Selain Himbau Pekerja Jaga Kesehatan, Erwin Aksa Kadin Apresiasi Stimulus Ekonomi oleh Jokowi

Oleh : Candra Mata | Jumat, 20 Maret 2020 - 16:05 WIB

Erwin Aksa WKU KADIN Indonesia
Erwin Aksa WKU KADIN Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Presiden Joko Widodo beberapa saat lalu telah menghimbau kepada seluruh warga Indonesia untuk melakukan social distancing atau menjaga jarak sosial.

Alhasil ratusan perusahaan memberlakukan work from home atau bekerja dari rumah. Namun tidak sedikir pekerjaan yang tetap mengharuskan untuk hadir, konstruksi misalnya.

Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Bidang Konstruksi dan Infrastruktur, Erwin Aksa menghimbau kepada para pekerja yang tetap harus pergi bekerja untuk selalu mengutamakan keselamatan kerja, berhati-hati dan disiplin terhadap kesehatan masing-masing.

"Bagi para pekerja lapangan seperti bidang konstruksi, tenaga medis, kepolisian, TNI, pemadam kebakaran, dan mereka yang karena pekerjaan atau tugasnya diharuskan untuk pergi keluar rumah. Selalu utamakan keselamatan kerja dan lakukan prosedur kesehatan seperti tetap menjaga jarak dengan orang lain," ujar Erwin Aksa melalui keterangan tertulisnya kepada Industry.co.id (20/3).

Erwin Aksa yang pernah menjabat sebagai Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) periode 2008-2011 tersebut melanjutkan bahwa penggunaan masker kesehatan dan selalu mencuci tangan menggunakan hand sanitizer yang mengandung alkohol menjadi hal yang saat ini wajib untuk dilakukan.

"Salah satu bentuk disiplin terhadap kesehatan diri sendiri adalah selalu menggunakan masker kesehatan, tetap menjaga dan tidak melakukan kontak fisik dengan orang lain. Mencuci tangan dengan cairan pembersih tangan beralkohol juga merupakan sebuah keharusan, juga membawa hand sanitizer kemasan kecil untuk berjaga-jaga," tambahnya.

Makan makanan sehat, banyak minum air putih, dan mengonsumsi vitamin juga penting untuk menjaga tubuh tetap sehat. Erwin Aksa juga mengatakan bahwa kita harus tetap optimis. Disiplin melakukan himbauan dari pemerintah, menyemangati sesama, menjaga diri, dan terus berdoa kepada Tuhan YME.

"Negara-negara yang sudah pulih dari corona memiliki karakteristik yang optimis, mengikuti himbauan dari pemerintahnya, menjaga kesehatan diri sendiri, dan terus menyemangati satu sama lain. Berdoa dan beribadah menurut agama dan kepercayaan masing-masing juga tidak boleh terlewat. Percayalah Indonesia akan menang melawan wabah corona atau COVID-19 ini. Kita harus tetap solid dan bersatu menghadapi wabah ini," lanjutnya.

Terakhir, Erwin Aksa menyampaikan apresiasinya kepada Presiden Joko Widodo dan pemerintah Indonesia atas kebijakan stimulus ekonomi guna menjaga stabilitas ekonomi Indonesia di tengah pandemi global imbas wabah COVID-19.

"Tidak hanya di Indonesia, iklim ekonomi dunia sedang mengalami penurunan imbas COVID-19. Indonesia harus fokus terhadap stabilitas ekonomi, terutama pada kelompok terdampak seperti UMKM dan sektor informal dengan mempersiapkan kebijakan stimulus ekonomi," tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi pembayaran menggunakan PayLater

Kamis, 18 April 2024 - 17:39 WIB

Pinjol dan Paylater Marak, Perbankan Perlu Ubah Strategi Agar Kredit Mudah Diakses

Laporan terbaru dari Bank Indonesia (BI) tentang kredit nasional dalam Hasil Rapat Dewan Gubernur bulan Maret 2024 mengungkapkan adanya pertumbuhan kredit pada sektor perbankan sebesar 11,28%…

Kawasan Labuan Bajo – Tanamori

Kamis, 18 April 2024 - 17:23 WIB

Kabar dari Labuan Bajo! Pemda Mabar Rencanakan Pembangunan Poltekpar Negeri, Upaya Pemerintah Tingkatkan SDM Unggul

Labuan Bajo-Dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Destinasi Pariwisata Super Prioritas Labuan Bajo Flores, Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat bersama Badan Pelaksana…

Iluastrasi Investasi-images IST

Kamis, 18 April 2024 - 17:21 WIB

Catat! Ini 5 Tipe Investasi yang Cocok Berdasarkan Karakter

Investasi bisa menjadi salah satu cara untuk mewujudkan mimpi di masa depan. Namun dengan banyaknya pilihan investasi saat ini, perlu diingat bahwa setiap instrumen investasi memiliki keuntungan…

Allianz Life dan HSBC Indonesia Luncurkan Premier Legacy Assurance

Kamis, 18 April 2024 - 17:08 WIB

Allianz Life dan HSBC Indonesia Luncurkan Premier Legacy Assurance, Solusi Warisan Finansial Keluarga

PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) dan PT Bank HSBC Indonesia (Bank HSBC) kembali memperkuat kemitraan dan kanal distribusi bancassurance melalui peluncuran produk perlindungan…

Pameran umkm BNI di Singapura

Kamis, 18 April 2024 - 16:59 WIB

BNI Dukung UMKM Tembus Pasar Singapura di Pameran Indonesia in SG

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung UMKM Indonesia untuk go global.