Catat! Dokter Sheila Ungkap Gejala Covid-19 Diawali Demam: Cek Suhu, Normalnya Dibawah 37,5 Derajat

Oleh : Candra Mata | Sabtu, 08 Agustus 2020 - 10:52 WIB

Dokter Sheila Tim Covid-19 Pemerintah
Dokter Sheila Tim Covid-19 Pemerintah

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Salah satu gejala infeksi virus SARS-CoV-2 adalah demam atau peningkatan suhu tubuh. 

Hal Inilah juga yang menjadi latarbelakang pengecekan suhu tubuh dengan menggunakan thermo gun saat masyarakat akan memasuki kawasan kantor atau fasilitas umum. 

Namun, beberapa waktu lalu publik sempat dihebohkan mengenai isu thermo gun yang dapat merusak sel otak manusia karena memancarkan laser.

Thermo gun merupakan salah satu jenis termometer atau alat pengukur temperatur tubuh yang umumnya diarahkan ke dahi. 

Menanggapi kabar tersebut, Tim Pakar dan Dokter Muda Satuan Tugas Penanganan COVID-19 dr. Shela Rachmayanti mengkonfirmasi bahwa thermo gun tidak berdampak buruk pada kesehatan.

“Sekali lagi, thermometer ini tidak mengeluarkan sinar yang bisa mengeluarkan radiasi jadi tidak berbahaya untuk otak maupun syaraf yang ada di mata, ” jelas Dokter Shela di Jakarta beberapa waktu lalu.

Menurut Dokter Shela, pengukuran suhu menjadi penting di masa pandemi ini karena suhu tubuh merupakan gejala yang paling mudah untuk dilihat dan diukur dibanding gejala lainnya yaitu batuk kering, sesak nafas, rasa lemah atau nyeri sendi.  

“Suhu tubuh penting untuk diukur sebagai salah satu penapisan pada setiap kondisi. Terutama saat masuk-masuk ke tempat umum," ucapynya.

"Nah, suhu tubuh normal itu biasanya di kisaran 36,5- 37,5 derajat celcius lebih dari itu kita perlu waspada, ” tegas Sheila.

Sementara itu, rekannya di Tim Pakar dan dokter muda Satgas COVID-19  dr. Budi Santoso menjelaskan tujuan pengukuran suhu tubuh yaitu untuk mengetahui suhu sumbu tubuh yang berada di bagian dalam atau core body temperature. 

“Pengukuran core body temperature dapat diukur dari dahi, lubang telinga, rongga mulut, ketiak, dan dubur yang menjadi titik ideal dalam pengukuran suhu tubuh karena paling mendekati dengan core body temperature,” jelas dokter Budi.

Melalui penjelasan tersebut, dokter Budi meluruskan kesalahpahaman mengenai pengecekan suhu tubuh di pergelangan tangan karena tidak ideal dan kurang akurat dalam mengukur suhu tubuh seseorang.

“Kita bisa lihat perbedaan antara pada bagian kepala dan juga pada bagian tangan dan kaki. Dimana suhu tubuh pada bagian tangan dan kaki pasti kalau diukur suhunya itu sudah jauh dari suhu sumbu tubuh atau core body temperature.Jadi hasil suhu tubuh yang dihasilkan dari pemeriksaan itu jadi tidak akurat lagi,” jelas dr. Budi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala BPSDMI Kemenperin Arus Gunawan

Sabtu, 23 Januari 2021 - 14:30 WIB

Wow Keren! Unit Pendidikan Kemenperin Bakal Ciptakan Alat Pendeteksi Covid-19

Kementerian Perindustrian berperan aktif mendorong pengembangan inovasi dalam upaya menciptakan alat kesehatan guna mendukung pencegahan Covid-19 di Indonesia. Salah satu upaya yang diwujudkan…

Pembangunan IPAL Parapat

Sabtu, 23 Januari 2021 - 14:22 WIB

Cegah Pencemaran Danau Toba, Kementerian PUPR Bangun IPAL Parapat Senilai Rp 59,42 Miliar

Dibangunnya jaringan IPAL tersebut mencegah pencemaran perairan Danau Toba sekaligus untuk mendukung pengembangan pariwisata Danau Toba di Provinsi Sumatera Utara yang telah ditetapkan oleh…

Gubernur Anies Unggah Wajah Baru Kawasan Senen

Sabtu, 23 Januari 2021 - 14:10 WIB

Wow! Anies Pamer Wajah Baru Kawasan Senen Tuai Banjir Pujian Warganet: Kereeen Banget Pak, Berasa Lagi Jalan-jalan di Luar Negri

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menuai banjir pujian dari para warganet usai mengunggah sebuah potret wajah baruKawasan Pasar Senen, Jakarta. "Ketika menata Kawasan Pasar Senen, berarti…

Ilustrasi perumahan

Sabtu, 23 Januari 2021 - 14:08 WIB

Kementerian PUPR Targetkan Bantuan Subsidi Perumahan TA 2021 Sebanyak 222.876 Unit

Bantuan pembiayaan perumahan TA 2021 terdiri dari empat program yakni Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) yang juga diberikan Subsidi Bantuan Uang Muka (SBUM), Bantuan Pembiayaan…

Ben Kasyafani, Sissy Prescillia dan Nino Kayam

Sabtu, 23 Januari 2021 - 12:51 WIB

Masima Radio Network Hadirkan The Biggest Integrated Multi-Brand Radio Show : Good Morning Indonesia dan Afternoon Feel Good

Melewati tahun 2020 yang penuh tantangan, melalui radio show multi-brand Delta FM - Bahana FM - Female Radio ingin mengajak Indonesia tetap optimis, kompak, dan fokus pada hal-hal baik. Be good…