Buba Soul Temukan Cara Kekinian Berikan Nilai Tambah Rempah-Rempah Indonesia

Oleh : Herry Barus | Jumat, 28 Februari 2020 - 15:00 WIB

Buba Soul Temukan Cara Kekinian Berikan Nilai Tambah Rempah-Rempah Indonesia
Buba Soul Temukan Cara Kekinian Berikan Nilai Tambah Rempah-Rempah Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta- – Siapa yang tidak mengenal bubble drink? Minuman dengan topping bola-bola kenyal atau biasa disebut boba ini sedang nge-hits di kalangan anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Gerai-gerai minuman ini pun dengan mudah dijumpai di mall-mall hingga di daerah perumahan.

Namun berdasarkan penelitian dan pengamatan, kalori dalam segelas bubble drink bisa mencapai 600-800 kalori akibat tingginya gula dan lemak, dan juga mengandung bahan-bahan tambahan yang tidak alami. Dampak lingkungan dari industri bubble drink juga amat mengkhawatirkan karena banyaknya limbah plastik dari kemasan yang digunakan.

Melihat hal ini, PT Buba Prima Svastarini, perusahaan startup yang bergerak di bidang F&B, berinisiatif untuk membuat gebrakan baru dengan memproduksi bubble drink yang bertanggung jawab dari segi nutrisi dan lingkungan.

Melalui berbagai penelitian dan eksperimen, PT Buba Prima Svastarini meluncurkan bubble drink yang mendukung gaya hidup sehat dengan merek Buba Soul dan membuka gerai pertamanya di FX Sudirman, Jakarta.

Sangat berbeda dengan bubble drink lainnya, Buba Soul memakai bahan alami dan rempah-rempah dari berbagai daerah di Indonesia seperti teh, kopi, coklat, kunyit, temulawak, jahe, kayu manis, sereh dan sebagainya yang diracik menjadi minuman kekinian dengan rasa yang enak. Kalorinya pun relatif rendah yaitu sekitar 100-300 kalori karena memakai pemanis alami seperti gula aren dan madu organik.

Buba Soul hadir dengan tampilan warna-warni minuman yang menggugah selera dengan berbagai varian rasa yang belum pernah ada sebelumnya seperti Golden Turmeric (kunyit susu), Royale Rosela, Butterfly Pea Flower (kembang telang), Curcuma Lemonade (temulawak), dan lainnya.

Ir Dewi Rotua Silalahi MM, Komisaris/ Co-founder PT Buba Prima Svastarini mengatakan, “Indonesia adalah negara dengan keanekaragaman hayati terbesar ke-2 di dunia dimana ditemukan sekitar 30.000 jenis tumbuhan asli yang memiliki khasiat untuk kesehatan, namun baru sekitar 5 persen yang dipakai di industri besar. Oleh karena itu, melalui Buba Soul, kami berkomitmen untuk mendukung petani lokal dan mengembalikan kejayaan rempah-rempah asli Indonesia sehingga meningkatkan daya saing hasil pertanian atau perkebunan dengan mengubah komoditas menjadi produk gaya hidup masa kini yang memiliki nilai tambah.” Ir Isabella Silalahi,

CEO/ Co-founder PT Buba Prima Svastarini menambahkan, “Kami memprioritaskan bisnis berkesinambungan yang memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan, bukan semata-mata demi keuntungan. Kami juga ingin mendukung program pemerintah untuk meningkatkan nilai tambah rempah-rempah Indonesia dengan mengolah berbagai jenis rempah-rempah ini menjadi minuman kekinian yang dapat dinikmati oleh anak-anak, remaja hingga dewasa.”

Tidak main-main, PT Buba Prima Svastarini juga bekerja sama dengan ahli gizi dan kesehatan serta tim yang kompeten dalam F&B dan berpengalaman mengelola keanekaragaman hayati Indonesia agar dapat menghasilkan minuman yang mendukung gaya hidup sehat. Bahan baku alami dan organik Buba Soul didapat dari seluruh Indonesia yang ditanam oleh koperasi milik keluarga yang dipimpin oleh seorang wanita Indonesia.

