Polman Astra Luluskan 174 Ahli Madya Unggul

Oleh : Wiyanto | Selasa, 15 Oktober 2019 - 07:39 WIB

PT Astra International Tbk (ASII)
PT Astra International Tbk (ASII)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Politeknik Manufaktur Astra (Polman Astra) pada hari ini mengadakan Wisuda ke XX di Jakarta (14/10). Sebanyak 174 mahasiswa angkatan 2016 lulus sebagai Ahli Madya yang berasal dari 12 provinsi.

Wisuda dihadiri Plt. Kepala Lembaga Layanan Perguruan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah III, Dr. M. Samsuri, S.Pd., M.T. serta dibuka oleh Ketua Dewan Pembina Yayasan Astra Bina Ilmu (YABI) Johannes Loman didampingi Ketua Umum Pengurus YABI Hamdhani Dzulkarnaen Salim dan Direktur Polman Astra Tony Harley Silalahi.

Turut hadir pada wisuda ini Eksekutif Astra, Dewan Pembina, Dewan Pengawas, Dewan Pengurus YABI, serta jajaran Manajemen Polman Astra dan Perwakilan dari Industri dan perwakilan perguruan tinggi partner kerjasama Polman Astra.

Samsuri mewakili LLDIKTI Wilayah III mengapresiasi kontribusi Polman Astra dalam melaksanakan Tri-Dharma perguruan tinggi dan berpesan kepada wisudawan untuk siap menghadapi Era Society 5.0 yaitu era konseptual. Untuk menyonsong era tersebut Samsuri menambahkan “hal yang sangat mendasar yang perlu dimiliki di lingkungan kerja sesungguhnya dan juga di tengah-tengah masyarakat adalah ide, kreativitas dan inovasi yang tentunya dapat dicapai dengan prinsip belajar sepanjang hidup.”

Dalam sambutannya, Direktur Tony mengajak para wisudawan untuk siap menghadapi dinamika industri yang semakin menantang. “Menjadi seorang pembelajar menjadi sangat penting karena teknologi terus berubah di era digital ini. Apa yang hari ini kalian pelajari bisa saja menjadi tidak relevan karena perubahan teknologi.”

Senada dengan Direktur Tony, Ketua Dewan Pembina YABI Johannes Loman dalam sambutannya mengajak seluruh sivitas akademika Polman Astra untuk berkontribusi agar Astra dapat mencapai tujuannya menjadi “Pride of the Nation”.

Hampir 80% dari 174 wisudawan merupakan penerima beasiswa dari berbagai instansi. Sejumlah 31,38% atau 59 mahasiswa menerima beasiswa dari YABI berupa pembebasan biaya kuliah dan pemberian uang saku.

Selain itu, sebanyak lima orang mahasiswa menerima beasiswa bidik misi dari Kemenristekdikti, 17 mahasiswa mendapatkan beasiswa LLDIKTI, 7 mahasiswa menerima bantuan biaya pendidikan penuh dari PT Astra Agro Lestari Tbk, 18 mahasiswa menerima beasiswa Yayasan Astra Honda Motor, 22 mahasiswa mendapatkan beasiswa dari Yayasan Pelayanan Kasih A&A Rachmat melalui PT Dharma Polimetal dan PT ADARO Indonesia, dan 13 mahasiswa mendapatkan beasiswa Yayasan Amaliyah Astra (Lazis).

Pemberian beasiswa dari berbagai lembaga menunjukkan dukungan berbagai pihak kepada pendidikan vokasi Polman Astra untuk membangun kompetensi anak bangsa. Pemberian beasiswa prestasi dari Astra konsisten dilakukan setiap tahun melalui YABI sebagai bentuk komitmen Astra memajukan industri melalui pengembangan sumber daya manusia yang dibutuhkan oleh industri manufaktur, pengolahan sumber daya alam, otomotif dan teknologi informasi.

Kontribusi sosial berkelanjutan Astra lewat YABI juga diwujudkan dengan pembangunan kampus Polman Astra Delta Silicon di atas tanah seluas 5 hektare yang saat ini sedang berlangsung setelah groundbreaking bulan Mei lalu.

