Ibunda Jokowi di Mata Mentan

Oleh : Wiyanto | Kamis, 26 Maret 2020 - 09:23 WIB

Sudjiatmi, Ibunda Jokowi, almarhumah saat bersama Mentan Syahrul Yasin Limpo
Sudjiatmi, Ibunda Jokowi, almarhumah saat bersama Mentan Syahrul Yasin Limpo

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Ibunda Presiden Joko Widodo, Sudjiatmi Notomiharjo wafat pada Rabu (25/3) sore di Rumah Sakit Tentara (RST), Solo, Jawa Tengah. Almarhum meninggal dalam kondisi sakit kanker yang dideritanya sejak empat tahun lalu. Duka ini merupakan duka bagi kabinet Indonesia maju dan seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo turut mengucapkan belasungkawa atas kepergian almarhumah yang wafat di usia 77 tahun. Menurut Mentan, almarhumah adalah sosok ibu bagi semua orang yang selalu bersikap ramah dan sederhana.

"Beliau tidak merasa siapa-siapa. Apa adanya. Sangat normatif. Beliau menjadi eyang, Juga ibu bagi semua orang," kenang Mentan, Kamis, (26/3/2020).

Mentan mengatakan, kesederhanaan almarhumah selalu terlihat ketika ia berkunjung ke rumahnya di Solo, Jawa Tengah. Di sana, almarhumah selalu berpenampilan bisa dan menyuguhkan makanan khas Jawa.

"Kalau kita ke rumahnya, selalu dijamu macam-macam makanan Jawa. Saya dan keluarga, termasuk dekat dengan almarhumah," katanya.

Mentan mengaku sangat kehilangan sosok ibu yang memiliki kelembutan dan kasih sayang yang luar biasa. Ibu yang menjadi tauladan dan panutan bagi semua orang.

"Beliau sosok ibu yang penuh kasih sayang pada semua orang. Saya kehilangan sosok yang baik. Sosok ibu, orang tua, yang patut diteladani," tutupnya.

Untuk diketahui, Sudjiatmi lahir pada 15 Februari 1943. Semasa hidup, almarhum menikah dengan Widjiatno Notomihardjo dan memilik empat anak. Presiden Jokowi adalah anak pertama dari pasangan suami istri ini. Jokowi lahir di Surakarta, Jawa Tengah pada tanggal 21 Juni 1961.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Puslatpurmar-3 Grati Laksanakan Program Ketahanan Pangan

Kamis, 09 April 2020 - 04:30 WIB

Puslatpurmar-3 Grati Laksanakan Program Ketahanan Pangan

Pusat Latihan Pertempuran-3 Grati (Puslatpurmar-3 Grati) melaksanakan program ketahanan pangan dalam rangka menghadapi pandemi Covid-19 di dalam Ksatrian Puslatpurmar-3 Grati dengan budidaya…

Prajurit Kostrad Bantu Proses Persalinan Mama Papua di Merauke

Kamis, 09 April 2020 - 04:20 WIB

Prajurit Kostrad Bantu Proses Persalinan Mama Papua di Merauke

Tengah malam tepatnya pukul 00.28 WIT, tangis kebahagiaan bercampur aduk menjadi satu, saat bayi mungil berjenis kelamin perempuan dilahirkan dengan normal oleh Ibu Theresia Ndiken (32 th).

Bank DKI (Foto Ist)

Kamis, 09 April 2020 - 04:02 WIB

Warga DKI Jakarta Diajak Berdonasi Melalui Bank DKI Peduli Dukung Penanganan Covid-19

Dalam rangka penanganan penyebaran Covid-19, Bank DKI mengajak seluruh masyarakat khususnya warga DKI Jakarta untuk berpartisipasi dengan menyalurkan bantuan melalui program Bank DKI Peduli…

Prajurit Yonmarhalan III Pertisipasi Sumbangkan Darah

Kamis, 09 April 2020 - 03:30 WIB

Prajurit Yonmarhalan III Pertisipasi Sumbangkan Darah

Membantu penambahan stok darah untuk kebutuhan transfusi darah / bantuan kemanusiaan prajurit Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) III dengan seluruh unsur Markas Komando Pangkalan…

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate

Kamis, 09 April 2020 - 03:25 WIB

Menteri Johnny Ungkap Ada 1.096 Isu Hoaks terkait Covid-19 yang Beredar di Facebook, Instagram, Twitter dan Youtube

“Hingga saat ini sudah ada total 1.096 isu hoaks terkait Covid-19 yang tersebar di platform Facebook, Instagram, Twitter dan Youtube," ungkap Menteri Johnny.