DPR Minta Pemerintah Perdayakan BUMDes Jaga Ketahanan Ekonomi Desa

Oleh : Wiyanto | Kamis, 17 September 2020 - 19:27 WIB

Lahan persawahan yang siap panen
Lahan persawahan yang siap panen

INDUSTRY.co.id-Jakarta-Banyak masyarakat yang bekerja di kota-kota besar akan pulang kembali ke desa masing-masing karena terkena pemutusan hubungan kerja.

Anggota Komisi IV, Mindo Sianipar, mengatakan, pandemi Covid-19 yang membuat itu semua terjadi karena belum diketahui ujung akhirnya.

"Hal itu, seharusnya menjadi perhatian bagi pemerintah. Soal kesanggupan desa menanggung ledakan penduduk akibat berkurangnya lapangan pekerjaan di perkotaan," kata dia dalam Webinar Pusat Kajian Pangan Pertanian dan Advokasi, Kamis (17/9/2020).

Selama pandemi, diharapkannya pemerintah menyiapkan program yang mampu memperkuat ketahanan ekonomi desa.

"Harus ada program yang bisa memanfaatkan BUMDes misalnya, atau perusahaan-perusahaan kecil di desa yang digerakkan. Kondisi pandemi seperti ini jangan dilihat seperti musibah banjir yang direspons dengan bantuan berton-ton. " katanya.

Di sisi lain, Guru Besar Fakultas Pertanian IPB University, Dwi Andreas Santosa, memperkirakan indeks ketahanan pangan Indonesia akan melemah.

Analisa dia, itu disebabkan pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) sektor pertanian diperkirakan menurun pada kuartal ketiga dan keempat.

"Bisa saya pastikan pertumbuhannya akan relatif menurun cukup tajam di kuartal ketiga dan kuartal keempat turun lagi. Jadi akan turun terus," kata Andreas.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB)

Rabu, 21 Oktober 2020 - 05:00 WIB

KKSB Papua Hadang dan Tembaki Patroli TNI

Dijelaskan Kapen Kogabwilhan III, penghadangan dan penembakan brutal yang dilakukan KKSB tersebut terjadi pada pukul 09.30 WIT, Distrik Sarambakon tepatnya sekitar 15 meter lewat jembatan kayu…

Satgas Yonif MR 413 Bremoro-Bea Cukai Tingkatkan Pengawasan Berbagai Bidang

Rabu, 21 Oktober 2020 - 04:30 WIB

Satgas Yonif MR 413 Bremoro-Bea Cukai Tingkatkan Pengawasan Berbagai Bidang

Menerima perintah Dansatgas, Kapten Inf Hervin Rahadian Jannat yang juga menjabat selaku Wadansatgas segera menyiapkan personelnya termasuk menghubungi dari pihak Bea dan Cukai Jayapura yang…

Prajurit Resimen Artileri 2 Marinir Amankan Unras di Surabaya

Rabu, 21 Oktober 2020 - 04:00 WIB

Prajurit Resimen Artileri 2 Marinir Amankan Unras di Surabaya

Danmenart 2 Mar Kolonel Marinr Aris Budiadi, S.Pi., dalam arahannya mengatakan bahwa tugas yang diemban oleh prajurit Korps Marinir sesuai Undang-Undang TNI Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tugas…

DukungSDG’s (Suitainable Development Goals), Indra Karya SediakanProgram Bantuan AksesAir Bersih Berbasis Teknologi “Smart Water”di Madura

Selasa, 20 Oktober 2020 - 21:47 WIB

Indra Karya Sediakan Program Bantuan Akses Air Bersih Berbasis Teknologi “Smart Water”di Madura

Jakarta (19/10) –Terbatasnya penyediaan air bersih masih menjadi permasalahan mendasar beberapa wilayah dan kawasan di Indonesia bahkan dunia.

Mitsubishi Xpander Spesial Black Edition

Selasa, 20 Oktober 2020 - 21:35 WIB

Resmi Meluncur, Segini Harga Mitsubishi Xpander Spesial Black Edition

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) resmi meluncurkan edisi spesial Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition dan Mitsubishi Xpander Black Edition.