Pendaftaran Fakultas Kedokteran President University Resmi Dibuka, Ini Keunggulannya...

Oleh : Candra Mata | Jumat, 07 Juni 2024 - 20:43 WIB

Ilustrasi Fakultas Kedokteran President University
Ilustrasi Fakultas Kedokteran President University

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Di era globalisasi ini, kebutuhan akan dokter profesional yang kompeten, berwawasan luas, dan siap bersaing di kancah global semakin meningkat. Fakultas Kedokteran President University hadir untuk menjawab tantangan tersebut dengan membuka pendaftaran hingga Juli 2024 untuk tahun ajaran yang akan dimulai pada Agustus 2024.

Fakultas Kedokteran PresUniv ini akan menerapkan kurikulum Early Exposure, yang memungkinkan mahasiswa untuk
dapat terjun langsung ke lapangan sejak awal semester, seperti ke rumah sakit, pusat kesehatan, puskesmas, dan industri kesehatan.

Kemudian mempelajari ilmu kedokteran dengan lebih praktis dan aplikatif sehingga dapat mengembangkan keterampilan interpersonal dan komunikasi yang dibutuhkan oleh para calon dokter.

Selain itu, FK PresUniv juga akan fokus terhadap pembangunan karakter dokter yang baik, seperti membangun empati dan rasa kepedulian terhadap pasien dan mempersiapkan diri dengan lebih baik untuk menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya.

"Fakultas Kedokteran President University berkomitmen untuk menjadi Center of Excellent Kedokteran di Indonesia. Kami bercita-cita untuk menghasilkan dokter yang kompeten, berwawasan luas, dan siap bersaing di kancah global. Kami juga akan membangun kerjasama dengan institusi pendidikan dan kesehatan ternama di seluruh dunia dengan tujuan mencetak generasi dokter masa depan yang mampu membawa perubahan positif bagi bangsa dan negara," jelas Prof. Dr. dr. Satyanegara, Sp.BS, Ketua Dewan Pembina Fakultas Kedojteran President University di Jakarta, Jumat (7/6/2024).

Sementara itu, Dekan FK President University, Prof. Dr. Budi Setiabudiawan, dr., Sp.A(K), M. Kes mengatakan pihaknya berkomitmen mencetak tenaga dokter yang profesional dengan fasilitas canggih dan teknologi terkini yang akan siap bersaing di kancah global melalui kemampuan problem solving, critical thinking, dan komunikasi yang excellent (mahir bahasa inggris).

Menurutnya, para mahasiswa juga akan menguasai ilmu kedokteran mutakhir dengan kurikulum internasional yang setara dengan standar pendidikan kedokteran di negara-negara maju.

"Mahasiswa akan memperoleh pengalaman belajar yang tak terlupakan di Medical City, kawasan terpadu yang dikelilingi oleh lebih dari 2.000 perusahaan industri dan 25 industri farmasi raksasa," ujar Dr. Budi.

Dikatakan Dr. Budi lebih lanjut, FK PresUni telah memiliki akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) serta ditunjang oleh para pengajar atau dosen yang mumouni, yang telah berpengalaman dan keahlian luar biasa di bidang pendidikan kedokteran di tanah air.

Selain itu, fakultas ini juga telah menjalin kerjasama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, salah satu fakultas kedokteran terbaik di Indonesia. 

Kerjasama ini memungkinkan mahasiswa untuk mendapatkan akses ke sumber daya dan program pendidikan yang lebih luas. 

Tak hanya itu, menurut Dr. Budi, fakultas ini juga terkoneksi dengan jejaring institusi pendidikan dan kesehatan ternama penting lainnya, baik di Indonesia maupun dunia.

"Kami berkomitmen mencetak calon dokter andal yang setara dengan dokter-domter dunia. Kami mengundang putra-putri terbaik bangsa untuk bergabung dengan kami dan menjadi bagian dari perjalanan luar biasa untuk kemajuan trnaga kesehatan nasional," pungkasnya.

Sebagai informasi, Fakultas Kedokteran President University terletak di dalam Medical City, Jababeka, Cikarang, Bekasi, sebuah kawasan kota terpadu yang menampung berbagai institusi pendidikan dan kesehatan ternama. 

