Chairman Jababeka: Pelaku Industri Perlu Manfaatkan Inovasi Teknologi Negara Maju untuk Melompat Jauh Kedepan

Oleh : Krishna Anindyo | Kamis, 23 Juli 2020 - 16:22 WIB

Setyono Djuandi Darmono - Chairman, Founder PT Jababeka Tbk
Setyono Djuandi Darmono - Chairman, Founder PT Jababeka Tbk

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Jababeka Tbk sebagai pengelola kota mandiri terbesar di Indonesia akan terus berupaya untuk mengadopsi berbagai teknologi canggih dari negara-negara maju di dunia untuk kemudian dikembangkan di tanah air.

Hal tersebut diungkapkan oleh Setyono Djuandi Darmono, Chairman sekaligus Founder PT. Jababeka Tbk dalam sebuah webinar series yang digelar President Executive Club bersama Mercantile Atheletic Club beberapa waktu lalu.

“Di dalam kawasan ekonomi khusus, kawasan industri di Cikarang, Jababeka, ada lebih dari 30 negara yang berinvestasi di perusahaan multinasional. Mereka membawa teknologi-teknologi dari negara maju yang akan lebih cepat untuk dioperasikan. Kita akan contoh dan Kita modifikasi," ungkap Darmono.

Dengan cara itu, menurutnya industri di tanah air bisa segera bangkit dan produknya mampu bersaing di pasar global.

"Kita berharap para pelaku industri dapat memanfaatkan inovasi dari negara maju untuk bangsa ini melakukan lompatan jauh kedepan," pungkas Darmono.

Hal senada juga disampaikan oleh Hammam Riza selaku Ketua Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Indonesia. 

Menurutnya inovasi dapat turut menggerakkan perekonomian nasional.

“Untuk keluar dari middle income trap ini, Indonesia harus menggerakkan ekonominya dari eficency driven menjadi innovation driven. Itulah yang sering kita dengar ekonomi berbasis inovasi,” jelasnya.

Adapun acara yang bertajuk "Memanfaatkan Inovasi Negara Maju Untuk melakukan Lompatan Ekonomi Jauh Kedepan" ini dipandu oleh Prof. Dr. Jony Oktavian Haryanto, Rektor President University.

Sedangkan Prof. Dr. Ir. Satryo Soemantri Brodjonegoro, Ketua Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI) dan Ir. Bernardus R. Djonoputro, Senior Advisor Ernst & Young yang juga Ketua Ikatan Ahli Perancang (IAP) Indonesia hadir sebagai panelis.

Selain itu hadir sebagai pembicara Dr. Ir. Bambang Setiadi, Ketua Dewan Riset Nasional, dan Ir. Kristanto Santosa dari MSCM.

Kemudian turut hadir pula perwakilan dari Deputi III, Kantor Staff Kepresidenan RI yakni Alif Timur Ghifari, dan perwakilan dari PT. Jaya Mitra Kemilau yaitu Charles Saerang.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gedung Isolasi RS Covid-19 Pulau Galang di Batam

Sabtu, 19 September 2020 - 09:00 WIB

Gedung Isolasi RS Covid-19 Pulau Galang yang Dibangun Waskita Aman dari Terjangan Puting Beliung

PT Waskita Karya (Persero) Tbk memastikan bangunan yang dikerjakan di RS Covid-19 Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau aman dari terjangan angin puting beliung. Seperti diketahui, Waskita mengerjakan…

Terminal Peti Kemas (TPK) Belawan melakukan penataan akses masuk truk petikemas

Sabtu, 19 September 2020 - 08:00 WIB

TPK Belawan Lakukan Penatan Akses Masuk Terminal Tingkatkan Layanan

TPK Belawan melakukan penataan akses masuk mulai tanggal 20 Agustus 2020 dan sudah disosialisasikan terlebih dahulu ke Angkutan Khusus Pelabuhan (Angsuspel) dan Asosiasi Logistik dan Forwarder…

Dyah Roro Esti Anggota DPR RI (Foto Ist)

Sabtu, 19 September 2020 - 07:00 WIB

Dyah Roro Esti Ajak Kaum Milenial Terjun ke Dunia Politik

Roro menyadari bahwa cara tercepat membuat sebuah perubahan adalah dengan terlibat aktif di parlemen atau pemerintahan. Semua ini memotivasi dirinya untuk menjadi bagian dari sistem tersebut.…

Marines Cycling Community Rutin Tingkatkan Imunitas Tubuh

Sabtu, 19 September 2020 - 06:00 WIB

Marines Cycling Community Rutin Tingkatkan Imunitas Tubuh

Marines Cycling Community (MCC) atau komunitas bersepeda Korps Marinir TNI AL dibawah pimpinan Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han) bersama-sama lawan Covid…

Sabtu, 19 September 2020 - 05:30 WIB

Atlet Dayung Korps Marinir Tinngkatkan Kemampuan Jelang Seleksi PON Papua

Pelatih dayung Marwiltim Sertu Marinir Ramijo mengatakan penjaringan atlet ini sangat penting untuk kaderisasi dan regenerasi dalam meningkatkan prestasi pedayung agar tidak kehabisan stok.…