Sumbang Ratusan Ribu Tablet Azithromycin dan Chloroquine, Direktur Dexa Group: Ini Obat Keras Hanya Buat yang Sakit dan Donasi Ini Tidak Boleh Jatuh Ketangan Traders dan Diperjualbelikan

Oleh : Nata Kesuma | Rabu, 08 April 2020 - 12:46 WIB

Obat Kloroquin (foto - Antara)
Obat Kloroquin (foto - Antara)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat jumlah pasien terinfeksi COVID-19 di Indonesia hingga Selasa Sore 7 April 2020 mencapai 2.738 orang. 

Atas kondisi ini, Dexa Group yang merupakan salah satu industri farmasi terkemuka di Indonesia turut mengambil bagian sesuai dengan expertise dan bidangnya, untuk membantu pemerintah, dokter, tenaga medis, dan pasien yang terinfeksi COVID-19. 

"Saya mewakili Dexa Group yang turut prihatin atas situasi yang dialami negara kita. Untuk itu, Dexa Group juga terus mendukung pemerintah, apa yang bisa kita bantu sesuai dengan keahlian dan kemampuan kami sesuai dengan filosofi kami Expertise for the Promotion of Health, bersama dengan Badan POM," kata Commercial Director PT Dexa Medica V. Hery Sutanto melalui keterangan tertulisnya kepada Industry.co.id Rabu (8/4).

Menurut V. Hery, pemerintah telah mendorong Dexa Group sebagai perusahaan farmasi, untuk segera memproduksi obat-obatan yang dibutuhkan oleh pasien COVID 19. 

Karena itu, di tengah sulitnya bahan baku Hydroxychloroquine, atas dukungan dari pemerintah yakni Badan POM, Kementerian Kesehatan, Kementerian Luar Negeri, dan Kementerian Perindustrian, akhirnya bahan baku Hydroxychloroquine dapat didatangkan ke Indonesia dan diproduksi oleh PT Dexa Medica. 

Masih menurutnya, obat-obatan ini khususnya Hydrochloroquin dan Chhloroquin sangat ditunggu-tunggu oleh para dokter dan pasien Covid-19, bahan bakunya sangat sulit didapat, karena seluruh dunia juga berebut untuk mendapatkan bahan baku obat ini. 

"Kita bersyukur ditengah kelangkaan obat-obatan ini, Dexagroup bisa memberikan kontribusi kepada masyarakat Indonesia, terima kasih untuk upaya keras, dan perjuangan seluruh Dexan yang terlibat sejak awal untuk menghadirkan produk ini di Indonesia," jelas Hery. 

"Saat ini sebanyak 100.000 tablet obat Hydroxychloroquine 200 mg pada tahap pertama, telah siap disalurkan untuk kebutuhan hingga 5.000 pasien Covid-19 di Rumah Sakit Rujukan Covid-19 dan Rumah Sakit Pemerintah yang menangani pasien Covid-19 di Indonesia," tambahnya. 

Bersamaan dengan itu, Dexa Group juga akan mendonasikan Azithromycin sebagai obat antibiotik yang juga banyak digunakan untuk pasien COVID-19 bersamaan dengan Hydroxychloroquin. 

Sebanyak 50.000 tablet Azithromycin 500 mg telah disiapkan untuk kebutuhan hingga 5.000 pasien Covid-19 di Rumah Sakit Rujukan Covid-19 dan Rumah Sakit Pemerintah yang menangani pasien Covid-19 di Indonesia. 

Selanjutnya, Dexa Group juga akan mendonasikan sekitar 240.000 tablet Chloroquine 250 mg atau setara untuk kebutuhan 12.000 pasien COVID-19 di Rumah Sakit Rujukan Covid-19 dan Rumah Sakit Pemerintah yang menangani pasien Covid-19 di Indonesia. 

