya, kami berencana untuk menyediakan video tutorial assembly & disassembly yang bisa menyokong pelatihan teknis secara langsung," ujarnya.

Selain pelatihan online untuk para teknisi dan dealer, YADIN juga memaksimalkan kegiatan promosi secara digital untuk mempertahankan hubungan dengan para pelanggan. Setiap hari Jumat, YADIN mengirimkan materi kiat teknis digital seperti spanduk dan siaran melalui WhatsApp. 

Selain itu, YADIN juga berencana untuk menyediakan program digital interaktif berupa video tutorial mengenai topik seperti cara menggunakan fungsi GPS pada SmartAssist untuk para pengguna dan dealer. Materi tersebut akan diunggah secara online sehingga dapat diakses kapanpun dan dimanapun.

Melalui online training dan kegiatan promosi digital, PT. Yanmar Diesel Indonesia ingin membalikkan stigma lama petani Indonesia yang masih asing dengan bidang digital dan membuktikan bahwa industri pertanian Indonesia sudah maju secara online. 

Dengan mencanangkan 360 communication dari promosi tradisional ke digital, YADIN menunjukkan semangat baru di era new normal dengan menjadi lebih kreatif dan mencoba cara baru dalam menyampaikan pesan dari perusahaan ke berbagai pihak.

Keputusan YADIN untuk mengadakan kegiatan-kegiatan secara online ini bisa dikatakan sebagai salah satu inovasi mereka untuk mengembangkan bisnis dan berjalan teguh bersama pelanggan setia YANMAR. 

Bersamaan dengan hal tersebut, PT. Yanmar Diesel Indonesia berharap bahwa langkah-langkah ini dapat memitigasi dampak negatif pandemi COVID-19 dan dapat melanjutkan kontribusi YADIN terhadap perkembangan agrikultur Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Upacara HUT Ke-78 TNI AU

Rabu, 24 April 2024 - 04:29 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Upacara HUT Ke-78 TNI AU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin Upacara HUT Ke-78 TNI AU, bertempat di Lapangan Dirgantara Akademi Angkatan Udara Yogyakarta, Jawa Tengah, Senin (22/4/2024).

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Kehormatan Menlu Singapura

Rabu, 24 April 2024 - 03:52 WIB

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Kehormatan Menlu Singapura

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan kehormatan The Minister For Foreign Affairs of Singapore (Menteri Luar Negeri Singapura) H.E Mr. Vivian Balakrishnan yang didampingi…

ASOPS Dankormar Buka Rekernisops 2024

Rabu, 24 April 2024 - 03:45 WIB

ASOPS Dankormar Buka Rekernisops 2024

Rapat Kerja Teknis Staf Operasi Korps Marinir Tahun 2024, secara resmi saya nyatakan dibuka oleh Asisten Operasi Komandan Korps Marinir (Asops Dankormar) Kolonel Marinir Nanang Saefullah, S.E.,…

Pengukuhan Nia Kurnia sebagai Bunda Literasi Sumenep di acara Madura Writers Readers Festival 2024.

Selasa, 23 April 2024 - 23:38 WIB

Bupati Sumenep Buka Acara Madura Writers Readers Festival

Selain disemarakkan dengan kehadiran para penggerak literasi budaya, serta bazar buku murah, di Madura Writers Readers Festival 2024 juga diselenggarakan pengukuhan Nia Kurnia sebagai Bunda…

Strategi pemasaran (ist)

Selasa, 23 April 2024 - 22:57 WIB

Strategi Dalam Mempengaruhi Perilaku Pembelian Pelanggan

Dalam pasar yang kompetitif saat ini, memahami dan mempengaruhi perilaku pembelian pelanggan sangat penting agar bisnis dapat berkembang. Dengan munculnya teknologi baru dan berkembangnya preferensi…