Medical City ini juga dikelilingi oleh lebih dari 2.000 perusahaan industri dari 34 negara, termasuk 25 industri farmasi raksasa.

Fakultas Kedokteran ini juga dilengkapi dengan fasilitas yang menunjang proses belajar mengajar, seperti laboratorium canggih, ruang simulasi, dan rencana pengembangan rumah sakit pendidikan.

Selain itu, FK PresUniv juga didukung oleh berbagai keunggulan, antara lain pengantar bahasa kuliah menggunakan bahasa Inggris.

Kemudian, pendidikan jenjang Sarjana Program Studi Kedokteran ditempuh dalam 4 (empat) tahun, atau 8 semester.

Pendidikan jenjang profesi Program Studi Profesi Dokter selama 2 (dua) tahun, atau 4 Semester.

Selanjutnya, program Satu Tahun Akademik terdiri dari 2 (dua) semester, yaitu Program Asrama, dimana mahasiswa baru wajib 1 (satu) tahun pertama tinggal di Managed-Student Housing, kluster khusus pavilion Kedokteran.

Lalu berikutnya Program Pre-University, yaitu program matrikulasi (bahasa Inggris, pembinaan karakter), dan orientasi mahasiswa baru.

Selanjutnya Program Pertukaran Mahasiswa International, disini FK PresUniv telah Kerja sama dengan 53 International Partnership University.

Dan yang terakhir ialah Program CLC (Culture Language Center), yakni pengembangan kompetensi bahasa Inggris, Mandarin, Korea dan lainnya.

Untuk informasi selengkapnya para calon mahasiswa bisa melakukan pendaftaran melalui https://presunivcenter.com/reg_med/2024

Komentar Berita

Industri Hari Ini

AP1 Catat Tingkat Pemulihan Pergerakan Penumpang Hingga 91% pada Paruh Pertama 2024

Selasa, 16 Juli 2024 - 23:13 WIB

AP1 Catat Tingkat Pemulihan Pergerakan Penumpang Hingga 91% pada Paruh Pertama 2024

Jakarta – PT Angkasa Pura I (AP1) mencatat melayani sebanyak 36,5 juta pergerakan penumpang di 17 bandara yang dikelola sepanjang enam bulan pertama (semester 1) 2024. Dengan demikian, tingkat…

Industri Keramik (Ist)

Selasa, 16 Juli 2024 - 23:01 WIB

Sudah Sesuai Aturan WTO, Antidumping Keramik Harus Didukung Penuh

Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) menyebut bahwa kebijakan hambatan perdagangan berupa Bea Masuk Anti Dumping (BMAD) harus didukung penuh untuk melindungi industri domestik,…

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono kepada CSR Manager UT, Himawan Sutanto yang bertempat di Balai Kota DKI Jakarta. (Foto: Arsip PT United Tractors Tbk)

Selasa, 16 Juli 2024 - 22:53 WIB

Pj Gubernur DKI Jakarta Puji United Tractors yang Berkontribusi Turunkan Stunting, sehingga Raih Derap Kerjasama Jakarta (DKJ) Awards 2024

Jakarta,– PT United Tractors Tbk (UT) meraih penghargaan dalam ajang Derap Kerja Sama Jakarta (DKJ) Awards 2024. Penghargaan ini diraih atas programnya yang konsisten dalam mengentaskan permasalahan…

Industri plastik (ist)

Selasa, 16 Juli 2024 - 22:50 WIB

Pelaku Industri Minta Pemerintah Perketat Impor Barang Jadi Plastik

Asosiasi Industri Plastik Hilir Indonesia (Aphindo) menyampaikan perlunya pengetatan impor produk barang jadi plastik dari negara lain untuk memproteksi industri hilir plastik dalam negeri,…

Momentum Musyawarah Nasional Forum Zakat Sebagai Gerakan Zakat Menyosong Indonesia Emas 2045

Selasa, 16 Juli 2024 - 22:44 WIB

Momentum Musyawarah Nasional Forum Zakat Sebagai Gerakan Zakat Menyosong Indonesia Emas 2045

JAKARTA-Tidak lama lagi Musyawarah ke 10 Forum Zakat akan digelar pada Rabu hingga Kamis (17-18, 2024). K.H Ma'ruf Amin selaku Wakil Presiden RI akan resmi hadir dalam pembukaan Munas 10 FOZ…