Impelementasi Teknologi Pendidikan 4,0, Menuju Digitalisasi Sekolah

Oleh : Kormen Barus | Kamis, 10 Oktober 2019 - 23:26 WIB

penyelengraan 2 Th Indonesia Edutech Expo bertujuan menjadi forum bagi guru untuk mengenal, mengetahui dan dapat memanfaatkan produk teknologi pendidikan baik dalam bentuk hardware maupun software.
penyelengraan 2 Th Indonesia Edutech Expo bertujuan menjadi forum bagi guru untuk mengenal, mengetahui dan dapat memanfaatkan produk teknologi pendidikan baik dalam bentuk hardware maupun software.

INDUSTRY.co.id,Jakarta-Dalam menghadapi revolusi industri 4.0 perlu adanya perubahan dalam kurikulum, siswa, guru, dan juga sekolah. Keempat sisi ini, harus disiapkan. Dari sisi kurikulum, bagaimana menyiapkan anak-anak kita familiar dengan “big data”, seperti bagaimana menggunakan ponsel pintar dan aplikasi lainnya.

Para guru juga harus bisa menginspirasi siswanya untuk mampu berbagi dengan siswa-siswa lain, supaya bisa berbagi terobosan dalam memahami materi pelajaran di sekolah.

Dalam rangka menjawab persoalan itu, Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (Pustekkom) Pendidikan dan Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) bekerja sama dengan PT Wahyu Promo Citra mengadakan seminar pendidikan dengan tema’Impelementasi Teknologi Pendidikan 4,0 Menuju Digitalisasi Sekolah di Indonesia’.  Tema besar seminar pendidikan ini dilaksanakan dalam pameran  2 Th INDONESIA EDUTECH EXPO 2020 yang penyelenggarannya bersamaan dengan pameran  INDONESIA INT’L EDUCATION & TRAINING EXPO Ke-29 di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta 6-9 Februari 2020.

Acara ini juga didukung oleh; Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI,Dinas Pendidikan Prov. DKI Jakarta, Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional, Asosiasi Pengusaha TIK Nasional (APTIKNAS), Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI) dan  Asosiasi Dosen Indonesia (ADI) . Seminar dengan tema besar ‘’Impelementasi Teknologi Pendidikan 4,0 Menuju Digitalisasi Sekolah di Indonesia’ dapat menjadi jawaban bagi dunia pendidikan dalam memasuki era digital yang akan merubah sistem pendidikan dari pendekatan parsial menjadi holistik.

Menurut Direktur PT Wahyu Promo Citra, Sukur Sakka, penyelengraan 2 Th Indonesia Edutech Expo bertujuan  menjadi forum bagi guru untuk mengenal, mengetahui dan dapat memanfaatkan produk teknologi pendidikan baik dalam bentuk hardware maupun software. “ Di samping menjadi forum bagi guru untuk meningkatkan kemampuan profesionalnya seiring dengan kemajuan teknologi bidang pendidikan yang berkembang pesat,” ujarnya.

Sukur Sakka menambahkan,  pameran ini juga dapat menjadi barometer tentang perkembangan produk teknologi pendidikan di Indonesia. Serta referensi bagi stakeholder bidang pendidikan dalam menentukan kebijakan pemenuhan sarana prasarana sekolah dan meningkatkan kualitas belajar mengajar yang menyenangkan bagi peserta didik.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gelandangan di Jakarta jadi karyawan BUMN

Jumat, 22 Januari 2021 - 10:00 WIB

Berkat Bu Risma, 15 Pemulung Bekerja di PT Waskita Karya

Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini kembali mengantarkan 15 pemulung binaan Balai Karya Pangudi Luhur Bekasi dan Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Education, Religion Bee Entertainment (ERBE)…

Pembangunan sumur bor

Jumat, 22 Januari 2021 - 09:56 WIB

Hingga 2020, Kementerian ESDM Klaim Telah Bangun Lebih Dari 3.404 Sumur Bor Air Bersih

Sepanjang tahun 2020, Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengklaim telah membangun sumur bor air bersih di 556 titik di 177 kabupaten/kota di seluruh Indonesia. …

Rs Rujukan Covid-19

Jumat, 22 Januari 2021 - 09:55 WIB

Kementerian PUPR Selesaikan Peningkatan Kapasitas Gedung Tiga RS Rujukan

Hingga akhir tahun 2020 terdapat tambahan tiga Rumah Sakit (RS) rujukan yang selesai pembangunan/renovasinya, yakni RS Umum dr. Zainoel Abidin Banda Aceh, RS Umum Daerah (RSUD) lr. Soekarno…

Pergudangan AP2 (Foto ist Ilustrasi)

Jumat, 22 Januari 2021 - 09:30 WIB

Seluruh Peserta Lelang Pergudangan Kargo AP2 Mengundurkan Diri

Ini baru pertama kali dalam sejarah PT Angkasa Pura (AP) 2 (Persero). Seluruh peserta lelang pergudangan kargo yang telah mendaftar, Rabu 20/1, mengundurkan diri satu persatu secara terpisah.…

Sarang burung walet

Jumat, 22 Januari 2021 - 09:04 WIB

Kementan Terus Dukung Ekspor SBW Lewat Syarat Sertifikat NKV

Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH), terus berupaya mendukung kegiatan ekspor Sarang Burung Walet (SBW) yang sejalan dengan…