Tahan Banting Lewati Krisis, Jusmery Chandra, Kartini Bisnis di Ranah Keramik

Oleh : Kormen Barus | Selasa, 21 April 2020 - 13:58 WIB

Jusmery Chandra, Presiden Direktur PT Puri Kemenangan Jaya
Jusmery Chandra, Presiden Direktur PT Puri Kemenangan Jaya

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Kemampuannya dalam bidang keuangan dan pemasaran, serta kehebatannya dalam mengetahui hilir hulu dunia keramik, membuat wanita yang menggemari kuliner itu,  kian dipercaya untuk melambungkan brand produk Centro di pasar yang kian sesak.

Kendati kerap galau karena kondisi harga  gas yang tidak kunjung turun ditambah wabah Virus Corona yang menghantam ragam sektor bisnis, namun perempuan cantik yang low profil ini selalu tegar dan penuh optimistis dalam memimpin grup usahanya.

PT Industri Keramik Kemenangan Jaya yang menjadi usaha yang dibesutnya, merupakan salah satu leader di industri keramik saat ini. Langkah  transformasi bisnisnya, berjalan sukses dengan mencetak kinerja gemilang. Bergerak dari hilir kemudian membangun hulu adalah keputusan langkah dalam dunia bisnis.

Kendati mengarungi berbagai krisis, termasuk krisis moneter di akhir tahun 1997 dan peliknya pasokan gas, Industri Keramik  yang didirikan oleh Sharif Said, ini, toh melewatinya dengan mulus bahkan melakukan ekspansi sehingga menjadi jawara keramik outdoor saat ini.

Hebatnya mulai tahun 1994 Group Kemenangan ini mendirikan sendiri tiga  pabrik keramiknya dalam rangka meningkatkan kapasitas produksi. Karena pesatnya persaingan di pasar keramik, Grup Kemenangan pun tak pernah tidur nyenyak. Inilah yang membuat,  setiap beberapa bulan, menelorkan ragam inovasi sehingga membuat decak kagum para konsumen yang ‘gila’ dengan life style. Itu jugalah yang membuat status inovatif dan kreatif tidak bisa lepas dari Grup Kemenangan.

Seiring berkembangnya tren property dalam berapa tahun terakhir, Grup Kemenangan mulai fokus untuk memproduksi keramik premium dengan motif dan bentuk yang unik dan menyerupai batu alam dengan brand Centro,yang mulai diproduksi pada tahun 2008.

Produk Centro bisa disebut mahakarya dari perjalanan bisnis Grup kemenangan. Apalagi dalam waktu relatif singkat, produk Centro telah diterima pasar terutama melihat keunikan dan keindahan konsep batuan alam yang ditampilkan. Dengan bentuk yang tidak beraturan, kasar dan motif acak alami.     

Dan dibalik bersinarnya perjalanan bisnis Grup Kemenangan,  rupanya tidak  bisa terlepas dari sosok Jusmery Chandra- Presiden Direktur PT Puri Kemenangan Jaya. Ibu dari dua anak ini merupakan professonal yang banyak melakukan inovasi dan kreatif dalam  menggaungkan nama produk-produk grup kemenangan.

Wanita yang pernah bercita-cita menjadi dokter ini, merupakan satu-satunya srikandi di dunia keramik saat ini. Selain menjadi CEO di PT Puri Kemenangan Jaya, Jusmery yang dikenal sebagai pribadi ramah, supel dan energik ini, juga menjabat direktur keuangan di tiga pabrik. Jabatan itu memang karena pengalamannya yang membangun karir bermula dari staf keuangan di tahun 1992.

Tak salah pilih. Kemampuannya dalam bidang keuangan dan pemasaran, serta kehebatannya dalam mengetahui hilir hulu dunia keramik, membuat wanita yang menggemari kuliner itu kian dipercaya untuk melambungkan brand produk Centro di pasar yang kian sesak.

Jusmery mengatakan, sejalan dengan pertumbuhan bisnis, Grup kemenangan mempekerjakan ribuan karyawan. Menurutnya, akibat krisis, grup ini sempat meng-PHK kan 300 karyawan. Namun sejalan dengan pendirian pabrik baru, Grup Kemenangan memanggil dan mempekerjakan kembali semua karyawan yang telah menerima pesangon tersebut.

Ikon kesuksesan Grup kemenangan adalah melejitnya penjualan produk keramik dengan merek Centro di pasar Indonesia. Dengan desain pola  batu alam yang menjadi spesialisasinya, mengantarkan ragam produk Centro langsung mencuri perhatian pasar tak hanya lokal tapi diminati pasar luar negeri. Didukung desain, corak, dan ukuran yang fenomenal, menjadikan pemilik rumah dan para arsitek bebas berkreasi. kormen

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kim Sojeong, pegolf profesional wanita asal Korea.

Jumat, 24 Januari 2025 - 22:32 WIB

Catatkan Skor 66, Dua Pegolf Korea Pimpin Sementara Putaran Pertama Gelaran IWO 2025

Pegolf Kim Sojeong sementara memimpin putaran pertama Indonesia Women’s Open 2025. Pemain Korea berusia 24 tahun tersebut berhasil menduduki posisi puncak dalam debutnya di Indonesia dengan…

Gelaran Indonesia Sustainable Business Forum 2025 di Bali

Jumat, 24 Januari 2025 - 22:00 WIB

SustainLife Sukses Gelar Indonesia Sustainable Business Forum 2025, Dorong Percepatan Adopsi ESG di Sektor Industri

ISBF 2025 menghadirkan para pemimpin industri, praktisi ESG, hingga akademisi dari berbagai sektor untuk berbagi wawasan, strategi, dan memperkuat kolaborasi dalam menerapkan praktik bisnis…

Linda Kam, Sr. Marketing Manager Nippon Paint Indonesia (tengah), bersama dua pemenang AYDA Awards 2024/2025

Jumat, 24 Januari 2025 - 20:06 WIB

Juara AYDA Awards 2024/25 Dari Universitas Warmadewa dan IDB Bali Siap Wakili Indonesia Ke Tokyo

Penyelenggaraan AYDA Awards yang diinisiasi oleh Nippon Paint ini merupakan tahun ke-17 dan menjadi ajang kompetisi desain tingkat internasional yang bekerjasama dengan para profesional industri…

Wakil Menteri PKP, Fahri Hamzah (paling kiri) saat mengunjungi fasilitas produksi produk turunan semen hijau SIG bata interlock presisi di Indarung, Padang, Sumatra Barat, Jumat (24/1/2025).

Jumat, 24 Januari 2025 - 20:04 WIB

Dukung Asta Cita Prabowo, SIG Dorong Penggunaan Bata Interlock Presisi untuk Wujudkan 3 Juta Rumah

Padang- Komitmen kuat PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) dalam mendukung perwujudan Asta Cita Presiden Prabowo Subianto, ditunjukkan melalui kehadiran produk bata interlock presisi sebagai…

Fore Coffee Pimpin Pasar Kopi dengan Inovasi dan Konsistensi Produk Premium yang Terjangkau

Jumat, 24 Januari 2025 - 18:22 WIB

Fore Coffee Pimpin Pasar Kopi dengan Inovasi dan Konsistensi Produk Premium yang Terjangkau

Jakarta-Fore Coffee, perusahaan F&B coffee chain premium affordable terkemuka di Indonesia, berkomitmen untuk terus berinovasi mengembangkan bisnis secara berkelanjutan, agar pertumbuhan perusahaan…