Komitmen Grup Astra dalam mewujudkan pendidikan tinggi vokasi berkualitas tinggi diwujudkan dalam implementasi kurikulum pembelajaran pendidikan tinggi vokasi salah satunya program lewat magang di Industri Astra. Tahun ini magang mahasiswa tersebar di 23 perusahaan Grup Astra dan 1 UKM binaan Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) dan 1 Yayasan. Selama magang mahasiswa mengimplementasikan teknologi dan rekayasa teknik yang memberi manfaat bagi industri dan dihitung sebagai Net Quality Income (NQI) dengan mendapatkan pengakuan dan persetujuan dari mentor industri. Pada tahun 2019 ini NQI proyek mahasiswa lebih dari Rp130 miliar.

Dalam Wisuda ke-20 ini Polman Astra juga memperkuat kerjasama dengan industri melalui penandatanganan memorandum of understanding (MoU) dengan PT Toyota Astra Motor (TAM). Sebagai bentuk sumbangsih untuk pembelajaran teknologi otomotif, TAM memberikan hibah 1 unit Toyota Camry dan 1 unit Toyota Fortuner kepada Polman Astra. Direktur TAM Darmawan Widjaya mengharapkan ”dengan mobil praktek yang dihibahkan dapat memperkecil gap antara pendidikan dan industri, sehingga kompetensi lulusan siap diterima di dunia kerja.

Pada wisuda ini untuk kali kedua Polman Astra meluluskan 18 mahasiswa Program Studi Mesin Otomotif yang lulus sertifikasi kompetensi teknik otomotif berstandar Jerman yang diakui oleh Kamar Dagang dan Industri Jerman (Deutscher Industrie und Handelskammertag atau DIHK). Sertifikasi ini merupakan hasil kerjasama dengan Perkumpulan Ekonomi Indonesia Jerman (EKONID). Head of Traning and Education Department EKONID Hardy Hoffmann turut hadir menyerahkan sertifikat kepada lulusan sertifikasi DIHK terbaik.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk (BTPN)

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:44 WIB

Bank BTPN Akuisisi Dua Perusahaan Pembiayaan PT Oto Multiartha dan PT Summit Oto Finance

Akuisisi OTO dan SOF jadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam mendorong inovasi produk dan layanan yang semakin relevan dengan kebutuhan perbankan dan pembiayaan masyarakat Indonesia.

Alfath Flemmo, Komposer Produser Musik AI, Mahasiswa President University

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:13 WIB

Alfath Flemmo, Komposer Produser Musik AI, Mahasiswa President University Raih Beasiswa dari Sony Music Group Global Scholars Program

Alfath, mahasiswa President University, musisi muda Indonesia asal Kabupaten Jombang, Jawa Timur, yang tengah menempuh studi sarjana Sistem Informasi untuk Bisnis dan Manajemen telah mencatat…

Pelita Air

Kamis, 28 Maret 2024 - 13:51 WIB

Dukung Kelancaran Angkutan Lebaran 2024, Pelita Air Siapkan 273 Ribu Kursi Penerbangan

Pelita Air (kode penerbangan IP), maskapai medium service, menyiapkan 273 ribu kursi penerbangan selama periode angkutan lebaran pada 3 hingga 18 April 2024. Hal ini dilakukan untuk mendukung…

Juru Bicara Kemenperin Febri Hendri Antoni Arif

Kamis, 28 Maret 2024 - 13:05 WIB

15 Subsektor Ekspansi, IKI Maret 2024 Tembus 53,05

Indeks Kepercayaan Industri (IKI) bulan Maret 2024 mencapai 53,05, meningkat sebesar 0,49 poin dibandingkan bulan Februari 2024 sebesar 52,56. Kenaikan nilai IKI pada Maret ini dipengaruhi oleh…

TikTok Rising Temukan Sensasi Musik Indonesia Berikutnya

Kamis, 28 Maret 2024 - 12:50 WIB

TikTok Rising Temukan Sensasi Musik Indonesia Berikutnya

Platform hiburan digital terkemuka, TikTok, meluncurkan TikTok Rising Indonesia, program baru untuk menemukan dan mendukung talenta-talenta lokal yang sedang berkembang, membina komunitas musisi…