Gelaran Cotton Day Indonesia 2019 Pertemukan Komunitas Fesyen dan Pelaku Industri Tekstil

Oleh : Hariyanto | Selasa, 29 Oktober 2019 - 20:27 WIB

Cotton Day Indonesia 2019 Pertemukan Komunitas Fesyen dengan Pelaku Industri Tekstil
Cotton Day Indonesia 2019 Pertemukan Komunitas Fesyen dengan Pelaku Industri Tekstil

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Cotton Council International (CCI) asosiasi perdagangan nirlaba yang mempromosikan serat kapas AS (Amerika Serikat) dan produk kapas manufaktur di seluruh dunia dengan merek dagang Cotton USA kembali mengadakan acara bertajuk 'Cotton Day Indonesia'.

Digelar untuk ketiga kalinya, acara tahunan kali ini mempertemukan berbagai stakeholder di industri tekstil, mulai dari produsen hingga pengguna hasil olahan tekstil di Indonesia. Cotton Day Indonesia tahun 2019 merupakan ajang bagi berbagai pelaku industri tekstil untuk menampilkan berbagai inovasi terkait bahan serat kapas dengan kualitas terbaik. 

Ajang tahunan Cotton Day Indonesia ini merupakan forum digagas oleh CCI sebagai komitmen untuk terus mengedukasi partner dan pelaku industri tekstil di Indonesia mengenai serat kapas asal Amerika Serikat. 

Dalam Cotton Day Indonesia 2019 ini, CCI mengenalkan berbagai inovasi teknologi terbaru yang telah diaplikasikan melalui merek dagang Cotton USA untuk memproduksi serat kapas dan produk kapas manufaktur yang didistribusikan ke seluruh dunia. Selain itu, ajang tahunan yang diadakan oleh Cotton USA juga menjadi wadah bagi para pelaku industri fesyen tanah air, mulai dari manufaktur tekstil di Indonesia, Asosiasi Pertekstilan Indonesia, hingga komunitas mode tanah air. 

Dengan adanya Cotton Day Indonesia yang secara konsisten dapat berkontribusi untuk kemajuan industri tekstil dan fesyen di Indonesia. Pada gelaran Cotton Day 2019 ini, CCI juga menghadirkan beberapa pembicara dalam forum bertajuk The BtoB Seminar For The Indonesian Textiles Mills yang dihadiri oleh lebih dari 250 pelaku industri tekstil dan komunitas mode di Indonesia. 

Beberapa pembicara yang turut hadir diantaranya adalah Bruce Atherley, Executive Director, Cotton Council International; Tim North, Chairman of American Cotton Shippers Association (ACSA); William Barksdale, Vice-President of ACSA; Mark Nichols, Producer/Farmer (ACP); William Kimbrell,  Vice-President, Supply Chain, Cotton Incorporated; dan Dr. Yehia El Mogahzy, Technical Consultant CCI.

Ditemui di tempat yang sama, Bruce Atherley, Executive Director CCI menyampaikan bahwa dengan komitmen menghadirkan kapas kualitas terbaik, Cotton Council International melalui merek dagang Cotton USA akan terus memberikan edukasi kepada setiap elemen terkait tekstil dan mode di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Bruce meyakini, serat kapas yang telah menerapkan standar dan teknologi terbaru dapat memberikan berbagai keuntungan bagi para penggunanya. 

“Dengan penerapan standar tinggi, serat kapas dengan merek dagang Cotton USA memiliki kualitas unggul karena menggunakan kualitas bahan baku yang unggul. Kapas asal AS memiliki bahan yang kuat dan lembut serta serat yang telah teruji.” kata Bruce di Jakarta, Selasa (29/10/2019). 

“Kesimpulannya, kapas AS akan membuat hasil produk tekstil lebih berkualitas sebab semua tergantung dari bahan baku dan teknologi yang digunakan. Dan jangan berpikir untuk membeli kapas lebih murah akan tetapi belum teruji kualitasnya,” lanjut Bruce. 

Kolaborasi Desainer & Industri Tekstil Dalam Fashion Show Cotton Day - Indonesia 2019

Dalam momen yang sama, melalui ajang Cotton Day 2019, CCI juga mengadakan ajang fashion show yang mengangkat tema “Cotton Day – Indonesia 2019”. Di tahun yang ketiga ini, terdapat puluhan busana hasil kolaborasi antara 10 perusahaan tekstil dengan 10 desainer lokal di Indonesia serta 8 brand lokal dan internasional. 

