Polri Habiskan Rp76 Miliar, Gerindra Nilai Wajar

Oleh : Marlen Erikson | Kamis, 08 Desember 2016 - 13:08 WIB

Waketum Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad
Waketum Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad

INDUSTRY.co.id - Partai Gerindra memaklumi Polri menghabiskan anggaran sebesar Rp 76 miliar saat pengamanan aksi demo bela Islam pada 4 November (411) dan 2 Desember (212).

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, dari hasil pengamanan yang dilakukan Polri dalam aksi tersebut, maka penghabisan anggaran itu masih bisa dimaklumi.

"Kalau dilihat dari hasilnya pengamanan kemarin, saya pikir (anggaran Rp 76 miliar) kita masih bisa memaklumi," kata Dasco, di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (8/12).

Kata Dasco, pemakaian anggaran yang cukup fantastis itu demi kelancaran tugas pengamanan saat aksi damai berlangsung. Menurutnya, hal itu sebagai hal yang wajar.

"Memang anggaran itu cukup besar, tapi dari anggaran operasional Polri itu cukup dimungkinkan dan memang hal seperti 212, 411 itu kan tidak bisa dihindarkan," tegas Anggota Komisi III DPR itu.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan, pengamanan aksi demo bela Islam 212 dan demo 411 menghabiskan anggaran sebesar Rp76 miliar.

"Untuk aksi 4 November itu dana pengamanannya itu Rp33 miliar sedangkan untuk aksi 212 itu dana pengamanannya Rp43 miliar‎," jelas Tito, dalam rapat kerja dengan Komisi III DPR, Jakarta, Senin (5/12).

Menurutnya, dana tersebut dihabiskan untuk mengerahkan pasukan keamanan di Jakarta. Adapun pasukan yang dikerahkan untuk demo‎ 411 aparat keamanan gabungan Polri dan TNI sebanyak 20 ribu pasukan. Sedangkan, aksi demo 212 pasukan gabungan Polri dan TNI sebanyak 27‎ ribu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mobil listrik

Sabtu, 18 Mei 2024 - 17:57 WIB

Strategi Marketing Dalam Penjualan Kendaraan Listrik atau EV

Dunia transportasi tengah mengalami transformasi besar dengan kemunculan kendaraan listrik (EV) sebagai pemain utama. Hal ini menandakan pergeseran menuju era baru dalam mobilitas manusia, di…

Prescon HI Drone Dragrace 2 di PIK 2

Sabtu, 18 Mei 2024 - 16:27 WIB

HOGERS Indonesia Gelar Balapan Motor Besar Harley Davidson

HOGERS Indonesia menggelar lomba balapan dan ketangkasan motor Harley terbesar di Indonesia. Event berskala Nasional buatan HOGERS Indonesia Drag Race of National Event 2 (HIDRONE2) ini dilaksanakan…

Implementasi IoT untuk pertanian

Sabtu, 18 Mei 2024 - 15:02 WIB

Jadi Mitra Kemkominfo, MSMB Implementasi Sistem Pintar Berbasis IoT untuk 7 Green House di Temanggung

PT Mitra Sejahtera Membangun Bangsa (MSMB), start up agritech dari Sleman, Yogyakarta, baru-baru ini menjadi mitra layanan implementasi teknologi berbasis IoT (Internet of Things) Kementerian…

Direktur Utama Telkomsat, Lukman Hakim Abd. Rauf

Sabtu, 18 Mei 2024 - 14:37 WIB

Telkomsat dan Starlink Tandatangani Kerja Sama Layanan Segmen Enterprise di Indonesia

Telkomsat dan Starlink melakukan Penandatanganan Kerja Sama (PKS) untuk layanan segmen enterprise berbagai wilayah di Indonesia.

SUPER AIR JET Buka Rute Baru

Sabtu, 18 Mei 2024 - 13:39 WIB

Dukung IKN, SUPER AIR JET Buka Rute Baru!

SUPER AIR JET mulai 6 Juni 2024 perkenalkan penerbangan non-stop pertama dari Bandar Udara Dhoho, Kediri, Jawa Timur ke Bandar Udara Internasional SAMS Sepinggan Balikpapan, Kalimantan Timur,…