BCA Kembali Gelar Seminar Edukasi Nasabah Tentang Kiriman Valuta Asing

Oleh : Herry Barus | Jumat, 28 Februari 2020 - 11:45 WIB

BCA (Foto Dok Industry.co.id)
BCA (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta-  PT Bank Central Asia Tbk (BCA) senantiasa menjaga komitmen untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan melalui berbagai pilihan solusi perbankan untuk nasabah, tidak terkecuali layanan transfer valuta asing (valas).

Selain terus berupaya untuk mengembangkan layanan transfer valas, BCA juga turut aktif mendukung kebijakan pemerintah terkait sistem pemantauan kegiatan ekspor impor serta penggunaan mata uang lokal dalam perdagangan bilateral.

Acara Seminar Remittance 2020 dibuka oleh Direktur Rudy Susanto, Senior Executive Vice President Branko Windoe, dan Kepala Divisi Perbankan Internasional Edmund Tondobala di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Selasa (25/02/2020).

Topik utama yang diangkat adalah Peraturan Bank Indonesia terbaru tentang Devisa Hasil Ekspor dan Pembayaran Impor, yang disampaikan langsung oleh Aldrina Kusuma Sarie selaku Asisten Direktur dan Sondang Marsinta Uli, Manager Departemen Pengelolaan dan Kepatuhan Laporan Bank Indonesia. Turut hadir pula sebagai pembicara membahas kebijakan penggunaan mata uang lokal untuk transaksi perdagangan bilateral dengan negara lain, Asisten Direktur Departemen Pengembangan Pasar Keuangan Bank Indonesia Indra Gunawan Sutarto.

Kementerian Keuangan dan Bank Indonesia sebelumnya telah menyepakati kerja sama pemanfaatan dan pemantauan yang terintegrasi atas data devisa terkait kegiatan ekspor dan impor melalui Sistem Informasi Monitoring Devisa Terintegrasi Seketika (SiMoDIS). Aldrina mengungkapkan, kebijakan pemerintah terkait pengawasan hasil ekspor dan impor merupakan hal yang perlu didukung, mengingat devisa hasil ekspor dan impor dapat menjadi sumber dana yang berkesinambungan bagi pembangunan ekonomi nasional.

Sementara Local Currency Settlement (LCS) atau kebijakan transaksi perdagangan menggunakan mata uang lokal merupakan upaya memperkuat nilai tukar rupiah karena pelaku bisnis tidak perlu lagi mengkonversi dengan mata uang dollar untuk melakukan transaksi perdagangan internasional. Indra menuturkan bahwa selain Malaysia dan Thailand yang sudah menjadi mitra untuk transaksi LCS, Bank Indonesia kedepannya akan mengembangkan kerjasama dengan beberapa negara lain seperti Jepang, Korea, China, Filipina, dan India.

Masih dalam semarak ulang tahun yang ke 63, BCA meluncurkan sebuah layanan transfer valas terbaru yaitu BCA Full Payment. Layanan ini memberikan keuntungan bagi nasabah yang akan melakukan transfer valas ke Negara asalnya dengan biaya ringan dan diterima dalam jumlah utuh oleh penerima. Layanan BCA Full Payment memberikan promo gratis biaya telex selama periode 21 Februari sampai 31 Mei 2020.

 

Transaksi valas di BCA juga didukung oleh aplikasi J-Valas, yang dapat digunakan oleh nasabah untuk melakukan transaksi jual beli valas secara online, berinteraksi dan melakukan transaksi dengan dealer melalui sarana chat dan memperoleh nilai tukar yang kompetitif. Klik BCA Bisnis dan fitur-fiturnya juga dihadirkan untuk mendukung era digitalisasi sehingga nasabah dapat melakukan transaksi perbankan, termasuk transfer valas melalui sarana e-channel.

 

“Diharapkan dengan adanya solusi perbankan yang BCA tawarkan dapat mendukung pemerintah serta memberikan nilai tambah kepada nasabah serta masyarakat umum dalam kegiatan pengiriman valas, tutup Branko Windoe.

Seminar Remittance 2020 – (kiri ke kanan) Senior Vice President International Banking BCA Tjoe Henny, Asisten Direktur Departemen Pengelolaan dan Kepatuhan Laporan Bank Indonesia Aldrina Kusuma Sarie, Manager Departemen Pengelolaan dan Kepatuhan Laporan Bank Indonesia Sondang Marsinta Uli usai pelaksanaan Seminar Remittance 2020 di Jakarta, Selasa (25/02). Topik utama yang diangkat adalah Peraturan Bank Indonesia terbaru tentang Devisa Hasil Ekspor dan Pembayaran Impor, yang disampaikan langsung oleh Aldrina Kusuma Sarie dan Sondang Marsinta Uli dari Bank Indonesia. 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…

Tupperware luncurkan 3 Produk Baru, One Touch Fresh Rectangular, Supersonic Chopper Tall dan Black Series.

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:47 WIB

Tupperware Luncurkan 3 Produk Baru Untuk Meriahkan Ramadan

Sebagai Premium Housewares Solutions nomor 1 di Indonesia, Tupperware kembali menghadirkan produk terbaru untuk menemani keluarga Indonesia menyambut Ramadan di tahun ini.

Berkolaborasi Wujudkan Mudik Sehat dan Aman

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:45 WIB

Berkolaborasi Wujudkan Mudik Sehat dan Aman

Jakarta - Koordinasi dan kolaborasi lintas sektoral serta sosialisasi kebijakan yang masif menjadi kunci keberhasilan mudik sehat dan aman. Hal ini penting dilakukan mengingat jumlah pemudik…