Micro Farming Solusi Masyarakat Terdampak Pandemi Covid-19

Oleh : Krishna Anindyo | Minggu, 31 Mei 2020 - 18:45 WIB

Konsep Micro Farming
Konsep Micro Farming

INDUSTRY.co.id - Jakarta — Wakil Presiden RI Prof Dr KH Maruf Amin mengungkapkan, pandemi covid-19 berdampak pada meningkatnya kemiskinan baru di Indonesia.

Pemerintah melakukan berbagai upaya dan strategi membantu masyarakat dengan berbagai program stimulus dan bantuan untuk mengurangi dampak pandemi yang terjadi secara global ini.

Staf Khusus Wakil Presiden RI Bidang Ekonomi dan Keuangan Lukmanul Hakim menawarkan solusi berupa program micro farming untuk membantu masyarakat terdampak covid-19 dan masyarakat miskin agar tetap berpenghasilan.

Micro farming adalah pertanian keluarga dengan memanfaatkan lahan terbatas di pekarangan atau sekitar rumah dengan budidaya pertanian produktif.

"Micro farming tidak hanya untuk konsumsi keluarga saja, tetapi juga dapat menjadi sumber penghasilan keluarga sehingga dapat memenuhi kebutuhan hidup dasar dan kehidupannya,"ungkap Lukmanul Hakim. Minggu (31/5/2020).

Meski budidaya dilakukan secara mikro, namun skala ekonomi keluarga tetap dipertimbangkan.

"Setidaknya setiap keluarga bisa mendapatkan penghasilan Rp 1,5 juta per bulan,"papar Lukmanul Hakim yang juga Ketua Umum Arus Baru Indonesia (ARBI).

Untuk itu budidaya yang dikembangkan keluarga harus berupa komoditas yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Misalnya, budaya udang vaname air tawar di kolam plastik, budiraya lobster, budidaya ikan kolam bioflok, budaya ayam kampung, dan budidaya sayuran di pekarangan rumah.

"Masih banyak budidaya yang dapat dikembangkan disesuaikan potensi lokal masing-masing,"ujar Lukman.

Konsep micro farming perlu dibuat model bisnis dan rantai pasoknya secara terintegrasi sehingga produk keluarga dapat terserap pasar dengan baik. Implementasinya dapat mengoptimalkan peran RT/RW dan komunitas setempat dan berbejaring dengan subtitusi rantai pasok lainnya.

Permodalan dapat menggunakan dana bantuan atau dana produktif bergulir. Implementasinya dapat mensinergikan pemerintah, lembaga keuangan dan perbankan, koperasi, BUMN, dan lembaga sosial seperti lembaga zakat, infak, dan wakaf.

"Di era tatanan kehidupan normal baru (new normal) ini, mindset dan pendekatannya harus diubah menjadi lebih praktis, ekonomis,dan berdampak sosial tinggi,"tuturnya.

Lukmanul Hakim mulai mendata dan mensinergikan berbagai potensi untuk implementasi micro farming, serta bertahap mengimplementasikannya. Ia juga segera melaporkan gagasan ini kepada Wakil Presiden RI sehingga dapat menjadi program nasional yang lebih luas di Indonesia. Ini merupakan implementasi ekonomi kerakyatan yang menjadi konsens Wakil Presiden RI selama ini.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan membidik sektor pertanian melalui BSI Mitra Plasma Sawit. Kunjungan dilakukan ke salah satu kebun sawit di Sumatera.

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:20 WIB

Dorong Sustainable Banking, BSI Dukung Pembiayaan Sawit Bagi Petani Plasma

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan…

Ilustrasi perumahan

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:16 WIB

Terdepan di Wilayah Jabodetabek, Bogor Catat Selisih Pertumbuhan Harga Hunian Tertinggi

Tren harga rumah di Indonesia mengalami peningkatan tahunan sebesar 2,4 persen pada bulan Februari 2024 dibandingkan sejak Februari 2023. Rumah123 mencatat Bogor mengalami kenaikan harga hunian…

Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk (BTPN)

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:44 WIB

Bank BTPN Akuisisi Dua Perusahaan Pembiayaan PT Oto Multiartha dan PT Summit Oto Finance

Akuisisi OTO dan SOF jadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam mendorong inovasi produk dan layanan yang semakin relevan dengan kebutuhan perbankan dan pembiayaan masyarakat Indonesia.