Pertamina Lubricants Dorong Nelayan Cilacap Tingkatkan Ilmu dan Kemandirian Ekonomi

Oleh : Ridwan | Kamis, 03 September 2020 - 09:15 WIB

Peresmian bengkel melalaui program Pertamina Sahabat Nelayan dari Pertamina Lubricants
Peresmian bengkel melalaui program Pertamina Sahabat Nelayan dari Pertamina Lubricants

INDUSTRY.co.id - Cilacap - PT Pertamina Lubricants melalui Production Unit Cilacap (PUC) kembali menghadirkan program Corporate Social Responsibility (CSR) untuk menjawab kebutuhan nelayan melalui program Pertamina Sahabat Nelayan.

Pertamina Sahabat Nelayan yakni program pembinaan nelayan dan perintisan mesin tempel/mesin kapal dan bengkel mesin kapal bagi masyarakat nelayan di Tambakreja Kec. Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Pada kesempatan hari ini (2/9), telah diresmikan bengkel mesin kapal di Kelurahan Tambakreja dan dihadiri oleh Manager Production Unit Cilacap Anugrah Saputra, Kepala BLK Kabupaten Cilacap Guntoro Sejati, Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Cilacap Pardjo HP, Kepala Kelurahan Tambakreja Edi Hartoyo Ketua RW 05 Tambakreja dan Ketua Rukun Nelayan Sentolo Kawat.

Sebelum bengkel diresmikan, sebanyak 15 nelayan setempat telah dilatih selama 30 hari dengan menggandeng instruktur dari Balai Latihan Kerja (BLK) Cilacap dan selanjutnya diberikan modal kerja dan pendampingan untuk merintis bengkel mesin kapal.

Manager Production Unit Cilacap Anugrah Saputra mengungkapkan, pihaknya telah bekerjasama dengan BLK Cilacap sejak tahun 2016 untuk membuat formula pelatihan yang memiliki dampak berkelanjutan.

"Tujuan kami adalah untuk terus membangun SDM unggul di Indonesia dan menciptakan kemandirian ekonomi di tengah masyarakat dimana kami beroperasi," katanya.

Dengan jumlah profesi nelayan yang cukup besar, ia berharap program ini dapat menjadi bentuk edukasi dan peningkatan keterampilan yang dapat meningkatkan kualitas bekerja, kualitas hidup, kemandirian ekonomi, dan kesejahteraan para nelayan dan dengan begitu akan terus memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat. 

Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Cilacap Pardjo HP mengungkapkan bahwa dalam melaut, kondisi kapal yang prima akan menunjang produktivitas para nelayan.

"Tidak semua nelayan memahami seluk beluk mesin kapalnya, dan memiliki keterampilan untuk memperbaiki bilamana mesin rusak. Hal tersebut sudah sekian lama dialami oleh nelayan di Kelurahan Tambakreja. Mereka terpaksa membawa mesin kapal/mesin tempel yang rusak di lokasi yang cukup jauh dan membutuhkan biaya yang mahal untuk memperbaikinya. Kesejahteraan tidak selalu berupa materi, tetapi juga berupa kemudahan dalam melaksanakan tugas dan memperoleh ilmu baru. Melalui bengkel Pertamina Sahabat Nelayan dapat mewujudkan cita-cita masyarakat nelayan yang sejahtera," papar Pardjo.

Tercatat dalam Badan Pusat Statistik tahun 2018 terdapat 12.966 orang berprofesi sebagai nelayan di Cilacap dan kini 850 lebih warga Tambakreja berprofesi sebagai nelayan menurut data Ketua Rukun Nelayan Tambakreja.

Kepala BLK Kabupaten Cilacap Guntoro Sejati mendukung penuh program tersebut.

"Pertamina Sahabat Nelayan sejalan dengan roadmap pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Kegelisahan Pemerintah adalah masyarakat yang rendah dalam keterampilan sehingga masyarakat tidak mampu berkembang dan makin terjerat kemiskinan," terang Guntoro.

Selanjutkan Program Pertamina Sahabat Nelayan akan terus mengembangkan jumlah pelatihan dan pembinaan nelayan dan diharapkan nantinya dapat menjangkau wilayah laut lainnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jumat, 29 Maret 2024 - 19:29 WIB

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jakarta-Pengelola usaha Warkop Digital memanfaatkan momentum pelaksanaan program sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang digelar Badan Perlindungan Pekerja…

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…