Sepeda Listrik Murah Menjamur, Waspada Penipuan

Oleh : Wiyanto | Jumat, 24 Januari 2020 - 17:03 WIB

Ilustrasi penipuan
Ilustrasi penipuan

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Transaksi penipuan online seakan tak pernah henti dilakukan. Berbagai cara dan modus dilakukan untuk meraih keuntungan besar, meskipun ada ancaman pidana yang siap menjerat para pelaku.

Ibu Rumah Tangga (IRT), Leha memesan di akun Instagram sepedalistrik_id dengan nama Selis (sepeda listrik). Di akun diunggah berbagai macam sepeda listrik varian model dengan harga yang sangat jauh di bawah kisaran normal.

Akun ini menampilkan berbagai unggahan foto dengan para konsumen yang seolah-olah menerima langsung sepeda listrik itu di rumahnya. Tak cukup sampai disitu, akan ini juga mengunggah testimoni bersama konsumen yang merasakan kepuasan dari pembelian barang tersebut.

Nahas, transaksi sepeda listrik ini ternyata berkedok penipuan dengan iming-iming harga murah. Salah satunya dialami Ibu Rumah Tangga (IRT), Leha yang tergiur dengan harga sepeda listrik sangat jauh di atas harga normal.

"Begitu tahu harganya dibawah satu juta, saya langsung mentransfer ke nomor rekening yang dia kirim," kata Leha dalam keterangannya, Jumat (24/1/2020).

Selang satu hari dari waktu yang dijanjikan, barang tak kunjung tiba. Tak lama, jelas Leha, ada nomor whatsapp masuk yang mengatasnamakan pejabat Bea Cukai dan menyatakan barang tersebut ilegal serta ditahan oleh Bea Cukai.

"Sontak, saya langsung konfirmasi ke kawan di Bea Cukai dong, tahunya itu penipuan dan foto tersebut sering dipakai oknum untuk mengelabui korbannya," ujar Leha, geram.

Kasubdit Komunikasi Bea Cukai, Deni Surjantoro menyatakan, transaksi seperti yang dialami Leha merupakan penipuan yang mengatasnamakan Bea Cukai untuk kesekian kalinya. "Iya, itu sudah jelas penipuan," kata Deni, saat dihubungi, Jumat.

Adapun langkah Bea Cukai, jelas dia, yaitu melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar aware dan tidak mudah tertipu. Melalui laman resmi dan kanal media sosialnya, Bea Cukai terus memublikasikan agar masyarakat waspada terhadap penipuan yang mengatasnamakan Bea Cukai, apalagi banyak menggunakan foto profil dari pejabat-pejabat Bea Cukai.

"Nah, himbauan kepada masyarakat, kalaupun ada yang mencoba melakukan itu, ada contact center kami di 1500 225, itu 24 jam. Silakan bertanya dulu untuk mengkonfirmasi ke contact center, sehingga menjadi jelas nanti untuk menindaklanjuti penipuan itu," ujarnya.

Dalam menindaklanjuti pelaporan masyarakat, Bea Cukai melakukan penelitian dan analisa secara mandiri untuk selanjutnya diproses bersama aparat penegak hukum dari kepolisian. Dia mengimbau masyarakat yang menjadi korban untuk tidak segan melapor kepada Bea Cukai dan pihak kepolisian untuk membuat Laporan Polisi (LP).

"Kita proses terus dengan aparat hukum lain, karena delik ini adalah masyarakat yang dirugikan oleh seseorang dan menjadi korban. Jadi sebenarnya kita pun korban ya, karena foto kita dipakai untuk menipu seperti itu," kata Deni.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 05 Agustus 2020 - 22:46 WIB

Triwulan III 2020, Regulator Jasa Keuangan Tetap Waspada Nasib Perekonomian

Memasuki triwulan III 2020, KSSK terus memperkuat koordinasi kebijakan di antara anggota KSSK dengan meningkatkan kewaspadaan mengantipasi dampak penyebaran Covid-19 yang masih tinggi terhadap…

Hadi Pranoto Temukan Obat Herbal Covid-19 (ist)

Rabu, 05 Agustus 2020 - 20:00 WIB

Heboh Pengakuan Hadi Pranoto, Kemenkes Luruskan Informasi: Obat Covid-19 Harus Lewati Uji Ilmiah Sebelum Diproduksi dan Dipasarkan

Akhir akhir ini banyak pihak mengklaim telah menemukan obat COVID-19. Salah satunya informasi yang disampaikan oleh Hadi Pranoto yang mengaku sudah menemukan obat yang spesifik bisa menanggulangi…

Migas Ilustrasi

Rabu, 05 Agustus 2020 - 19:53 WIB

Seberapa Menarik Wilayah Kerja Migas Ditawarkan Cost Recovery atau Gross Split ?

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terus menjaga agar aktivitas dan investasi hulu migas tetap berjalan optimal di tengah tantangan pandemi global dan penurunan harga minyak bumi…

MenkopUKM Teten Masduki saat melakukan kunjungan kerja ke Pasar Beringharjo Yogyakarta

Rabu, 05 Agustus 2020 - 19:45 WIB

Omzetnya Turun 80%, MenkopUKM Teten Bakal Ringankan Cashflow para Pedagang Pasar Beringharjo

Sejumlah pedagang di Pasar Beringharjo Yogyakarta mencurahkan isi hatinya di hadapan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki.

Ilustrasi Pergerakan Saham

Rabu, 05 Agustus 2020 - 19:30 WIB

Ekonomi Indonesia Minus 5,32 Persen, IHSG Justru Berakhir Menguat 1,03 Persen

BPS merilis pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan II-2020 mengalami kontraksi sebesar 5,32 persen dibading periode yangs ama pada tahun sebelumnya, justru perdagangan Indeks Harga Saham…