63 Tahun Perjalanan PT Astra Internasional Tbk Berbakti bagi Negeri

Oleh : Candra Mata | Jumat, 21 Februari 2020 - 22:43 WIB

63 tahun astra berkarya bagi negeri
63 tahun astra berkarya bagi negeri

INDUSTRY co.idJakarta, PT Astra International Tbk didirikan di Jakarta pada tahun 1957 sebagai sebuah perusahaan perdagangan umum dengan nama awal Astra International Inc. 

Pada tahun 1990, Astra memulai wajah baru dan merubah namanya seiring penawaran umum perdana saham dan pencatatan saham Perseroan di Bursa Efek Indonesia. 

Ya, PT Astra International Tbk, nama yang hingga kini dikenal sebagai salah satu perusahaan paling prominen di Indonesia yang telah mengembangkan aneka bisnis mulai dari hulu hingga ke hilir dengan berbagai macam diversifikasinya. 

Sekurangnya ada tujuh segmen bisnis inti yang dimiliki perseroan, yakni Otomotif, Jasa Keuangan, Alat Berat, Pertambangan, Konstruksi & Energi, Agribisnis, Infrastruktur dan Logistik, Teknologi Informasi dan Properti.

Usaha tersebut tersebar ke seluruh pelosok negeri, dan dikelola oleh 235 anak perusahaan dengan menyerap sekurangnya 226.105 tenaga kerja. 

Suksesnya Astra membangun reputasi yang kuat, tak lepas dari produk dan layanannya yang berkualitas, dan ditopang oleh ciamiknya menajemen dalam tata kelola perusahaan serta tata kelola lingkungan yang baik. 

Dengan berbagai kontribusinya, Astra memang layak disebut sebagai aset nasional. 

Dalam satu kesempatan di Jakarta,  Presiden Direktur Astra Prijono Sugiarto mengemukakan bahwa Astra senantiasa berusaha menjadi perusahaan kebanggaan bangsa dengan menerapkan tiga strategi. 

Yakni, produk dan layanan karya anak bangsa, sumber daya manusia Astra yang unggul serta kontribusi sosial yang berkelanjutan bagi bangsa dan negara yang selama ini dijalankan.

“Saya percaya dengan tekad yang kuat serta kerja keras dan kerja cerdas, kami akan melampaui semua tantangan yang ada dan terus mengembangkan Astra,” tutur Prijono.

Namun tak melulu soal bisnis, Astra juga memiliki sumbangsih non-bisnis yang di jalankan oleh 9 yayasan binaanya. 

Adalah Astra Untuk Indonesia Sehat, Astra Untuk Indonesia Cerdas, Astra Untuk Indonesia Hijau dan Astra Untuk Indonesia Kreatif.

Selain itu, ada nama gerakan nirlaba Astra lainnya yang tidak kalah menterengnya, yakni SATU Indonesia Awards yang telah dirintis satu dasawarsa dan telah mengapresiasi 305 anak muda Indonesia.  

Tercatat ada 59 penerima SATU indonesia awards tingkat nasional dan 246 penerima tingkat provinsi di lima bidang, yakni Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, Kewirausahaan, dan Teknologi. 

Para penerima apresiasi tersebut saat ini telah dikolaborasikan oleh Astra dengan 87 Kampung Berseri Astra dan 645 Desa Sejahtera Astra di 34 provinsi di seluruh Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…

Adi Nugroho, Praktisi HRD, Mahasiswa Magister Fakultas Management Technology President University.

Kamis, 25 April 2024 - 19:40 WIB

Anda Lulusan SMK : Penting Untuk Memiliki Strategi 'Memasarkan' Diri

Perkembangan teknologi dan komunikasi telah membawa manusia pada era industry 4.0. Perkembangan tersebut membawa perubahan disetiap lini kehidupan termasuk di ranah Pendidikan dan industri.…

Diskusi bertajuk Tuntutan Implementasi Bisnis Properti & Pembiayaan Hijau (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 19:33 WIB

Kian Prospektif, Stakeholder Harap Insentif Properti Hijau

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya mendorong konsep bisnis berkelanjutan di sektor properti termasuk sektor pembiayaannya.

Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan

Kamis, 25 April 2024 - 17:21 WIB

Pegadaian Catat Laba Rp.1,4 T di Kuartal I/2024

PT Pegadaian mencatat kinerja positif pada periode tiga bulan pertama di Tahun 2024. Tercatat pertumbuhan Aset sebesar 14,3% yoy dari Rp. 76,1 triliun naik menjadi Rp. 87 triliun. Kemudian Outstanding…

PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 16:19 WIB

Jasindo Salurkan Bantuan TJSL untuk Mendukung Perekonomian Masyarakat

PT Asuransi Jasa Indonesia atau Asuransi Jasindo menyalurkan bantuan Tanggung jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kepada masyarakat di berbagai daerah di Indonesia selama periode Q1 tahun 2024.…