Selain itu, Buba Soul juga menggunakan kemasan yang ramah lingkungan (biodegradable dan compostable) dan mengurangi penggunaan plastik sekali pakai. Hal ini menjadikan Buba Soul sebagai pioneer dalam menggerakan industri bubble drink yang bertanggung jawab untuk kesehatan dan lingkungan.

Dengan penggunaan bahan-bahan alami berkualitas tinggi, minuman Buba Soul dipastikan aman untuk dikonsumsi oleh berbagai kalangan usia dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu Rp25.000 – Rp45.000 per gelas.

Konsumen juga dapat menambahkan pilihan topping sesuai selera seperti boba atau pearl, nata de coco, dan aloe vera. Gerai Buba Soul yang berlokasi di f2, FX Sudirman, Senayan, Jakarta Selatan, tidak hanya menawarkan minuman, tetapi juga makanan ringan yang cocok dinikmati bersama dengan manisnya minuman Buba Soul.

Dengan kapasitas tempat duduk yang dapat menampung hingga 35 orang serta dengan desain yang instagramable, gerai Buba Soul dapat dijadikan pilihan tempat hang-out atau tempat untuk bekerja (co-working café) karena gerai ini dilengkapi dengan fasilitas internet gratis.

Ke depannya, PT Buba Prima Svastarini berharap Buba Soul akan diminati masyarakat yang mendukung gaya hidup sehat. Selain itu, juga untuk terus membantu memajukan usaha petani lokal, masyarakat pedesaan terutama perempuan, serta mendemostrasikan industri bubble drink yang bertanggung jawab pada lingkungan dengan mengurangi limbah plastik.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Prabowo dan Gibran (foto Istimewa)

Rabu, 24 April 2024 - 13:06 WIB

KPU: Prabowo-Gibran, Presiden & Wapres Terpilih

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka secara sah dan resmi ditetapkan sebagai pasangan Presiden dan Wakil Presiden RI untuk Tahun 2024-2029. Ketetapan tersebut disampaikan langsung oleh…

Ketua MPR RI Dukung Fashion Show 'Keindahan Karya Kain Tenun dan Batik Ku Indonesia' di Italia

Rabu, 24 April 2024 - 13:00 WIB

Ketua MPR RI Dukung Fashion Show 'Keindahan Karya Kain Tenun dan Batik Ku Indonesia' di Italia

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mendukung rencana pagelaran fashion show, 'Keindahan Karya Kain. Tenun dan Batik Ku Indonesia', oleh Dian Natalia Assamady.…

Edukasi Keuangan Pegadaian

Rabu, 24 April 2024 - 11:33 WIB

Peringati Hari Kartini, PT Pegadaian Laksanakan Kegiatan Edukasi Keuangan Perempuan

Dalam rangka memperingati Hari Kartini, PT Pegadaian dukung Kegiatan Edukasi Keuangan bertema "Perempuan Cerdas Keuangan, Perempuan Indonesia Hebat" yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan…

RUPST Astragraphia 2024

Rabu, 24 April 2024 - 11:19 WIB

Meningkat 45%, Astragraphia Bukukan Laba Bersih Sebesar Rp141 Miliar

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Astra Graphia Tbk (Astragraphia) yang dilaksanakan pada Selasa (23/4/2024) menyetujui pembagian dividen kepada pemegang saham sebesar 45% dari total…

Ketua MPR RI Apresiasi 18 Pengurus IMI Terpilih Sebagai Anggota Legislatif

Rabu, 24 April 2024 - 11:11 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi 18 Pengurus IMI Terpilih Sebagai Anggota Legislatif

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengungkapkan, dalam kontestasi Pemilu Legislatif 2024, enam Ketua IMI Provinsi…