Jadi Negara Pertama yang Lakukan Kerjasama di Masa Pandemi, Menlu Retno Sampaikan Apresiasi Ke Selandia Baru

Oleh : Krishna Anindyo | Jumat, 31 Juli 2020 - 14:15 WIB

Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi Sampaikan Apresiasi kepada Selandia Baru
Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi Sampaikan Apresiasi kepada Selandia Baru

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Selandia Baru, Winston Peters memimpin 9th Joint Ministerial Commission RI – New Zealand pada Rabu (29/7).Pertemuan kedua negara tersebut merupakan yang pertama dilakukan secara virtual selama pandemi Covid-19.

Dalam kesempatan itu, Menlu Retno menyampaikan apresiasi kepada Selandia Baru sebagai salah satu negara pertama yang telah bekerja sama dengan Indonesia selama pandemi Covid-19, dalam bentuk komitmen senilai NZD 6,12 juta (Rp. 59,4 M), berupa (1) peningkatan kualitas layanan tes Covid-19 dengan Eijkman Institute senilai Rp. 6,3 M, (2) Rp. 48,6 M melalui UNICEF untuk peningkatan layanan komunikasi resiko terhadap komunitas.

Penyediaan dan distribusi APD dan pencegahan infeksi serta peningkatan kesiapan layanan penting, dan (3) Rp 4.5 M untuk hal lain.

"Selain itu, Kami juga membahas berbagai isu bilateral, seperti komitmen dalam mitigasi pandemi dan pemulihan ekonomi pasca pandemi, pencapaian target perdagangan bilateral sebesar NZD 4 milyar (Rp 40 triliun) di tahun 2024, peningkatan akses pasar produk Indonesia, dan penguatan kerja sama dalam kerangka ASEAN – Australia – New Zealand Free Trade Agreement (AANZFTA)," ungkap Retno Marsudi melalui keterangan tertulis yang diterima redaksi Industry.co.id pada Jumat (31/7/2020).

Ia juga menekankan kembali perlunya kerja keras kedua negara untuk mencapai target tersebut dan menciptakan perdagangan yang lebih seimbang.

"Saya juga mengapresiasi peningkatan investasi Selandia Baru di Indonesia yang mencapai USD 9 juta, di paruh pertama 2020," ujar Retno.

Sementara itu, kerjasama di bidang politik, Indonesia juga menyampaikan apresiasi atas posisi Selandia Baru yang menghormati integritas wilayah dan kedaulatan Indonesia.

Selain isu bilateral, kedua pihak juga membahas berbagai isu regional dan global yang menjadi kepentingan kedua negara, yaitu situasi di Laut China Selatan, kerja sama di kawasan Pasifik, dukungan Indonesia atas Keketuaan Selandia Baru pada APEC 2021, dan penandatanganan RCEP oleh kedua negara.

Pertemuan telah menghasilkan Joint Statement yang ditandatangani kedua Menlu, serta Rencana Aksi (Plan of Action) untuk Kemitraan Komprehensif Indonesia – Selandia Baru periode 2020 – 2024.

Rencana Aksi akan memetakan berbagai komitmen maupun peluang kerja sama yang dapat memberikan manfaat bagi rakyat kedua negara.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

FIFA (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 18 September 2020 - 13:00 WIB

Sepak Bola Dunia $ 14 Miliar Dampak Pandemi Covid-19

Angka $ 14 miliar didasarkan pada skenario saat ini, di mana sepak bola perlahan mulai dapat kembali merumput, setelah tiga bulan absen sejak awal tahun ini. Namun, hal itu akan menjadi ‚Äúpermainan…

Yuni Shara

Jumat, 18 September 2020 - 12:00 WIB

Kenapa Yuni Shara Sedih Duet dengan Didi Kempot?

Setelah berfikir panjang, dengan alasan lagu Didi Kempot menurutnya susah untuk dibawakan, juga judul-judul lagu yang disodorkan membuat dirinya berfikir keras.

Wakil Ketua Komisi V DPR RI Ridwan Bae Beserta Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi V DPR RI dengan Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy, di Serang (Photo by Runi/Man)

Jumat, 18 September 2020 - 11:45 WIB

Komisi V Dukung Pembangunan Fly Over Sudirman Serang Terealisasi di Tahun 2022

Wakil Ketua Komisi V DPR RI Ridwan Bae mengatakan, pembangunan fly over tersebut untuk kepentingan masyarakat luas, sehingga harus terealisasi di tahun 2022.

Aktivitas industri makanan dan minuman (mamin)

Jumat, 18 September 2020 - 11:35 WIB

Peningkatan Sektor Penjualan Sektor Mamin Secara Online

Data internal Tokopedia menunjukkan bahwa kopi literan merek lokal, makanan khas Korea seperti tteokbokki dan jajangmyeon, nasi mentai atau spageti panggang kekinian, camilan manis hingga buah…

Kantor pusat Pegadaian

Jumat, 18 September 2020 - 10:56 WIB

Pegadaian Sabet Enam Penghargaan Marketeers BUMN Awards 2020

Enam penghargaan yang diraih yaitu dalam kategori perusahaan Best of the Best, The Most Promising Company in Strategic Marketing, The Most Promising Company in Tactical Marketing, The Most Promising…