PT Banten West Java dan PT Titik Mitra Dirgantara Garap Salakanegara Jadi The First Aviation Airport di Indonesia

Oleh : Hariyanto | Selasa, 23 Juni 2020 - 15:10 WIB

Kerjasama antara PT Banten West Java dan PT Titik Mitra Dirgantara
Kerjasama antara PT Banten West Java dan PT Titik Mitra Dirgantara

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Manajemen PT Banten West Java (BWJ) selaku pengelola kawasan wisata Tanjung Lesung telah melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan PT Titik Mitra Dirgantara.

Dalam kerjasama tersebut kedua perusahaan sepakat untuk  membangun Bandara Salakanegara di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung menjadi the first general aviation airport di Indonesia yang akan melayani sejumlah aktivitas pariwisata dan berbagai aktivitas yang masih terkait dengan pariwisata.

MoU tersebut ditandatangani Direktur Utama PT Banten West Java, Poernomo Siswoprasetijo dengan Direktur Utama PT Titik Mitra Dirgantara, Karin Item di Menara Batavia, Jakarta, Senin (22/6/2020).

“Karena the first general aviation airport di Indonesia, maka kami sangat memerhatikan lingkungan di sekitar, seperti Ujung Kulon jadi bandara ini akan diterbangi jenis pesawat dengan beban yang ringan,” ungkap Direktur Utama PT Titik Mitra Dirgantara, Karin Item.

Karin menjelaskan, pembangunan ini akan dilaksanakan mulai tahun 2021 mendatang. Pembangunan bandara tersebut diperkirakan akan memakan waktu sekitar satu setengah tahun, sehingga bandara tersebut baru bisa digunakan pada 2022.

Karin mengatakan, salah satu aktivitas di Bandara Salakanegara di Tanjung Lesung adalah adanya sinergi antara sekolah penerbang flybest dari Indonesia dan sekolah penerbang dari Ceko, yakni College of International Public Relations Prague.

Adapun sekolah penerbang di Tanjung Lesung ini bekerja sama dengan Universitas Presiden dan SMA Presiden. “Sekolah penerbang di Tanjung Lesung bagi yang ingin punya license dengan training untuk menjadi penerbang pribadi karena punya pesawat sendiri,” ucapnya.

Bandara Salakanagara berlokasi di Desa Tanjung Jaya Kecamatan Panimbang Kabupaten Pandeglang. Salakanagara merupakan bandara khusus yang mengoperasikan penerbangan domestik, yang saat ini dikelola  PT. Banten West Java. 

Bandara ini memiliki ukuran dimensi runway 600 m x 15 m dengan lapisan aspal berkekuatan C208, dimensi Clearway 60 m x 60 m dikedua sisi dan dimensi runway Strip berukuran 720 m x 60 m serta memiliki standar PKP-PK dengan kategori 2.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Retail Banking Bank Syariah Indonesia, Kokok Alun Akbar ketika menyaksikan secara virtual simbolis penandatanganan Akad Massal 1.500 Nasabah BSI KPR Sejahtera dengan total nominal Rp195 miliar

Selasa, 13 April 2021 - 13:43 WIB

BSI Gelar Akad Massal 1500 Nasabah KPR Sejahtera

Bank Syariah Indonesia melaksanakan akad massal 1500 nasabah Program BSI KPR Sejahtera di 17 Provinsi serentak secara online. Program BSI KPR Sejahtera merupakan bentuk partisipasi dalam mendukung…

Presiden RI Joko Widodo bersama Kanselir Jerman Angela Merkel saat membukan Hannover Messe 2021

Selasa, 13 April 2021 - 12:21 WIB

Menperin: Bapak Presiden Optimis Industri 4.0 Jadikan Indonesia Top 10 Ekonomi Global di 2030

Pemerintah optimistis penerapan industri 4.0 dapat mewujudkan visi besar untuk menjadikan Indonesia bagian dari 10 negara yang memiliki perekonomian terkuat di dunia pada tahun 2030. Aspirasi…

Presiden Jokowi di Hannover Messe 2021

Selasa, 13 April 2021 - 12:17 WIB

Jokowi Bicara Pentingnya SDM Industri 4.0 di Hannover Messe 2021

Saat pembukaan Hannover Messe 2021 Digital Edition, Presiden Joko Wododo (Jokowi) menegaskan tiga hal utama dalam mengimplementasikan peta jalan Making Indonesia 4.0.  Pertama, penguatan SDM…

Hotel Boutique Sala Bangkok

Selasa, 13 April 2021 - 12:00 WIB

Tim Eksekutif Dukung Pembukaan Hotel Sala Boutique Bangkok

Boutique Sala Bangkok, hotel dan resor bergaya dan bersahabat dari SALA Hospitality Group, telah memperkenalkan jajaran profesional perhotelan yang sangat terampil untuk memimpin sala bang pa-in,…

Pertamedika IHC Bersama Google Cloud

Selasa, 13 April 2021 - 11:42 WIB

Wow! Pertamedika IHC Bersama Google Cloud Luncurkan Sistem Layanan Kesehatan Terintegrasi di 73 Rumah Sakit BUMN

Sistem OSS yang dihosting di Google Cloud merupakan pilar utama dari transformasi digital Pertamedika IHC dan menjadikan jaringan rumah sakit terbesar di Indonesia ini sebagai ujung tombak inovasi…