Sepeda Listrik Murah Menjamur, Waspada Penipuan

Oleh : Wiyanto | Jumat, 24 Januari 2020 - 17:03 WIB

Ilustrasi penipuan
Ilustrasi penipuan

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Transaksi penipuan online seakan tak pernah henti dilakukan. Berbagai cara dan modus dilakukan untuk meraih keuntungan besar, meskipun ada ancaman pidana yang siap menjerat para pelaku.

Ibu Rumah Tangga (IRT), Leha memesan di akun Instagram sepedalistrik_id dengan nama Selis (sepeda listrik). Di akun diunggah berbagai macam sepeda listrik varian model dengan harga yang sangat jauh di bawah kisaran normal.

Akun ini menampilkan berbagai unggahan foto dengan para konsumen yang seolah-olah menerima langsung sepeda listrik itu di rumahnya. Tak cukup sampai disitu, akan ini juga mengunggah testimoni bersama konsumen yang merasakan kepuasan dari pembelian barang tersebut.

Nahas, transaksi sepeda listrik ini ternyata berkedok penipuan dengan iming-iming harga murah. Salah satunya dialami Ibu Rumah Tangga (IRT), Leha yang tergiur dengan harga sepeda listrik sangat jauh di atas harga normal.

"Begitu tahu harganya dibawah satu juta, saya langsung mentransfer ke nomor rekening yang dia kirim," kata Leha dalam keterangannya, Jumat (24/1/2020).

Selang satu hari dari waktu yang dijanjikan, barang tak kunjung tiba. Tak lama, jelas Leha, ada nomor whatsapp masuk yang mengatasnamakan pejabat Bea Cukai dan menyatakan barang tersebut ilegal serta ditahan oleh Bea Cukai.

"Sontak, saya langsung konfirmasi ke kawan di Bea Cukai dong, tahunya itu penipuan dan foto tersebut sering dipakai oknum untuk mengelabui korbannya," ujar Leha, geram.

Kasubdit Komunikasi Bea Cukai, Deni Surjantoro menyatakan, transaksi seperti yang dialami Leha merupakan penipuan yang mengatasnamakan Bea Cukai untuk kesekian kalinya. "Iya, itu sudah jelas penipuan," kata Deni, saat dihubungi, Jumat.

Adapun langkah Bea Cukai, jelas dia, yaitu melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar aware dan tidak mudah tertipu. Melalui laman resmi dan kanal media sosialnya, Bea Cukai terus memublikasikan agar masyarakat waspada terhadap penipuan yang mengatasnamakan Bea Cukai, apalagi banyak menggunakan foto profil dari pejabat-pejabat Bea Cukai.

"Nah, himbauan kepada masyarakat, kalaupun ada yang mencoba melakukan itu, ada contact center kami di 1500 225, itu 24 jam. Silakan bertanya dulu untuk mengkonfirmasi ke contact center, sehingga menjadi jelas nanti untuk menindaklanjuti penipuan itu," ujarnya.

Dalam menindaklanjuti pelaporan masyarakat, Bea Cukai melakukan penelitian dan analisa secara mandiri untuk selanjutnya diproses bersama aparat penegak hukum dari kepolisian. Dia mengimbau masyarakat yang menjadi korban untuk tidak segan melapor kepada Bea Cukai dan pihak kepolisian untuk membuat Laporan Polisi (LP).

"Kita proses terus dengan aparat hukum lain, karena delik ini adalah masyarakat yang dirugikan oleh seseorang dan menjadi korban. Jadi sebenarnya kita pun korban ya, karena foto kita dipakai untuk menipu seperti itu," kata Deni.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Pengemudi Gojek (Foto: Serba Gojek)

Senin, 06 April 2020 - 15:05 WIB

Dilarang Angkut Penumpang Selama Masa PSBB, Pengemudi Ojol Desak Pemerintah Berikan Kompensasi Penghasilan Rp100 Ribu per Hari

Pemerintah bakal melarang transportasi daring, khususnya sepeda motor untuk mengangkut penumpang selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diterapkan di satu daerah.

Cegah Covid-19, RPX Bantu Proses Impor Lma Juta Masker

Senin, 06 April 2020 - 15:00 WIB

Cegah Covid-19, RPX Bantu Proses Impor Lima Juta Masker

RPX pionir pengiriman logistik terpadu (One Stop Logistics) kembali melakukan pengiriman alat pelindung diri membantu pencegahan covid-19. Kali ini RPX dipercaya oleh PT Aplikasi Karya Anak…

Gedung Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Jakarta

Senin, 06 April 2020 - 14:39 WIB

OJK Ingatkan Kepada Leasing untuk Hentikan Menerjunkan Debt Collector

OJK masih mendengar keluhan yang disampaikan melalui email atau telepon call center OJK berkaitan masih maraknya debt collector yang menemui masyarakat, khususnya yang terkait dengan pembiayaan…

Program BSPS Kementerian PUPR 2020 Jangkau 4.745 Lokasi

Senin, 06 April 2020 - 14:27 WIB

Program BSPS Kementerian PUPR 2020 Jangkau 4.745 Lokasi

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mempercepat realisasi Program Padat Karya Tunai (PKT) 2020, salah satunya adalah program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS)…

Patrick Cutrone Fiorentina (ist)

Senin, 06 April 2020 - 14:16 WIB

Kabar Gembira Datang Dari Fiorentina, Patrick Cutrone, Pezzela dan Vlahovic Telah Sembuh dari Covid-19

Tiga pemain club Fiorentina yakni Patrick Cutrone, German Pezzela, dan Dusan Vlahovic telah dinyatakan sembuh dari virus corona atau covid-19.