Percepat Transisi Energi Bersih, Clime Capital Lakukan Investasi Perdana Kepada Xurya

Oleh : Hariyanto | Senin, 14 September 2020 - 14:26 WIB

Ilustrasi PLTS
Ilustrasi PLTS

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Perusahaan manajemen investasi berbasis di Singapura, Clime Capital mengumumkan The Southeast Asia Clean Energy Facility (SEACEF) telah melakukan investasi perdananya di Indonesia melalui PT Xurya Daya Indonesia (Xurya).

Pendanaan SEACEF ini bertujuan untuk mempercepat revolusi industri energi Indonesia yang sedang berkembang melalui penggunaan energi bersih yang berkelanjutan dan dapat diandalkan. 

Rencananya, Xurya akan mengalokasikan investasi ini untuk melanjutkan pipeline pembangunan PLTS Atap di bangunan komersial & industri yang saat ini telah mencapai 80 MWp. 

Joshua Kramer, Director Clime Capital mengatakan, SEACEF merupakan investor ‘unik’ karena memberikan modal risiko pada proyek atau perusahaan yang pembangunannya masih berada di tahap awal. 

"Kami yakin Xurya memiliki potensi untuk menjadi game changer dalam mengembangkan potensi energi bersih di Indonesia dan investasi SEACEF ini akan membantu Xurya dalam mencapai rencana jangka panjangnya. Investasi kami di Xurya merupakan langkah awal kami dalam menciptakan dampak perubahan iklim melalui portofolio investasi SEACEF." kata Kramer.

Mason Wallick, Managing Director Clime Capital mengatakan, alam krisis ekonomi saat ini, investasi tahap awal SEACEF ke Xurya juga akan menciptakan lapangan pekerjaan baru, menyediakan penghematan energi bagi komersial & industri, dan paling penting adalah menyediakan modal pengembangan yang menunjukkan bahwa pemulihan hijau masih dapat tercapai. 

"Kami akan terus mendukung developer lokal di Asia Tenggara untuk mencapai pemulihan hijau dari krisis Covid-19 saat ini," kata Wallick.

Eka Himawan, Managing Director Xurya Daya Indonesia mengatakan, di tengah perlambatan dalam investasi PLTS utilitas, pihaknya percaya bahwa pelanggan komersial & industri telah menjadi titik terang bagi para investor ketenagalistrikan di Indonesia, tidak hanya dari perspektif keuntungan, tetapi lebih penting lagi dari perspektif dampak iklim. 

"Tim SEACEF dengan tanggap mengidentifikasi peluang tersebut dan kami senang karena mereka memiliki visi yang sama dengan kami," ungkapnya.

SEACEF menyediakan catalytic funding untuk mengatasi perubahan iklim dengan menghilangkan penghambat di tahap awal pengembangan energi bersih. Dengan menempatkan modal risiko kepada pembangunan energi bersih, SEACEF berfokus kepada pendanaan teknologi dan model bisnis yang telah terbukti secara global seperti PLTS, PLTB, dan penyimpanan energi (on-grid), serta model bisnis rendah karbon lainnya seperti e-Mobility, teknologi Demand Side Management (DSM technology), efisiensi energi dan infrastruktur transmisi energi bersih.

Asal tau saja, Xurya telah berhasil mencetuskan gelombang pertama dari leasing Solar rooftop di kalangan  komersial dan industri (C&I). Tidak hanya para pelanggan di Pulau Jawa, Xurya juga sudah menjangkau pasar hingga ke Pulau Sumatera dan Sulawesi. Dengan investasi ini, Xurya berkomitmen untuk menjadikan PLTS Atap sebagai sumber energi bersih yang murah dan terjangkau untuk seluruh wilayah di Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Distribusi obat-obatan ke wilayah terdampak PMK

Selasa, 05 Juli 2022 - 16:10 WIB

Kementan Perbanyak Distribusi Obat-Obatan ke 19 Provinsi Terdampak PMK

Dalam upaya melakukan pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak, Kementerian Pertanian (Kementan) kembali mendistribusikan logistik kesehatan berupa Vitamin, Antibiotik, Antipiretik,…

Taman Nasional Komodo (Foto:Kaskus)

Selasa, 05 Juli 2022 - 16:00 WIB

Wacana Tarif ke TN Komodo Rp3,75 Juta, Menparekraf: Masih Akan dibahas

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menegaskan bahwa wacana tiket terusan seharga Rp3.750.000 bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Taman Nasional (TN) Komodo dan…

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana di AKPOL Semarang

Selasa, 05 Juli 2022 - 16:00 WIB

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Saksikan Berbagai Atraksi hingga Potong Tumpeng di Hari Bhayangkara

Usai melaksanakan upacara Peringatan ke-76 Hari Bhayangkara, Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo menyaksikan beberapa pertunjukan. Berbagai atraksi mulai dari terjun payung hingga…

Clinton Augusto Kartawijaya, CEO Rimbalife.id

Selasa, 05 Juli 2022 - 15:28 WIB

Begini Cara Ampuh Menurunkan Berat Badan Secara Alami Ala August Clint

Bagi Anda yang mengalami kelebihan berat badan (overweight) pasti sering tidak pede atau percaya diri dengan tampilan saat ini. Tentu anda juga ingin merubah badan menjadi lebih ideal, cara…

Steven Scheurmann

Selasa, 05 Juli 2022 - 15:23 WIB

Palo Alto Networks Tunjuk Steven Scheurmann Sebagai Regional Vice President untuk ASEAN

Palo Alto Networks (PANW), perusahaan keamanan siber global, mengumumkan penunjukkan Steven Scheurmann sebagai regional vice president (RVP) untuk wilayah ASEAN. Scheurmann akan menggawangi…