Pedagang Kopi Keliling: Kami Juga Takut Kena Corona, Kami Juga Mau BeneranDiRumahAja

Oleh : Arya Mandala | Selasa, 12 Mei 2020 - 22:09 WIB

Ilustrasi pedagang Kopi (ist)
Ilustrasi pedagang Kopi (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Pemerintah pusat melakukan program Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di beberapa provinsi untuk membatasi penyebaran virus corona yang semakin banyak di Indonesia. 

PSBB membuat masyarakat tetap #BeneranDirumahAja dan berkegiatan dari rumah.

Namun ada beberapa pekerjaan yang tidak memungkinkan untuk tetap #BeneranDirumahAja.

Seperti para pedagang keliling yang tetap harus berjualan untuk menafkahi keluarganya.

Seperti kisah Sarwono, seorang penjual kopi keliling yang sudah 20 tahun berjualan. 

Selain untuk kebutuhan sehari-hari, dia juga harus membiayai pengobatan istrinya yang memiliki penyakit dalam. 

Lain lagi cerita, Nenek Uta yang tetap berjualan keset meski telah berusia senja.

Di usia yang tidak muda lagi dia harus menempuh perjalanan enam kali naik angkot dari Bogor untuk menjajakan dagangannya tersebut. 

Dan masih banyak lagi kisah pedagang kecil lainnya yang tidak bisa menerapkan #BeneranDirumahAja.

Pandemi Corona memang mengerikan tetapi tidak memungkinkan bagi mereka untuk tetap #BeneranDirumahAja karena harus tetap mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan hidup yang sumbernya memang dari pendapatan harian.  

Beberapa waktu lalu, sempat beredar foto dan video di sosial media tentang seseorang yang memberikan bantuan kepada para pedagang kecil tersebut. 

Setelah ditelusuri, pria misterius ini merupakan bagian dari program #SatuHariSatuKebaikan yang digagas oleh ICHITAN yang merupakan salah satu merek minuman di Indonesia.

Seperti beberapa kegiatan sebelumnya, ICHITAN selalu memikirkan bagaimana cara untuk memberikan kehidupan yang lebih baik untuk masyarakat Indonesia, bahkan dalam situasi pandemic ini ICHITAN selalu memberikan yang terbaik untuk memastikan mereka dapat melanjutkan kehidupannya dengan lebih baik, aman dan tetap sehat.

Di bulan Ramadhan ini, apalagi sejak diberlakukan PSBB banyak orang belum memiliki kesempatan untuk bisa bekerja dari rumah dalam memenuhi kebutuhan sehari hari. 

"Contoh terdekat adalah pedagang keliling. Karena itulah kami ingin membantu mereka agar bisa memenuhi himbauan pemerintah untuk dirumah aja untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 dengan memberikan bekal hidup selama 2 s/d 4 minggu,” tutur Duangkamon Ngarmsangiem, selaku Marketing Director PT ICHI TAN INDONESIA melalui keterangan tertulis yang diterima redaksi Industry.co.id Selasa malam (12/5).

Ada 30 pedagang yang diberikan bantuan dalam #SatuHariSatuKebaikan. 

Pihak ICHITAN berharap dengan bantuan ini, para pedagang bisa memiliki bekal hidup sehingga bisa tetap #BeneranDirumahAja selama pandemi. 

Bukan hanya sekedar berbagi, ICHITAN berharap dengan langkah yang dilakukan ini dapat mendukung program PSBB yang diterapkan pemerintah untuk membatasi penyebaran virus corona.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan

Kamis, 13 Agustus 2020 - 15:30 WIB

Kabar Baik! Menko Luhut Pastikan Perusahaan Teknologi Asal Hongkong Bakal Tanam Modal Rp3,8 Triliun di Indonesia

Perusahaan teknologi asal Hongkong, Amperex Technology Limited (ATL) akan segera merealisasikan investasinya di Indonesia. Adapun nilai investasinya sebesar USD 2,6 miliar atau setara Rp3,8…

Wakil Tetap RI, Dubes Dian Triansyah Djani

Kamis, 13 Agustus 2020 - 15:30 WIB

Pimpin Sidang di Markas PBB, Indonesia Dorong Stabilisasi Guinea-Bissau

Indonesia dorong stabilisasi Guinea-Bissau saat memimpin pertemuan DK PBB mengenai Guinea-Bissau, yang diselenggarakan di Markas Besar PBB.

Sambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Perlombaan Diikuti oleh Seluruh WNI di Pyongyang

Kamis, 13 Agustus 2020 - 15:15 WIB

Rayakan Kemerdekaan, WNI di Pyongyang Ikuti Lomba-Lomba Khas Indonesia

KBRI Pyongnyang dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia selenggarakan berbagai perlombaan yang diikuti oleh seluruh WNI di Pyongyang sejumlah 18 orang.

Direktur Eksekutif Pusat Sosial dan Politik Indonesia (Puspolindo) Dian Cahyani

Kamis, 13 Agustus 2020 - 15:12 WIB

Ngeri! Pengamat Cantik Ini Sebut Banyak Calon Tunggal Di Pilkada, Bukti Kemerosotan Demokrasi

Jakarta-Pagelaran Pilkada serentak akan kembali diselenggaran pada 9 Desember 2020. Hampir sebagian besar bakal calon kepala daerah sudah mendapat rekomendasi partai politik untuk maju bertarung…

Teknisi perbaikan pesawat

Kamis, 13 Agustus 2020 - 15:10 WIB

Sepi Job, Teknisi Bengkel Pesawat Terpaksa Nganggur

Pukulan telak ke bisnis penerbangan juga berdampak pada lesunya usaha bengkel pesawat, bahkan sudah banyak teknisi atau pekerja bengkel pesawat yang menganggur.