Latihan Bersama Bakamla RI - Japan Coast Guard Resmi Ditutup

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 11 Juli 2020 - 05:30 WIB

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M.
Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M.

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Latihan Bersama  Bakamla RI dengan Japan Coast Guard (JCG) resmi ditutup oleh Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M., dan Komandan JCG Admiral Okushima Takahiro, yang dilakukan secara daring menggunakan video conference Long Distance Learning (LDL) di masing-masing kedua negara, Kamis (9/7/2020).

Latihan  bertajuk Traning for Maritime Law Enforcement yang melibatkan personel Mabes Bakamla RI, Kantor Kamla Zona Maritim Bakamla RI, Pangkalan Armada Bakamla RI dan para  pengawak kapal negara itu berlangsung selama 4 hari sejak 6 Juli lalu.

Menurut Kepala Bakamla RI, latihan ini merupakan program kerja sama latihan antara Bakamla RI dengan Japan Coast Guard dalam upayameningkatkan kemampuan para personel Bakamla RI yang terlatih dan kompeten terhadap peran dan tugas menjaga keamanan dan keselamatan wilayah maritime Indonesia secara professional.

Lebih lanjut, Laksdya  Aan Kurnia dalam sambutannya mengatakan, pelatihan ini bukan hanya sekedar untuk meningkatkan pemahamam terhadap aspek hukum laut internasional dan penerapannya namun juga ajang untuk mempererat kerjasama pelatihan dengan JCG.

"Dengan terlaksananya pelatihan ini, saya berharap dapat menciptakan ide-ide untuk pembentukan kerja sama baru, yang mungkin dapat diimplementasikan di masa mendatang, khususnya dalam bidang keamanan dan keselamatan laut di Kawasan," harapnya.

Sementara itu Komandan JCG Admiral Okushima Takahiro menyampaikan ucapan selamat kepada para peserta pelatihan Traning for Maritime Law Enforcement yang telah menyelesaikan pelatihan selama 4 hari.

"Saya merasa senang karena pada pelatihan ini berjalan sukses tanpa ada masalah, pengetahuan dan teknik yang diperoleh selama pelatihan kali ini semoga bisa membantu aktivitas di lapangan Bakamla RI dan hal ini merupakan kebahagian bagi kami," ucapnya.

"Di dalam situasi seperti ini kita harus menjalin kearifan antar Negara melalui kerja sama agar terwujud keamanan laut setiap negara dan pertemuan dengan Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia secara online kali ini sesuatu yang sangat berarti bagi kami," kata  Komandan JCG Admiral Okushima Takahiro.

"Akhir kata saya ucapkan terima kasih kepada Japan International Cooperation Agency (JICA) atas dukungan dalam pelatihan kali ini dan saya berharap hubungan kerja sama antara Bakamla RI dan Japan Coast Guard menjadi semakin kokoh, kemudian saya berharap semua yang hadir pada saat ini dalam keadaan sehat dan Bahagia," tutupnya.

Acara penutupan latihan bersama Traning for Maritime Law Enforcement antara Bakamla RI dengan JPG diakhiri dengan photo Bersama secara virtual.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…

Property Guru Awards 2024 kembali digelar

Sabtu, 20 April 2024 - 09:16 WIB

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Memperkenalkan Kategori Baru

PropertyGuru Indonesia Property Awards adalah bagian dari rangkaian PropertyGuru Asia Property Awards regional, yang memasuki tahun ke-19 pada tahun 2024.

Girl grup Arize rilis single keempat, Say Yes.

Sabtu, 20 April 2024 - 08:10 WIB

Formasi Baru, Girl Grup Arize Percaya Diri Rilis Single Say Yes

Dalam single Say Yes, girl grup Arize tampil dalam formasi baru. Berempat dengan beberapa diantaranya wajah baru yang memiliki kemampuan saling melengkapi.

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Sabtu, 20 April 2024 - 06:12 WIB

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Omega Hotel Management dengan bangga akan segera meluncurkan restoran terbaru mereka yang menampilkan kekayaan kuliner Indonesia, "Ramela - Cultural Taste of Indonesia". Restoran ini akan menjadi…

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…