Asiik! Pemerintah Perpanjang Keringanan Bayar Listrik, Ini Cara Dapatkan Listrik Gratis

Oleh : Nata Kesuma | Selasa, 04 Agustus 2020 - 08:22 WIB

Ilustrasi petugas listrik (ist)
Ilustrasi petugas listrik (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pelanggan PLN dengan kategori daya 450 VA dan 900VA bersubsidi bisa bernafas lega, pasalnya Pemerintah kembali memperpanjang keringanan biaya kelistrikan untuk masyarakat.

Program pembebasan tagihan dan keringanan pembayaran tersebut dimaksudkan untuk memperkuat masyarakat dari lesunya perekonomian akibat dampak pandemi Covid-19.

Menurut Executive Vice President Corporate Communication and CSR PLN, Agung Murdifi, pihaknya telah menyiapkan skema pemberiannya, dimana seluruh pelanggan yang berhak mendapatkan pembebasan tagihan maupun diskon sudah dimasukkan dalam sistem sejak pemberian Stimulus Covid-19 sebelumnya.

"karena program ini sifatnya perpanjangan, PLN optimis tidak akan mengalami kendala, baik dari sisi waktu penyiapan maupun teknis pelaksanaan," ujar Agung beberapa waktu lalu.

Perlu diketahui, program biaya listrik gratis untuk pelanggan listrik kategori daya 450VA serta pemberian diskon 50 persen kepada pelanggan kategori daya 900VA ini mesti terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di Kementerian Sosial. 

Bagi pelanggan pasca bayar, bantuan ini akan langsung masuk dalam tagihan masing-masing pelanggan dengan cara mendiskon tarif 100% untuk 450 VA dan 50% untuk 900 VA Bersubsidi.

Sementara untuk pelangan pra-bayar atau yang menggunakan sistem token, besaran bantuan token listrik stimulus Covid-19 bisa di cek melalui cara berikut ini:

1. Buka Alamat www.pln.co.id kemudian pilih menu Stimulus Covid-19 (Token Gratis/Diskon).

2. Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter.

3. Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di Layar.

4. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Untuk mempermudah pelanggan mendapatkan token listrik PLN juga menggunakan layanan via WhatsApp dengan cara sebagai berikut:

1. Buka Aplikasi WhatsApp, Chat WhatsApp ke 08122-123-123.

2. Ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan.

3. Token gratis akan muncul.

4. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Sementara itu, untuk menjangkau pelanggan di daerah terpencil, PLN bekerjasama dengan pemerintah setingkat Kecamatan/Desa/Kelurahan untuk memastikan bantuan listrik selama pandemi Covid-19 dapat diterima masyarakat. 

Pelanggan juga bisa mengunjungi kantor layanan PLN yang tersebar di Indonesia atau melalui Contact Center 123 untuk informasi lebih lanjut.

“Kami akan terus memastikan stimulus listrik ini dapat diterima oleh masyarakat, sehingga dapat meringankan beban di tengah pandemi Covid-19 ini" jelas Agung.

Tambahan program stimulus Covid-19 di bidang kelistrikan ini menambah panjang deretan keringanan, baik berupa pembebasan tagihan maupun pemberian diskon.

Berikut adalah daftar golongan pelanggan yang mendapatkan keringanan dan durasi waktunya :

1. Rumah Tangga 450VA, Pembebasan tagihan/Token Gratis, April s.d September 2020.

2. Rumah Tangga 900VA, Bersubsidi Diskon 50% tagihan/token, April s.d September 2020.

3. Bisnis Kecil 450VA, Pembebasan tagihan/Gratis, Mei s.d Oktober 2020.

4. Industri Kecil 450 VA, Pembebasan tagihan/Gratis, Mei s.d Oktober 2020.

Adapun jumlah penerima stimulus Covid-19 kategori pelanggan Rumah Tangga 450VA adalah sebanyak 23,5 juta,  sedangkan pelanggan 900VA Bersubsidi 50 persen sebanyak 7,3 juta pelanggan. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Asuransi Kredit Indonesia atau Askrindo melakukan perjanjian kerjasama dengan Perusahaan Financial Technology (Fintech) yakni Jembatan Emas

Jumat, 18 September 2020 - 19:43 WIB

Gandeng Jembatan Emas, BUMN Askrindo Sasar Asuransi Kredit Fintech

Jakarta–PT Asuransi Kredit Indonesia atau Askrindo melakukan perjanjian kerjasama dengan Perusahaan Financial Technology (Fintech) yakni Jembatan Emas.

Pandemi Covid-19 memengaruhi jumlah kunjungan wisatawan Bali. Imbasnya kemana mana, termasuk pada lambatnya pertumbuhan Ekonomi Bali

Jumat, 18 September 2020 - 19:27 WIB

Gairahkan Kembali Pariwisata Bali, Perempuan-Perempuan Cantik Ini Kampanyekan Bali I Miss U

Bali-Pandemi Covid-19 memengaruhi jumlah kunjungan wisatawan Bali. Imbasnya kemana mana, termasuk pada lambatnya pertumbuhan Ekonomi Bali. Hal ini juga mempengaruhi Perekonomian Nasional karena…

Yanmar Diesel Indonesia (YADIN) gellar online training

Jumat, 18 September 2020 - 19:20 WIB

Tingkatkan Kualitas di Masa Pandemi, Yanmar Diesel Indonesia Gelar Online Training untuk Teknisi dan Dealer

Demi terus meningkatkan kemampuan para personel PT. Yanmar Diesel Indonesia (YADIN) mengadakan online training sebagai alternatif pelatihan secara tatap muka. Disaat yang sama, YADIN juga terus…

Deputi Bidang Pengawasan KemenkopUKM Ahmad Zabadi

Jumat, 18 September 2020 - 18:15 WIB

LPS Koperasi Diusulkan Masuk RUU Cipta Kerja

Kementerian Koperasi dan UKM sedang memperjuangkan masuknya Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Koperasi pada RUU Cipta Kerja.

Rahmad Darmawan Pelatih Madura United FC

Jumat, 18 September 2020 - 18:00 WIB

Coach RD Perlu Striker Perkuat Madura United

Tim berjuluk Laskar Sapeh Kerrab mengalami krisis di sektor striker sejak dipinjamkannya striker andalan mereka Alberto “Beto” Goncalves ke tim Liga 2, Sriwijaya FC dan Greg Nwokolo yang…