PT Banten West Java dan PT Titik Mitra Dirgantara Garap Salakanegara Jadi The First Aviation Airport di Indonesia

Oleh : Hariyanto | Selasa, 23 Juni 2020 - 15:10 WIB

Kerjasama antara PT Banten West Java dan PT Titik Mitra Dirgantara
Kerjasama antara PT Banten West Java dan PT Titik Mitra Dirgantara

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Manajemen PT Banten West Java (BWJ) selaku pengelola kawasan wisata Tanjung Lesung telah melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan PT Titik Mitra Dirgantara.

Dalam kerjasama tersebut kedua perusahaan sepakat untuk  membangun Bandara Salakanegara di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung menjadi the first general aviation airport di Indonesia yang akan melayani sejumlah aktivitas pariwisata dan berbagai aktivitas yang masih terkait dengan pariwisata.

MoU tersebut ditandatangani Direktur Utama PT Banten West Java, Poernomo Siswoprasetijo dengan Direktur Utama PT Titik Mitra Dirgantara, Karin Item di Menara Batavia, Jakarta, Senin (22/6/2020).

“Karena the first general aviation airport di Indonesia, maka kami sangat memerhatikan lingkungan di sekitar, seperti Ujung Kulon jadi bandara ini akan diterbangi jenis pesawat dengan beban yang ringan,” ungkap Direktur Utama PT Titik Mitra Dirgantara, Karin Item.

Karin menjelaskan, pembangunan ini akan dilaksanakan mulai tahun 2021 mendatang. Pembangunan bandara tersebut diperkirakan akan memakan waktu sekitar satu setengah tahun, sehingga bandara tersebut baru bisa digunakan pada 2022.

Karin mengatakan, salah satu aktivitas di Bandara Salakanegara di Tanjung Lesung adalah adanya sinergi antara sekolah penerbang flybest dari Indonesia dan sekolah penerbang dari Ceko, yakni College of International Public Relations Prague.

Adapun sekolah penerbang di Tanjung Lesung ini bekerja sama dengan Universitas Presiden dan SMA Presiden. “Sekolah penerbang di Tanjung Lesung bagi yang ingin punya license dengan training untuk menjadi penerbang pribadi karena punya pesawat sendiri,” ucapnya.

Bandara Salakanagara berlokasi di Desa Tanjung Jaya Kecamatan Panimbang Kabupaten Pandeglang. Salakanagara merupakan bandara khusus yang mengoperasikan penerbangan domestik, yang saat ini dikelola  PT. Banten West Java. 

Bandara ini memiliki ukuran dimensi runway 600 m x 15 m dengan lapisan aspal berkekuatan C208, dimensi Clearway 60 m x 60 m dikedua sisi dan dimensi runway Strip berukuran 720 m x 60 m serta memiliki standar PKP-PK dengan kategori 2.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi minyak sawit

Senin, 03 Oktober 2022 - 18:04 WIB

Antisipasi Resesi, Ekonom Sarankan Regulasi Pro Komoditas Ekspor

Jakarta-Kalangan Ekonom meminta pemerintah untuk mengantisipasi dampak resesi global melalui kebijakan yang pro komoditas.

Dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo, Investor Daily Summit 2022 mengusung tema ‘Optimism in Uncertainty” atau Optimisme dalam Ketidakpastian.

Senin, 03 Oktober 2022 - 17:56 WIB

Optimism in Uncertainty: Investor Daily Summit 2022 Kembali Menghadirkan Konferensi Tingkat Internasional

Jakarta– Konferensi akbar Investor Daily Summit (IDS) akan digelar di Jakarta Convention Center, pada 11-12 Oktober 2022.

Foto Doc Golkar

Senin, 03 Oktober 2022 - 17:42 WIB

Pengamat: Pengumuman Capres Diharapkan Bisa Kerek Elektabilitas Parpol

Jakarta- Pengamat Politik Centre for Indonesia Strategic Actions (CISA) Herry Mendrofa mengungkapkan pengumuman kandidat capres diyakini bakal kerek elekabilitas partai politik.

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Senin, 03 Oktober 2022 - 16:30 WIB

Menperin Agus: September 2022, PMI Manufaktur RI Lampaui Dunia, ASEAN, Hingga China

Peningkatan produksi dan ekspansi permintaan domestik baru mendorong naiknya Purchasing Managers Index (PMI) Manufaktur Indonesia di bulan September 2022. PMI Manufaktur di bulan tersebut tercatat…

Auraya Suites

Senin, 03 Oktober 2022 - 16:20 WIB

Auraya Suites, Hunian Mewah di Segitiga Emas Alam Sutera Seharga Mulai dari Rp500 Jutaan

Sino Ocean Group, perusahaan manajemen dan pengembang properti internasional bekerjasama dengan Kencana Prima Property Group dan Alas Kusuma Land menghadirkan proyek hunian mewah dan modern…