Asiik! Pemerintah Perpanjang Keringanan Bayar Listrik, Ini Cara Dapatkan Listrik Gratis

Oleh : Nata Kesuma | Selasa, 04 Agustus 2020 - 08:22 WIB

Ilustrasi petugas listrik (ist)
Ilustrasi petugas listrik (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pelanggan PLN dengan kategori daya 450 VA dan 900VA bersubsidi bisa bernafas lega, pasalnya Pemerintah kembali memperpanjang keringanan biaya kelistrikan untuk masyarakat.

Program pembebasan tagihan dan keringanan pembayaran tersebut dimaksudkan untuk memperkuat masyarakat dari lesunya perekonomian akibat dampak pandemi Covid-19.

Menurut Executive Vice President Corporate Communication and CSR PLN, Agung Murdifi, pihaknya telah menyiapkan skema pemberiannya, dimana seluruh pelanggan yang berhak mendapatkan pembebasan tagihan maupun diskon sudah dimasukkan dalam sistem sejak pemberian Stimulus Covid-19 sebelumnya.

"karena program ini sifatnya perpanjangan, PLN optimis tidak akan mengalami kendala, baik dari sisi waktu penyiapan maupun teknis pelaksanaan," ujar Agung beberapa waktu lalu.

Perlu diketahui, program biaya listrik gratis untuk pelanggan listrik kategori daya 450VA serta pemberian diskon 50 persen kepada pelanggan kategori daya 900VA ini mesti terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di Kementerian Sosial. 

Bagi pelanggan pasca bayar, bantuan ini akan langsung masuk dalam tagihan masing-masing pelanggan dengan cara mendiskon tarif 100% untuk 450 VA dan 50% untuk 900 VA Bersubsidi.

Sementara untuk pelangan pra-bayar atau yang menggunakan sistem token, besaran bantuan token listrik stimulus Covid-19 bisa di cek melalui cara berikut ini:

1. Buka Alamat www.pln.co.id kemudian pilih menu Stimulus Covid-19 (Token Gratis/Diskon).

2. Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter.

3. Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di Layar.

4. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Untuk mempermudah pelanggan mendapatkan token listrik PLN juga menggunakan layanan via WhatsApp dengan cara sebagai berikut:

1. Buka Aplikasi WhatsApp, Chat WhatsApp ke 08122-123-123.

2. Ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan.

3. Token gratis akan muncul.

4. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Sementara itu, untuk menjangkau pelanggan di daerah terpencil, PLN bekerjasama dengan pemerintah setingkat Kecamatan/Desa/Kelurahan untuk memastikan bantuan listrik selama pandemi Covid-19 dapat diterima masyarakat. 

Pelanggan juga bisa mengunjungi kantor layanan PLN yang tersebar di Indonesia atau melalui Contact Center 123 untuk informasi lebih lanjut.

“Kami akan terus memastikan stimulus listrik ini dapat diterima oleh masyarakat, sehingga dapat meringankan beban di tengah pandemi Covid-19 ini" jelas Agung.

Tambahan program stimulus Covid-19 di bidang kelistrikan ini menambah panjang deretan keringanan, baik berupa pembebasan tagihan maupun pemberian diskon.

Berikut adalah daftar golongan pelanggan yang mendapatkan keringanan dan durasi waktunya :

1. Rumah Tangga 450VA, Pembebasan tagihan/Token Gratis, April s.d September 2020.

2. Rumah Tangga 900VA, Bersubsidi Diskon 50% tagihan/token, April s.d September 2020.

3. Bisnis Kecil 450VA, Pembebasan tagihan/Gratis, Mei s.d Oktober 2020.

4. Industri Kecil 450 VA, Pembebasan tagihan/Gratis, Mei s.d Oktober 2020.

Adapun jumlah penerima stimulus Covid-19 kategori pelanggan Rumah Tangga 450VA adalah sebanyak 23,5 juta,  sedangkan pelanggan 900VA Bersubsidi 50 persen sebanyak 7,3 juta pelanggan. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…