Barzah Dompet Dhuafa Antarkan Jenazah Migran Hingga Ke Kampung Asal

Oleh : Krishna Anindyo | Minggu, 21 Juni 2020 - 11:00 WIB

BARZAH Dompet Dhuafa
BARZAH Dompet Dhuafa

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Gemuruh gesekan sayap-sayap pesawat menembus angin, terdengar oleh para pengunjung Bandara International Soekarno-Hatta. Langit kawasan Tangerang terlihat cerah kala itu. Tak disangka ada banyak duka di bawahnya. Sebanyak sembilan jenazah pekerja migran Indonesia (PMI) tiba di  Tanah Air oleh pesawat Malaysia Airlines MH 732.

Setibanya di kargo jenazah, serentak para anggota Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), bersama tim Badan Pemulasaran Jenazah (BARZAH) Dompet Dhuafa (DD) dan tim ambulan lainnya berkumpul.

Dalam tugasnya untuk memfasilitasi pemulangan PMI, termasuk yang meninggal, BP2MI bekerjasama dengan tim Barzah untuk mengantar jenazah sampai di rumah masing-masing keluarganya. Dalam suasana duka ini, empat jenazah diamanahkan kepada tim Barzah oleh BP2MI untuk diantar dan diserahkan kepada keluarga duka.

“Keempat jenazah tersebut semuanya berasal dari Madura, Jawa Timur. Empat mobil Barzah kami kerahkan untuk mengantar jenazah ke rumah keluarganya,” ujar Ustaz Madroi selaku Manager Program Barzah DD, sumber melalui keterangan tertulis yang diterima redaksi Industry.co.id pada Minggu (21/6/2020).

“Dari Januari hingga bulan Juni ini, ada sekitar 190an lebih jenazah PMI yang dipulangkan. Mereka semua dipulangkan karena meninggal dalam kondosi sakit bukan Covid-19,” ujar Direktur Pemberdayaan BP2MI, A. Gatot Hermawan.

“Dari 190an jenazah kebanyakan memang berasal dari Jawa Timur, NTT dan Jawa Barat. Hari ini kita kedatangan 9 jenazah khusus dari Malaysia dari total 33 yang akan dipulangkan ke Indionesia,” tutur Gatot.

“Mewakili para keluarga duka, mengucapkan terima kasih terima kasih kepada tim Barzah Dompet Dhuafa, yang telah memfasilitasi perpulangan jenazah-jenazah PMI ke rumahnya,” lanjut Gatot.

Pada sesi pelepasan dan doa bersama, Ustaz Madroi mengucapkan senang, Barzah mendapat amanah untuk mengantar jenazah-jenazah migran Indonesia. Menurutnya, memang ini lah tugas Tim Barzah, yaitu memberikan pelayanan mobil jenazah secara gratis.

Sebelum kesembilan jenazah diberangkatkan menuju kediaman keluarga masing-masing, Gatot Hermawan mengingatkan kepada seluruh kru mobil jenazah, untuk dicek dan dipastikan ulang bahwa jenazah yang dibawa sesuai dengan data, nama dan alamat yang tertera.

“Ini adalah awal BP2MI bersinegi dengan Dompet Dhuafa untuk pemulangan jenazah para migran Indonesia. Selanjutnya insyaallah kita akan terus bersinergi, karena memang ini merupakan tugas kita bersama,” Imbuh Ustaz Madroi, dengan prosesi pemberangkatan jenazah kemudian ditutup dengan doa bersama dipimpin oleh Ustaz tersebut.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…