Teknologi Blockchain dan Marketing Digital di Industri 4.0

Oleh : Ahmad Hudori, Mahasiswa Manajemen Teknologi S2 President University | Rabu, 20 November 2019 - 12:07 WIB

Ahmad Hudori, Mahasiswa Manajemen Teknologi S2 President University
Ahmad Hudori, Mahasiswa Manajemen Teknologi S2 President University

INDUSTRY.co.id, Era industri saat ini para pakar teknologi memprediksi bahwa industry apapun akan terdisrupsi oleh system yang bernama blockchain. Di bidang keuangan misalnya, blockchain akan menghilangkan beberapa fungsi di perbankan dalam proses transaksi dengan customer nya, dan pada industry  kesehatan seorang dokter untuk melakukan diagnosis kepada pasien nya memerlukan teknologi blockchain agar hasil nya menjadi lebih cepat dan akurat. Saat ini para perusahaan sedang melakukan beberapa perubahaan di bisnisnya, agar dapat menyusun strategi yang tepat untuk menerapkan blockchain bagi kemajuan bisnis di ekosistem digital saat ini.

Saat ini hal yang mustahil jika bagi setiap pemilik bisnis untuk tidak memakai dan meguasai  digital marketing di perusahaan nya. Kewajiban untuk dapat menguasai digital marketing berlaku baik bagi perusahaan besar, menengah, dan juga para ukm diindonesia. Hamper semua bisnis industri membutuhkan sebuah digital marketing. Hal tersebut tidak terlepas dari kenyataan bahwa saat ini di era 4.0 sudah lagi menerapkan system ddigital di segala aspek nya. Karena menurut informasi bahwa hampir penduduk Indonesia sudah terhubung dengan internet.

Pada saat terjadi harbolnas 11.11 jelas terlihat ketika banyak banjir promo di toko-toko online, sehingga sangat terlihat bahwa strategi marketing sangat terasa efek nya di ranah digital. Teknologi membuat orang menjadi mudah, dan juga dengan metode pembayaran fintech yang semakin memudahkan para konsumennya. Dengan memberikan pinjaman online hanya dengan memasukan data dengan very simple. Para user sudah bisa berbelanja di toko online tersebut.

Sempat saya merenung, apakah kedepannya memang para industry akan beralih semua ke online. Melihat miris nya saat ini juga para industry di banten menutup pabriknya, dan memindahkan pabriknya keluar banten. Karena mungkin saat ini di era 4.0 letak lokasi pabrik sudah tidak berpegaruh secara signifikan. Dengan akses internet yang mudah dan cepat dan juga transportasi yang sudah mennjang saat ini diluar pulau jawa, tidak menutup peluang para pelaku bisnis untuk memindahkan produsksi dan penjualannya di luar pulau jawa. 

Marketing era 4.0 menumbuhkan hubungan antara  machine to machine dan pada artificial intelligence untuk menunjang proses produktivitas nya. Intinya Hal tersebut harus dapat diimbangi dengan pengembangkan dari setiap konektivitas human-to-human yang akan memperkuat customer engagement. pengembangan teknologi tidak berhenti pada hal teknologi nya saja, tapi juga bagaimana teknologi tersebut dapat memperkuat brand identity produk tersebut untuk membentuk jaringan relasi dengan para customernya.

 

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dirut RRI, Sandiaga Uno dan Bram Suryo Putro Founder And CEO Theiconomics

Kamis, 05 Desember 2019 - 23:55 WIB

Penetrasi Jasa Keuangan Dongkrak Kesadaran Milenial

Jakarta - Milenial di era kini didorong untuk melek keuangan sehingga bisa melirik penempatan dana atau transaksi keuangan di perusahaan jasa keuangan. Diperkirakan dari jumlah penduduk Indonesia,…

PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha atau yang lebih dikenal dengan WanaArtha Life meluncurkan WanaArtha DPLK sebagai solusi untuk merencanakan hari tua bagi peserta individu maupun perusahaan kepada karyawannya.

Kamis, 05 Desember 2019 - 22:09 WIB

WanaArtha Life Luncurkan WanaArtha DPLK Sebagai Solusi Perencanaan Hari Tua Bagi Individu dan Perusahaan

Jakarta-PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha atau yang lebih dikenal dengan WanaArtha Life meluncurkan WanaArtha DPLK sebagai solusi untuk merencanakan hari tua bagi peserta individu maupun…

Truck logistik Ritase

Kamis, 05 Desember 2019 - 21:48 WIB

Perkembangan Mobilitas Barang Membutuhkan Solusi Multimoda Digital

Jakarta - Dinamika ekonomi yang makin cepat dan terintegrasi membutuhkan solusi logistik yang mampu mengikuti akselerasi itu. Pada saat yang sama, penyedia jasa logistik harus memutar otak agar…

Dorong Penetrasi Bursa Berjangka, “Indonesia Derivative Reach International Market” Summit 2019 Diselenggarakan

Kamis, 05 Desember 2019 - 21:41 WIB

Jurus Mentari Mulia Berjangka, Gairahkan Perdagangan Berjangka Komoditi Indonesia

Jakarta-Perdagangan Berjangka Komoditi (PBK), sebagai salah satu bentuk investasi di antara beragam pilihan, kian menarik perhatian para pengelola dana.

PT Mentari Mulia Berjangka Peking University menandatangani nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) terkait pertukaran informasi dalam penelitian dan data di bidang derivatif dan perdagangan berjangka

Kamis, 05 Desember 2019 - 21:27 WIB

Dorong Penetrasi Bursa Berjangka, Mentari Mulia Berjangka Teken Mou di Bidang Derivatif dan Perdagangan Berjangka

Jakarta--PT Mentari Mulia Berjangka Peking University menandatangani nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) terkait pertukaran informasi dalam penelitian dan data di bidang…