Erick Thohir Optimistis: Ketimbang Negara G20, Ekonomi Kita Jauh Lebih Baik, Mudah-mudahan Bisa Masuk Peringkat Lima Besar Dunia

Oleh : Candra Mata | Jumat, 11 September 2020 - 18:53 WIB

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir optimistis perekonomian nasional akan membaik dalam kuartal III dan kuartal IV mendatang. 
Menurutnya, perekonomian nasional akan berada di angka nol atau tumbuh plus sedikit.

Tak hanya itu, menurutnya, saat ini sejumlah lembaga keuangan dunia juga ramai-ramai memproyeksikan Indonesia akan mampu pulih lebih cepat dibandingkan negara-negara lain didunia.

"World Bank dan Asian Development Bank memproyeksikan pekekonomian Indonesia akan tumbuh positif dikisaran 4,5-5,5 persen tahun depan. Ini yang juga membuat kita tambah optimistis," ucap Erick, Jumat (11/9).

Adapun terkait keputusan Presiden Joko Widodo yang sejak awal pandemi Covid-19 tidak menerapkan strategi lockdown juga disebut Erick sebagai sebuah langkah yang tepat.

Pasalnya, bila dibandingkan dengan negara lain yang telah menerapkan sistim lockdown, kondisi indonesia jauh lebih baik.

"Sekarang hasilnya bisa terlihat, bahwa dibandingkan negara-negara G20 pelambatan ekonomi yang ada di Indonesia jauh lebih baik. Bandingkan saja dengan India, Perancis, Amerika dan negara-negara lainnya termasuk di Asia Tenggara, semua mengalami krisis jauh lebih dalam," jelasnya.

Bahkan, menurut Erick, ada sebuah data yang mengungkap bahwa pada tahun 2024 mendatang, Indonesia berpeluang menyusul perekonomian negara-negara maju.

Data tersebut menyebut, negara-negara yang memiliki populasi besar dan sumber daya alam melimpah, seperti Indonesia akan diuntungkan oleh kondisi pandemi Covid-19 ini.

"Mudah-mudahan ekonomi Indonesia bisa masuk peringkat lima besar dunia kedepan," tandas Erick.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ninja Xpress

Rabu, 21 Oktober 2020 - 14:00 WIB

Ninja Xpress-Mohoi Sepakat Dukung Sektor UMKM

Mengingat peran UMKM yang begitu penting bagi perekonomian nasional dan sebagai industri dengan penyerap lebih dari 86% angkatan kerja saat ini, Ninja Xpress dengan komitmennya untuk mengantarkan…

Kementerian ESDM

Rabu, 21 Oktober 2020 - 13:50 WIB

Kembangkan Pembangkit Listrik Tenaga Arus Laut, Kementerian ESDM Lirik Selat Pantar NTT

Tim Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan (P3GL) Badan Litbang Kementerian ESDM melakukan penelitian dalam rangkaian pra feasibility study (pra FS) pemanfaatan arus laut dalam pembangkit…

PT Telkom Indonesia. (Foto: IST)

Rabu, 21 Oktober 2020 - 13:36 WIB

Telkom Dikabarkan Masuk Bisnis Media

Jakarta—PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk atau Telkom dikabarkan akan meluncurkan lini usaha media dalam waktu dekat.

Menteri Pertanian saat menyaksikan ekspor komoditas pertanian

Rabu, 21 Oktober 2020 - 13:18 WIB

Kementan Lepas Ekspor Premix Vitamin ke India

Kementerian Pertanian (Kementan) melepas ekspor perdana premix vitamin dan mineral ke India dari produksi PT Agrinusa Jaya Santosa yang merupakan anak perusahaan PT Japfa Comfeed Indonesia,…

Direktur Jenderal Ketahanan, Perwilayahan dan Akses Industri Internasional (KPAII) Kemenperin, Dody Widodo

Rabu, 21 Oktober 2020 - 13:10 WIB

Akses Pasar Baru Terbuka Lebar, Kemenperin Dorong Industri Rebut Peluang Implementasi RCEP

Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) atau Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional dinilai akan memberikan beberapa akses pasar baru bagi produk industri nasional. Oleh karena itu,…