Apabila nantinya ada Rumah Sakit Swasta yang juga membutuhkan obat-obatan ini karena harus menangani pasien Covid-19, maka akan dilayani sesuai dengan prosedur biasa yang akan dikendalikan mekanisme dan kontrolnya agar bisa tepat sasaran, sesuai urgency kebutuhan yang ada. 

"Penting diketahui, obat-obatan ini adalah obat keras. Penggunaannya hanya untuk pasien yang sakit, bukan untuk pencegahan sehingga jangan sampai diperdagangkan di luar rumah sakit dan jatuh ke tangan traders, spekulan, ataupun pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab," tegas Hery. 

Dikatakannya, dengan pengawasan yang tepat, donasi obat ini juga diharapkan tidak diperdagangkan dengan harga tidak wajar untuk tujuan meraih keuntungan. 

"Donasi tersebut adalah sebagai wujud sumbangsih Dexa Group yang bergerak di bidang farmasi, yang memiliki expertise untuk bisa membantu pemerintah, juga masyarakat Indonesia yang saat ini sedang membutuhkan. Kami juga sudah mendonasikan APD kepada dokter-dokter di seluruh Indonesia dan para 
tenaga medis, serta menyuplai suplemen dan vitamin yang dibutuhkan oleh garda terdepan tenaga medis kita, termasuk donasi imunomodulator Stimuno dan Lycoxy," jelas V. Hery. 

Perlu diketahui, Dexa Group memberikan bantuan obat-obatan Hydroxychloroquine, Azithromycin dan Chloroquine kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, RS Rujukan, dan RS Pemerintah untuk kebutuhan pengobatan pasien COVID-19 di Indonesia. 

Selain obat-obatan, Dexagroup juga telah 
menyalurkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD), suplemen, dan vitamin bagi para dokter dan tenaga medis. 

Bantuan tersebut diterima langaung oleh Kepala Gugus Tugas BNPB, Doni Monardo. 

Selain Commercial Director PT Dexa Medica, V. Hery Sutanto, turut hadir dalam penyerahan bantuan tersebut Sales Director OGB-Zeta PT Dexa Medica Tarcisius Randy. Selain itu, hadir pula Kepala Badan POM RI Dr. Ir. Penny Kusumastuti Lukito MCP, beserta jajarannya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bahana TCW

Selasa, 16 April 2024 - 15:16 WIB

Berkinerja baik, Bahana ETF Bisnis 27 Diganjar Penghargaan sebagai Best ETF Indeks dalam Best Mutual Funds Award 2024

Masyarakat Indonesia telah familiar dengan berbagai jenis investasi termasuk reksa dana. Beberapa produk reksa dana yang secara umum hadir di tengah masyarakat Indonesia yakni reksa dana pasar…

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Selasa, 16 April 2024 - 14:03 WIB

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar kegiatan Halalbihalal di kantor Kementerian PUPR pada hari pertama masuk kantor usai Libur Idul Fitri 1445 H, Selasa (16/4/2024),…

Atasi Downtime, Simak Strategi Ini Agar Hybrid Meeting Berjalan Lancar

Selasa, 16 April 2024 - 13:53 WIB

Atasi Downtime, Simak Strategi Ini Agar Hybrid Meeting Berjalan Lancar

Penerapan sistem kerja hybrid di Indonesia semakin bertambah. Survei Logitech mengenai "Hybrid Work Trend & Insights Indonesia 2023" menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan (27%) dalam…

Xiaomi Ramadan Xtra

Selasa, 16 April 2024 - 10:48 WIB

Promo Ramadan Xtra Xiaomi Hadirkan Potongan Harga Hingga 800 Ribu Rupiah

Ramadan 2024 menjadi istimewa karena suasana telah kembali normal, memungkinkan setiap orang sepenuhnya mengabdikan diri pada ibadah, doa, serta memperkuat ikatan keluarga dan kerabat.

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Tinjau Arus Balik Lebaran 1445 H/2024

Selasa, 16 April 2024 - 10:12 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Tinjau Arus Balik Lebaran 1445 H/2024

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto bersama Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau pelaksanaan arus…