PT Banten West Java dan PT Titik Mitra Dirgantara Garap Salakanegara Jadi The First Aviation Airport di Indonesia

Oleh : Hariyanto | Selasa, 23 Juni 2020 - 15:10 WIB

Kerjasama antara PT Banten West Java dan PT Titik Mitra Dirgantara
Kerjasama antara PT Banten West Java dan PT Titik Mitra Dirgantara

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Manajemen PT Banten West Java (BWJ) selaku pengelola kawasan wisata Tanjung Lesung telah melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan PT Titik Mitra Dirgantara.

Dalam kerjasama tersebut kedua perusahaan sepakat untuk  membangun Bandara Salakanegara di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung menjadi the first general aviation airport di Indonesia yang akan melayani sejumlah aktivitas pariwisata dan berbagai aktivitas yang masih terkait dengan pariwisata.

MoU tersebut ditandatangani Direktur Utama PT Banten West Java, Poernomo Siswoprasetijo dengan Direktur Utama PT Titik Mitra Dirgantara, Karin Item di Menara Batavia, Jakarta, Senin (22/6/2020).

“Karena the first general aviation airport di Indonesia, maka kami sangat memerhatikan lingkungan di sekitar, seperti Ujung Kulon jadi bandara ini akan diterbangi jenis pesawat dengan beban yang ringan,” ungkap Direktur Utama PT Titik Mitra Dirgantara, Karin Item.

Karin menjelaskan, pembangunan ini akan dilaksanakan mulai tahun 2021 mendatang. Pembangunan bandara tersebut diperkirakan akan memakan waktu sekitar satu setengah tahun, sehingga bandara tersebut baru bisa digunakan pada 2022.

Karin mengatakan, salah satu aktivitas di Bandara Salakanegara di Tanjung Lesung adalah adanya sinergi antara sekolah penerbang flybest dari Indonesia dan sekolah penerbang dari Ceko, yakni College of International Public Relations Prague.

Adapun sekolah penerbang di Tanjung Lesung ini bekerja sama dengan Universitas Presiden dan SMA Presiden. “Sekolah penerbang di Tanjung Lesung bagi yang ingin punya license dengan training untuk menjadi penerbang pribadi karena punya pesawat sendiri,” ucapnya.

Bandara Salakanagara berlokasi di Desa Tanjung Jaya Kecamatan Panimbang Kabupaten Pandeglang. Salakanagara merupakan bandara khusus yang mengoperasikan penerbangan domestik, yang saat ini dikelola  PT. Banten West Java. 

Bandara ini memiliki ukuran dimensi runway 600 m x 15 m dengan lapisan aspal berkekuatan C208, dimensi Clearway 60 m x 60 m dikedua sisi dan dimensi runway Strip berukuran 720 m x 60 m serta memiliki standar PKP-PK dengan kategori 2.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Sabtu, 24 Juli 2021 - 17:50 WIB

Bantu Penanganan Covid-19, Menperin Agus 'Gercep' Siapkan 500 Fasilitas Isoman Dilengkapi Konsentrator Oksigen

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus berperan aktif untuk mendorong percepatan penanganan dan pengendalian pandemi Covid-19 di tanah air. Berbagai langkah strategis telah dijalankan,…

Tempat Wisata di Venesia (Foto: Instagram/fabianalorenzon_tma)

Sabtu, 24 Juli 2021 - 17:15 WIB

Venesia Berhasil Lolos Dari Daftar Situs Warisan Dunia Dalam Bahaya UNESCO

Venesia baru saja berhasil menghindari atau lolos dalam daftar situs Warisan Dunia Dalam Bahaya UNESCO. Hal ini dikarenakan Italia kini melarang kapal pesiar besar bersandar di laguna Venesia.

Ilustrasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau Belajar Online (ist)

Sabtu, 24 Juli 2021 - 17:02 WIB

Pahamify dan Xiaomi Ajak Siswa Sambut Tahun Ajaran Baru Penuh Semangat

Tahun Ajaran 2021/2022 baru saja dimulai beberapa waktu lalu. Di tengah pandemi COVID-19 yang masih melanda Indonesia, sekolah dilaksanakan dengan berbagai metode yang disesuaikan dengan keadaan…

Dahlan Iskan

Sabtu, 24 Juli 2021 - 17:00 WIB

Ulama Wanita

KALI ini yang mendapat giliran meninggal karena Covid-19 adalah ulama perempuan: Prof Dr Huzaemah Tahido Yanggo, 77 tahun. Beliau guru besar ilmu fikih Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif…

Ilustrasi PLTS

Sabtu, 24 Juli 2021 - 15:32 WIB

Asosiasi Energi Surya Indonesia Minta Regulasi PLTS Atap Memihak Kepada Masyarakat

Revisi Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) No. 49/2018 belum juga selesai meski telah melewati pembahasan selama beberapa bulan.