PT Banten West Java dan PT Titik Mitra Dirgantara Garap Salakanegara Jadi The First Aviation Airport di Indonesia

Oleh : Hariyanto | Selasa, 23 Juni 2020 - 15:10 WIB

Kerjasama antara PT Banten West Java dan PT Titik Mitra Dirgantara
Kerjasama antara PT Banten West Java dan PT Titik Mitra Dirgantara

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Manajemen PT Banten West Java (BWJ) selaku pengelola kawasan wisata Tanjung Lesung telah melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan PT Titik Mitra Dirgantara.

Dalam kerjasama tersebut kedua perusahaan sepakat untuk  membangun Bandara Salakanegara di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung menjadi the first general aviation airport di Indonesia yang akan melayani sejumlah aktivitas pariwisata dan berbagai aktivitas yang masih terkait dengan pariwisata.

MoU tersebut ditandatangani Direktur Utama PT Banten West Java, Poernomo Siswoprasetijo dengan Direktur Utama PT Titik Mitra Dirgantara, Karin Item di Menara Batavia, Jakarta, Senin (22/6/2020).

“Karena the first general aviation airport di Indonesia, maka kami sangat memerhatikan lingkungan di sekitar, seperti Ujung Kulon jadi bandara ini akan diterbangi jenis pesawat dengan beban yang ringan,” ungkap Direktur Utama PT Titik Mitra Dirgantara, Karin Item.

Karin menjelaskan, pembangunan ini akan dilaksanakan mulai tahun 2021 mendatang. Pembangunan bandara tersebut diperkirakan akan memakan waktu sekitar satu setengah tahun, sehingga bandara tersebut baru bisa digunakan pada 2022.

Karin mengatakan, salah satu aktivitas di Bandara Salakanegara di Tanjung Lesung adalah adanya sinergi antara sekolah penerbang flybest dari Indonesia dan sekolah penerbang dari Ceko, yakni College of International Public Relations Prague.

Adapun sekolah penerbang di Tanjung Lesung ini bekerja sama dengan Universitas Presiden dan SMA Presiden. “Sekolah penerbang di Tanjung Lesung bagi yang ingin punya license dengan training untuk menjadi penerbang pribadi karena punya pesawat sendiri,” ucapnya.

Bandara Salakanagara berlokasi di Desa Tanjung Jaya Kecamatan Panimbang Kabupaten Pandeglang. Salakanagara merupakan bandara khusus yang mengoperasikan penerbangan domestik, yang saat ini dikelola  PT. Banten West Java. 

Bandara ini memiliki ukuran dimensi runway 600 m x 15 m dengan lapisan aspal berkekuatan C208, dimensi Clearway 60 m x 60 m dikedua sisi dan dimensi runway Strip berukuran 720 m x 60 m serta memiliki standar PKP-PK dengan kategori 2.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…

Property Guru Awards 2024 kembali digelar

Sabtu, 20 April 2024 - 09:16 WIB

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Memperkenalkan Kategori Baru

PropertyGuru Indonesia Property Awards adalah bagian dari rangkaian PropertyGuru Asia Property Awards regional, yang memasuki tahun ke-19 pada tahun 2024.

Girl grup Arize rilis single keempat, Say Yes.

Sabtu, 20 April 2024 - 08:10 WIB

Formasi Baru, Girl Grup Arize Percaya Diri Rilis Single Say Yes

Dalam single Say Yes, girl grup Arize tampil dalam formasi baru. Berempat dengan beberapa diantaranya wajah baru yang memiliki kemampuan saling melengkapi.