Janji Keadilan untuk Pak Ketua MA Baru

Oleh : Bambang Widjojanto | Selasa, 07 April 2020 - 21:00 WIB

Bambang Widjojanto: Aktivis Hak Azasi (Foto Dok Berita Satu)
Bambang Widjojanto: Aktivis Hak Azasi (Foto Dok Berita Satu)

INDUSTRY.co.id - 1.    Selamat dan sukses kepada DR. M. Syarifuddin yang sudah terpilih sebagai Ketua MA menggantikan DR M. Hatta Ali yang memasuki usia pensiun. 

2.         Semoga Ketua MA Baru mendapat barokah dan dimuliakan Ilahi karena menjalankan jabatannya dengan penuh amanah, sembari dihaturkan terima kasih pada Pak Hatta Ali atas seluruh pengabdiannya.

3.         Titip pesan untuk Ketua MA baru. Ada janji Pendiri Republik Indonesia yang masih terus menerus menjadi hutang yang harus segera dilunasi pada Rakyat sang Pemilik Daulat. Indonesia bukan sekedar negara hukum belaka tapi dia berpijak pada salah satu janji penting pendiri Republik untuk memajukan dan menegakan KEADILAN SOSIAL. 

4.         75 tahun lalu, janji Keadilan Sosial itu yang menjadi salah satu alasan penting, mengapa perlu dibentuk suatu pemerintahan Negara Indonesia. Indonesia tak’kan pernah ada atau belum menjadi Indonesia, jika keadilan sosial tidak ditegakan secara utuh dan paripurna.

5.         Pak Ketua MA, satu-satunya kosakata “MERDEKA”yang tersebut di dalam UUD 1945 hanya ada di dalam pasal yang mengatur Kekuasaan kehakiman (Pasal 24 ayat {1}). Suatu “… kekuasaan yang MERDEKA untuk menyelenggarakan peradilan guna menegakkan hukum dan KEADILAN”.

6.         Pasal di atas juga menegaskan MA sebagai salah satu kekuasaan kehakiman dituntut untuk menegakan HUKUM & KEADILAN, seiring dalam satu tarikan nafas sehingga seyogianya “tidak ada putusan hukum MA yang tidak berpijak pada nilai-nilai keadilan”. 

7.         Fakta juga menegaskan “Hukum dan Keadilan” bak air laut yang pasang-surut bergantian di sepanjang musim kekuasaan. Tugas mulia Ketua MA, memastikan agar air pasang Keadilan tak’kan pernah surut berkepanjangan agar ufuk harapan bukan khalayan.

8.         Layar telah terkembang, pantang surut biduk ke pantai, ke belakang; Pak Ketua MA Baru titip dengan sangat agar “…DILAN” terus berbilang, tak luluh dan runtuh lalu menghilang karena ditelan rakusnya kekuasaan.

9.         Selamat bekerja, semoga tetap jadi pejuang, terus sehat walau disegrap Covid19 serta berikhtiar untuk tetap tawadhu dan istiqomah karena itulah jalan menuju kemuliaan.

DR. Bambang Widjojanto:Pengamat Sosial

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Para pemudik lebaran yang hendak pulang kampung (ist)

Senin, 25 Mei 2020 - 07:08 WIB

Jubir COVID-19: Pemudik Jangan Kembali ke Jakarta Dulu

‚ÄúPahami, bahwa dalam situasi yang saat ini terjadi, kita tidak boleh menggunakan cara pikir, cara tindak, seperti situasi di masa-masa lalu. Inilah yang kemudian beberapa kali pemerintah,…

Perjalanan Bisnis Akim dari Penjual Nasi Liwet Ke Suplier Scrab

Senin, 25 Mei 2020 - 07:00 WIB

Perjalanan Bisnis Akim dari Penjual Nasi Liwet Ke Suplier Scrab

Semula Akim menekuni penjual nasi liwet, namun wanita asal Solo ingin meningkatkan penghasilan dengan mencoba peluang baru dibidang Suplier Scrab

Menkeu Sri Mulyani (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 25 Mei 2020 - 06:00 WIB

DRP Nilai Menkeu Sri Mulyani Tak Hormati Kesepakatan Politik

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berkirim surat kepada DPR RI untuk mengonsultasikan kebijakannya yang belakangan banyak dikritik kalangan legislator di Parlemen, terutama Komisi XI DPR…

Bintara Marinir Sidoarjo Tingkatkan Ketahanan Pangan dengan Teknik Hidroponik

Senin, 25 Mei 2020 - 04:00 WIB

Bintara Marinir Sidoarjo Tingkatkan Ketahanan Pangan dengan Teknik Hidroponik

Dalam rangka peningkatan ketahanan pangan, Bintara Tidur Dalam Yonif 3 Marinir bercocok tanam menggunakan teknik Hidroponik dan Aquaponik di Mess Bintara Yonif 3 Marinir Gedangan, Sidoarjo,…

Presiden Jokowi

Minggu, 24 Mei 2020 - 20:40 WIB

Presiden Jokowi: Jadikan Idul Fitri Momen Menjaga Kesatuan Bangsa

Presiden Joko Widodo mengatakan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1441H yang jatuh pada Minggu, 24 Mei 2020 merupakan momentum untuk menjaga kesatuan bangsa. Pernyataan ini disampaikan Presiden…