Pesawat Baru Boeing 777X Sukses Menyelesaikan Penerbangan Perdana

Oleh : Krishna Anindyo | Selasa, 28 Januari 2020 - 20:35 WIB

Boeing 777X Sukses Terbang Perdana
Boeing 777X Sukses Terbang Perdana

INDUSTRY.co.id - Seattle - Pesawat jet penumpang baru Boeing 777X telah melakukan penerbangan perdana, dan akan memasuki fase berikutnya dalam program uji terbang yang sangat ketat. Berdasarkan popularitas pesawat 777 dan dengan teknologi pesawat 777 Dreamliner yang telah teruji.

Pesawat 777X terbang di hadapan ribuan orang di Lapangan Udara Paine di Everett, Washington, pada pukul 10:09 a.m. waktu setempat dan terbang selama 3 jam dan 51 menit di atas negara bagian Washington sebelum mendarat di Lapangan Udara Boeing di Seattle.

“Pesawat 777X terbang dengan sangat indah, dan uji terbang hari ini telah berlangsung sangat produktif,’’ kata Kapten Van Chaney, Kepala Pilot, Boeing Test & Evaluation. “Terima kasih kepada semua tim yang memungkinkan penerbangan berjalan lancar. Saya tidak sabar untuk menerbangkan pesawat Anda lagi.’’

Kapten Chaney dan Kepala Pilot Craig Bomben menjalankan rangkaian rencana uji terbang yang detail pada sistem dan struktur pesawat, sementara tim pengujian di Seattle memonitor data secara aktual.

“Tim Boeing kami telah membangun dari pesawat jet lorong ganda yang paling sukses sepanjang masa dan membuatnya menjadi lebih efisien, dengan kemampuan dan kenyamanan yang lebih baik bagi semua,’’ ujar Stan Deal, presiden dan CEO, Boeing Commercial Airplanes.

“Penerbangan perdana pesawat 777X yang berlangsung aman merupakan tribut atas kerja keras selama bertahun-tahun dan dedikasi dari semua rekan kerja kami, para supplier kami, dan para mitra komunitas kami di negara bagian Washington dan di seluruh dunia.’’

Pesawat 777-9 pertama dari empat pesawat yang didedikasikan untuk menjalani uji terbang, WH001 akan melalui pemeriksaan sebelum melanjutkan pengujian pada beberapa hari ke depan. Armada uji terbang, yang mulai melalui uji darat di Everett pada tahun lalu, akan melalui rangkaian uji yang komprehensif dan kondisi di darat dan udara pada beberapa bulan mendatang untuk menunjukkan keselamatan dan keandalan desainnya.

Boeing berencana untuk mengirim pesawat 777X pertamanya pada tahun 2021. Program ini telah mendapatkan 340 pesanan dan komitmen dari maskapai terdepan di seluruh dunia, termasuk ANA, British Airways, Cathay Pacific Airways, Emirates, Etihad Airways, Lufthansa, Qatar Airways dan Singapore Airlines. Sejak diluncurkan pada tahun 2013, keluarga pesawat 777X telah mengalahkan pesaingnya dengan rasio hampir 2 banding 1. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita ketika menghadiri peresmian fasilitas produksi viscose rayon PT Asia Pacific Rayon (APR) di Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Riau

Jumat, 21 Februari 2020 - 20:30 WIB

Bahan Baku Terpenuhi, Menperin Genjot Industri TPT Nasional

Industri tekstil dan produk tesktil (TPT) diyakini akan semakin tumbuh berkembang dengan ketersediaan bahan baku dari dalam negeri.

Samsung Galaxy Z Flip

Jumat, 21 Februari 2020 - 19:29 WIB

Samsung Kenalkan Smartphone Layar Lipat Terbaru, Galaxy Z Flip

Saat dilipat, Galaxy Z Flip tampil nyaman dalam genggaman, serta mudah disimpan. Ketika dibuka, layar berukuran hampir dua kali lipat – menampilkan layar 6.7 inci.

Kerjasama Penyediaan Produk Beton dan Jasa Konstruksi untuk Pembangunan dan Pemeliharaan Bangunan serta Fasilitas Pendukung di Area Bandara

Jumat, 21 Februari 2020 - 19:22 WIB

Angkasa Pura Properti dan Waskita Beton PrecastTandatangani Kerjasama Pembangunan dan Pemeliharaan Area Bandara

Jakarta-Sinergi anak usaha BUMN dalam pembangunan dan pemeliharaan area bandar udara dilakukan oleh PT Angkasa Pura Properti, anak usaha dari pengelola bandara PT Angkasa Pura I (Persero), dan…

realme C3

Jumat, 21 Februari 2020 - 19:07 WIB

realme Resmi Meluncurkan realme C3 Triple Camera Game Monster di Indonesia

realme C3 menghadirkan pengaturan kamera belakang 12MP + 2MP + 2MP. Kamera utama 12MP-nya memiliki aperture besar F/1.8 dan ukuran piksel 1,25μm yang besar. Konfigurasi kamera tersebut dapat…

Pelajar diedukasi pembasmian hama tanaman

Jumat, 21 Februari 2020 - 18:45 WIB

Kementan Giat Pengendalian Ulat Grayak Frugiperda

Kementan terus lakukan upaya pengendalian Ulat Grayak Frugiperda (UGF) dengan pendampingan Gerakan Pengendalian (Gerdal) bersama seluruh instansi terkait.