“Beberapa perusahaan tekstil yang berpartisipasi dalam acara Cotton Day Indonesia tahun 2019 ini diantaranya adalah PT. Apac Inti Corpora, PT. Argo Pantes Tbk, PT. Dan Liris, PT. Grand Textile Industry, PT. Hakatex, PT. Lucky Print Abadi, PT. Ocean Asia Industry, PT. Sri Rejeki Isman Tbk, PT Tantra Textile Industry, dan PT. Visionland Indonesia. Sementara itu, beberapa brand yang berpartisipasi pada agenda tahun ini diantaranya adalah EDWIN, EMBA, Bateeq, Edition, Foxcroft, Lekat, Shan Shan Huang, ZOE, Wastu, Salt n Pepper.” terang Andi.

Fashion show yang diadakan dalam Cotton Day – Indonesia 2019 merupakan bentuk kolaborasi antara mills dan desainer lokal di Indonesia. Para kolabolator menampilkan karya terbaru dalam bentuk busana sehari-hari dengan bahan dasar serat kapas AS. Beberapa karya yang ditampilkan pada fashion show ini juga tidak lupa mengangkat berbagai kearifan lokal di Indonesia, yaitu batik. 

Selain itu, Cotton USA juga mengangkat tema muslim wear sehingga masyarakat umum lebih mengenal kain dengan bahan kapas nyaman untuk dikenakan sebagai busana muslim di iklim tropis seperti di Indonesia. 

Pada ajang Cotton Day Indonesia tahun ini, CCI juga memberikan sertifikat lisensi Cotton USA kepada beberapa perusahaan tekstil asal Indonesia yang telah memenuhi persyaratan dalam memproduksi serat kapas asal AS. Saat ini, Cotton USA telah mengeluarkan 50 lisensi bagi perusahaan di Indonesia. Di tahun 2019 ini, terdapat 10 perusahaan baru yang kami berikan lisensi Cotton USA. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dokter Reisa Duta Covid-19

Minggu, 12 Juli 2020 - 07:20 WIB

Miris! Ungkap Kasus Kekerasan Seksual Meningkat 75% Selama Pandemi Covid-19, Dokter Reisa: Mari, Peduli dan Lindungi Korban

Duta Adaptasi Kebiasaan Baru Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Dokter Reisa Broto Asmoro mengungkapkan angka kasus kekerasan pada perempuan dilaporkan naik selama pandemi COVID-19…

Yonif 125 Bersama P2L Berikan Penyuluhan Pembuatan Pupuk Organik Kepada Warga Perbatasan

Minggu, 12 Juli 2020 - 07:15 WIB

Dorong Penggunaan Pupuk Organik, Yonif 125 bersama P2L Berikan Penyuluhan Kepada Warga Perbatasan

Bekerja sama dengan Dinas Peternakan Kabupaten Merauke, Satuan Tugas Batalyon Infanteri 125/Simbisa (Satgas Yonif 125/SMB) memberikan penyuluhan pembuatan pupuk organik kepada warga perbatasan.

Banjir di Konawe Sulsel

Minggu, 12 Juli 2020 - 07:07 WIB

Delapan Desa Lima kecamatan di Kabupaten Konawe Sulsel Terendam Banjir

Hujan dengan intensitas tinggi mengakibatkan banjir setinggi 70 hingga 80 centimeter dan merendam delapan desa di Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara. Berdasarkan data yang dihimpun oleh…

Komunitas Seniman Jalanan Terima Donasi Paket Sembako dari Bamsoet

Minggu, 12 Juli 2020 - 07:00 WIB

Komunitas Seniman Jalanan Terima Donasi Paket Sembako dari Bamsoet

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) bersama Gerakan Keadilan Bangun Solidaritas (GERAK BS), BPIP, Generasi Lintas Generasi, Yayasan Kitabisacom dan Relawan Empat Pilar MPR, Menyalurkan 250…

Ratusan Ikan Kakap Putih dipanen kelompok botol bekas di ambon untuk dikirim ke Secapa Jawa Barat

Minggu, 12 Juli 2020 - 06:42 WIB

Perkuat Imunitas, Ratusan Ikan Kakap Putih Sebanyak 200 Kg Diterbangkan Dari Ambon untuk Pasien COVID-19 Secapa Jabar

Ratusan ikan kakap putih atau barramundi dipanen oleh kelompok budidaya Botol Bekas di Ambon, Maluku, Sabtu (11/7). Selain kakap putih, jenis ikan lainnya seperti kerapu dan kuwe juga dipanen…