Bakamla RI Gelar Bimtek Peningkatan Maturitas SPIP

Oleh : Herry Barus | Minggu, 08 Desember 2019 - 02:30 WIB

Bakamla RI Gelar Bimtek Peningkatan Maturitas SPIP
Bakamla RI Gelar Bimtek Peningkatan Maturitas SPIP

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI targetkan peningkatan maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) menjadi Level 3 sesuai dengan arahan Presiden RI yaitu pada level 3. Hal ini disampaikan Direktur Bidang Polhukam BPKP DR. Faisal, S.E., M.Si yang turut membantu dalam penguatan SPIP Bakamla RI di Aula Bakamla RI, Jl. Proklamasi No. 56, Menteng, Jakarta Pusat, kemarin.

 Bimbingan Teknis ini dibuka Kepala Bakamla RI Laksdya Bakamla A. Taufiq R., yang diwakili oleh Sestama Bakamla RI Laksda Bakamla S. Irawan, M.M. Dalam sambutannya, Laksdya Taufiq mengatakan, sangat mengapresiasi dan menyambut baik pelaksanaan Bimtek Penyusunan Daftar Risiko ini sebagai salah satu bentuk Komitmen dalam mewujudkan Good Governace, Clean Government dan Open Government dengan membenahi kinerja dan pengelolaan keuangan di Bakamla RI.

 Laksdya Taufiq melanjutkan bahwa Bakamla RI telah memiliki peraturan Kepala Bakamla Nomor 8 Tahun 2019 Tentang petunjuk pelaksanaan risiko di lingkungan Badan Keamanan Laut. Adapun peraturan tersebut disusun dengan tujuan, (1) memberikan acuan yang aplikatif dan terintergrasi bagi pimpinan dan seluruh jajaran di lingkungan Bakamla RI, (2) memberikan informasi tentang adanya risiko dalam suatu kegiatan yang perlu di ciptakan pengendaliannya, (3) memberikan acuan dalam rangka melakukan pengkomunikasian dan pemantauan suatu kegiatan di lingkungan Bakamla RI.

 Laksdya Taufiq berharap penerapan SPIP bukan sekedar formalitas untuk memenuhi suatu ketentuan Peraturan Perundang–undangan. SPIP harus di terapkan sebagai suatu budaya pengendalian yang menjadi bagian dari budaya kerja organisasi. 

 "Maka di himbau kepada seluruh Pejabat Eselon II dan III untuk wajib menyelenggarakan SPIP secara menyeluruh, sehingga program dan kegiatan yang telah di susun, dapat dilaksanakan sesuai dengan tujuan serta pertanggungjawaban Keuangan dan kinerja menjadi akuntable dan transparan," tutup Laksdya Taufiq.

 Kegiatan bimtek ini diselenggarakan oleh Inspektorat Bakamla RI dan sebagai Inspekturnya adalah Laksma Bakamla Drs. Sarono, M.H.,  yang diikuti Pejabat teras Mabes Bakamla RI dari eselon II, III, dan IV.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rawanto, Building Manager Tangcity Superblock (tengah)

Jumat, 29 Maret 2024 - 13:04 WIB

Meriahkan Bulan Suci Ramadan, Tangcity Superblock Hadirkan Festival Takjil 'Umami Eats Unjuk Rasa'

Dalam rangka memeriahkan bulan Ramadan, Umami Eats, semi outdoor food court yang terletak di Tivoli Garden, Tangcity Superblock, menghadirkan festival gelaran takjil dalam “Umami Eats Unjuk…

Media briefing Modal Rakyat Indonesia

Jumat, 29 Maret 2024 - 11:16 WIB

Enam Tahun Berkarya, Modal Rakyat Indonesia Terus Hadirkan Inovasi bagi Perekonomian Indonesia

Enam tahun perjalanan, namun semangat inovasi dan komitmen Modal Rakyat Indonesia terhadap kemajuan ekonomi Indonesia tetap membara. Modal Rakyat Indonesia terus menorehkan jejaknya sebagai…

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:37 WIB

Melayani dan Melindungi Pemudik Lebaran 2024

PEMERINTAH hendaknya segera memastikan kesiapan seluruh moda angkutan umum, baik darat, laut maupun udara, untuk melayani hampir 200 juta orang yang akan melakukan perjalanan mudik guna merayakan…

 PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA)

Jumat, 29 Maret 2024 - 07:00 WIB

Ini Strategi ARNA Bidik Laba Bersih Rp461 Miliar di 2024

PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA) berhasil membukukan penjualan bersih sebesar Rp2,4 triliun, serta laba bersih yamg mencapai Rp445,29 miliar sepanjang tahun 2023.

oeing 737-300F yang digunakan PT Cipta Krida Bahari (CKB Logistics) dengan rute Jakarta-Balikpapan-Timika-Jayapura yang mampu menampung 15-16 ton.

Jumat, 29 Maret 2024 - 05:50 WIB

Pertumbuhan Logistik Nasional Tembus 8%, CKB Logistics Optimalkan Bisnis Melalui Kargo Udara

Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) memperkirakan sektor logistik nasional tahun ini mengalami pertumbuhan tujuh sampai dengan delapan persen. Tak heran, bisnis logistik turut berperan dalam menggairahkan…