Pesawat Baru Boeing 777X Sukses Menyelesaikan Penerbangan Perdana

Oleh : Krishna Anindyo | Selasa, 28 Januari 2020 - 20:35 WIB

Boeing 777X Sukses Terbang Perdana
Boeing 777X Sukses Terbang Perdana

INDUSTRY.co.id - Seattle - Pesawat jet penumpang baru Boeing 777X telah melakukan penerbangan perdana, dan akan memasuki fase berikutnya dalam program uji terbang yang sangat ketat. Berdasarkan popularitas pesawat 777 dan dengan teknologi pesawat 777 Dreamliner yang telah teruji.

Pesawat 777X terbang di hadapan ribuan orang di Lapangan Udara Paine di Everett, Washington, pada pukul 10:09 a.m. waktu setempat dan terbang selama 3 jam dan 51 menit di atas negara bagian Washington sebelum mendarat di Lapangan Udara Boeing di Seattle.

“Pesawat 777X terbang dengan sangat indah, dan uji terbang hari ini telah berlangsung sangat produktif,’’ kata Kapten Van Chaney, Kepala Pilot, Boeing Test & Evaluation. “Terima kasih kepada semua tim yang memungkinkan penerbangan berjalan lancar. Saya tidak sabar untuk menerbangkan pesawat Anda lagi.’’

Kapten Chaney dan Kepala Pilot Craig Bomben menjalankan rangkaian rencana uji terbang yang detail pada sistem dan struktur pesawat, sementara tim pengujian di Seattle memonitor data secara aktual.

“Tim Boeing kami telah membangun dari pesawat jet lorong ganda yang paling sukses sepanjang masa dan membuatnya menjadi lebih efisien, dengan kemampuan dan kenyamanan yang lebih baik bagi semua,’’ ujar Stan Deal, presiden dan CEO, Boeing Commercial Airplanes.

“Penerbangan perdana pesawat 777X yang berlangsung aman merupakan tribut atas kerja keras selama bertahun-tahun dan dedikasi dari semua rekan kerja kami, para supplier kami, dan para mitra komunitas kami di negara bagian Washington dan di seluruh dunia.’’

Pesawat 777-9 pertama dari empat pesawat yang didedikasikan untuk menjalani uji terbang, WH001 akan melalui pemeriksaan sebelum melanjutkan pengujian pada beberapa hari ke depan. Armada uji terbang, yang mulai melalui uji darat di Everett pada tahun lalu, akan melalui rangkaian uji yang komprehensif dan kondisi di darat dan udara pada beberapa bulan mendatang untuk menunjukkan keselamatan dan keandalan desainnya.

Boeing berencana untuk mengirim pesawat 777X pertamanya pada tahun 2021. Program ini telah mendapatkan 340 pesanan dan komitmen dari maskapai terdepan di seluruh dunia, termasuk ANA, British Airways, Cathay Pacific Airways, Emirates, Etihad Airways, Lufthansa, Qatar Airways dan Singapore Airlines. Sejak diluncurkan pada tahun 2013, keluarga pesawat 777X telah mengalahkan pesaingnya dengan rasio hampir 2 banding 1. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Satgas Pamtas Yonif 12KC Bantu Warga Distrik Senggi Papua Panen Padi

Rabu, 06 Juli 2022 - 04:00 WIB

Satgas Pamtas Yonif 12KC Bantu Warga Distrik Senggi Papua Panen Padi

Mendukung ketahanan pangan di perbatasan, Satgas Pamtas Yonif 126/KC Pos Batom membantu masyarakat memanen padi di Kampung Batom, Distrik Batom, Kabupaten Pegunungan Bintang.

Mata uang Rupiah (Foto Ist)

Selasa, 05 Juli 2022 - 23:40 WIB

Satgas BLBI Diharapkan Optimalkan Hak Tagih

Pengamat Kebijakan Publik, Lutfi Hakim menyatakan, akuntabilitas kerja satgas adalah hak publik, hal itu lantaran baillout bank-bank jaman itu merupakan tanggungan negara yang dampaknya masih…

Nasabah ASABRI

Selasa, 05 Juli 2022 - 21:47 WIB

Peserta Pensiun Lapor SPTB via ASABRI Mobile

PT ASABRI (Persero) adalah BUMN yang mengelola asuransi sosial Prajurit TNI, Anggota Polri dan PNS Kemhan/Polri, yang menjalankan programnya berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 102 Tahun…

Ketua BAZNAS RI, Prof Dr KH Noor Achmad MA.

Selasa, 05 Juli 2022 - 20:19 WIB

BAZNAS: Potensi Ekonomi Kurban 2022 Capai Rp31,6 Triliun

Jakarta-Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menyebutkan potensi ekonomi kurban tahun 2022 mencapai Rp31,6 triliun, atau meningkat 74 persen dari potensi tahun 2021.

Willy Anwar, Co-founder dari Transporta

Selasa, 05 Juli 2022 - 20:08 WIB

Transporta Terpilih untuk Mengikuti Program Inkubasi Startup Studio Indonesia Batch

Jakarta-Transporta, perusahaan startup teknologi di Indonesia, terpilih menjadi salah satu dari 15 perusahaan startup untuk berpartisipasi dalam Startup Studio Indonesia Batch 4 setelah melewati…