Fokus Perlindungan, KBRI Paramaribo Bantu Kepulangan WNI dari Suriname dan Guyana

Oleh : Krishna Anindyo | Kamis, 17 September 2020 - 11:15 WIB

WNI dari Suriname dan Guyana (Photo by Kemlu)
WNI dari Suriname dan Guyana (Photo by Kemlu)

INDUSTRY.co.id - Paramaribo - Berbicara perlindungan Indonesia memprioritaskan lindungi WNI di masa pendemi  semakin relevan dikarenakan banyaknya WNI yang mengalami kendala di negara lain. Perwakilan Indonesia di luar negeri berperan untuk memberikan bantuan bagi para WNI tersebut, Kamis (17/9).

KBRI Paramaribo telah memfasilitasi pemulangan 24 WNI ke tanah air.

Seluruh WNI tersebut menuju tanah air dari Suriname, meskipun terdapat 6 WNI yang berada di Guyana. Mereka tiba di Suriname dengan pesawat sewaan milik sebuah perusahaan kayu di Guyana.

Di antara 6 orang tersebut, terdapat seorang ibu dan anak yang sebelumnya mengalami kendala pemulangan sejak ditutupnya perbatasan dan penerbangan internasional Guyana pada bulan Maret 2020.

Sejumlah 18 WNI lainnya berada di Suriname yang sebagian besar merupakan anak buah kapal yang bekerja pada sektor perikanan. Adapun pemulangan para WNI tersebut bersifat mandiri.

Sebelum kepulangannya, KBRI Paramaribo juga membekali para WNI dengan hand sanitizer, masker, sarung tangan, dan surat keterangan perjalanan.

Meskipun dalam kondisi keterbatasan akibat pandemi COVID-19, KBRI Paramaribo senantiasa berupaya untuk memastikan negara hadir bagi para WNI di Suriname dan Guyana.

KBRI Paramaribo terus melakukan pemantauan serta komunikasi melalui hotline maupun Whatsapp dengan para WNI di kedua negara tersebut.

Hingga saat ini, pemerintah Suriname dan Guyana masih memperpanjang penutupan penerbangan internasional. Warga negara asing (termasuk dari Indonesia) belum diperbolehkan untuk masuk.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Perkebunan kopi

Minggu, 25 Oktober 2020 - 17:19 WIB

Komitmen Tingkatkan Produksi Kopi, Kementan Terus Kembangkan Inovasi

Asep Sukarna, salah satu petani kopi di Kabupaten Bandung Barat mengatakan penyediaan bibit unggul kopi seyogyanya memperhatikan kesesuaian dengan karakter daerah masing-masing.

Kejahatan Siber (Foto Dok Jatim Times)

Minggu, 25 Oktober 2020 - 17:00 WIB

Lima Perubahan Paradigma Keamanan Siber

Dengan menerapkan empati pada solusi digital, perusahaan bisa menjadi lebih inklusif. Dalam keamanan siber, itu berarti membangun solusi yang dapat mengakomodasi berbagai kelompok di keadaan…

Wisuda President University 2020

Minggu, 25 Oktober 2020 - 16:35 WIB

Wisuda President University 2020: Peluang Unik di Tengah Pandemi Covid-19

Era Industri 4.0 yang dipicu oleh perkembangan teknologi menawarkan banyak peluang baru. Namun, untuk bisa merebut peluang tersebut, kita dituntut bukan hanya harus mampu menguasai teknologi,…

CIMB Niaga - foto IST

Minggu, 25 Oktober 2020 - 16:00 WIB

CIMB Niaga Salurkan Program Beasiswa Periode 2020-2022

Program Beasiswa CIMB Niaga 2020-2022 di masa pandemi ini, diharapkan dapat menjadi salah satu solusi untuk mahasiswa agar tetap dapat melanjutkan studi tanpa terkendala biaya. Hal ini juga…

Anies Baswedan

Minggu, 25 Oktober 2020 - 15:50 WIB

Anies Resmi Perpanjang PSBB Transisi Hingga 8 November 2020; Catat! Bukan Berarti Longgar

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi Jakarta hingga 8 November 2020. Keputusan ini diambil untuk mengantisipasi lonjakan kasus corona…