Pertagas Akan Segera Rampungkan Jaringan Pipa Gas Gresem Maret 2020

Oleh : Ridwan | Senin, 07 Oktober 2019 - 07:30 WIB

Jaringan pipa gas Gresik-Semarang (Gresem)
Jaringan pipa gas Gresik-Semarang (Gresem)

INDUSTRY.co.id - Semarang - Proyek jaringan pipa gas transmisi 28 inci Gresik-Semarang (GreSem) yang dibangun PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) melalui anak usahanya PT Pertamina Gas (Pertagas) akan segera rampung. 

Zainal Abidin, Manajer PR & CSR Pertagas mengatakan, hingga saat ini perkembangan proyek jaringan pipa gas Gresik-Semarang telah mencapai 98,5 persen.

Dijelaskan Zaenal, jaringan pipa gas ini memiliki panjang 268 km. 80 persen jaringan gas tersebut terletak tidak jauh dari samping jalur kereta api. 

"Sekarang sudah 98,5 persen pengerjaannya. Saat ini masih ada pengerjaan pemasangan pipa gas di area Gresik. Jaringan pipa gas ini diharapkan bakal memaksimalkan penggunaan gas bumi di Jawa Tengah," ujar Zaenal di Semarang, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu.

Pembangunan fisik jaringan pipa gas Gresik-Semarang ditargetkan akan selesai pada Maret 2020 nanti. Namun, jaringan pipa gas ini belum akan langsung beroperasi.

Seperti diketahui, proyek ini merupakan tindak lanjut dari eksplorasi gas bumi di Lapangan Jambaran Tiung Baru (JTB) Bojonegoro, Jawa Timur yang dikelola PT Pertamina EP Cepu (PEPC). Artinya, jaringan pipa gas Gresik-Semarang diperkirakan baru akan beroperasi ketika pasokan gas dari JTB tersedia di tahun 2021 mendatang.

Head of Department Strategic Stakeholder Management PT Perusahaan Gas Negara Tbk Santiaji Gunawan menjelaskan, proyek jaringan pipa gas Gresik-Semarang merupakan komitmen PGAS sebagai subholding gas untuk mendukung ketersediaan gas bumi yang berkelanjutan. 

"Diharapkan jaringan pipa gas tersebut kelak dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di sepanjang jalur pipa yang dilalui," kata Santiaji.

Menurutnya, proyek tersebut cukup penting lantaran infrastruktur gas di Jawa Tengah masih tertinggal dibandingkan Jawa Barat dan Jawa Timur. "Padahal wilayah Jawa Tengah cukup luas dan memiliki jumlah penduduk yang banyak," ungkapnya.

Tak heran, sembari menunggu proyek tersebut rampung secara fisik dan beroperasi, PGAS telah membangun stasiun penurun tekanan atau Pressure Reducing Station (PRS) di Tambak Aji, Semarang. PRS Tambak Aji akan membantu pasokan compressed natural gas (CNG) untuk wilayah Semarang.

Sekretaris Perusahaan PT Perusahaan Gas Negara Tbk Rachmat Hutama mengatakan, kehadiran jaringan pipa gas Gresik-Semarang dapat menyuplai gas untuk industri dengan kapasitas maksimal 400 MMSCFD.

Setelah menyelesaikan proyek tersebut, PGAS akan membangun pipa gas distribusi untuk jalur Semarang-Kendal-Unggaran sepanjang 96 kilometer. "Jaringan pipa gas ini akan menjamin kebutuhan pasokan gas di wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya," ungkap dia.

Ke depan, PGAS berharap koneksi infrastruktur gas bumi trans Jawa akan tersambung hingga Jawa Barat bahkan Sumatra. Hal ini untuk meningkatkan keandalan pasokan serta perluasan pasar dan utilisasi gas bumi domestik.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Para Pengurus Himpunan Pengusaha Online Internasional (HIPO) merayakan milad 1 di Ball Room JIexpo Kemayoran Jakarta.

Selasa, 21 Januari 2020 - 08:40 WIB

Himpunan Pengusaha Online Internasional Targetkan 1 Juta Anggota Di 2020

Himpunan Pengusaha Online Internasional (HIPO) mentargetkan jumlah anggota akan mencapai 1 juta orang hingga akhir tahun 2020 dari jumlah 200 ribu saat ini. Hal ini terungkap dalam Rakernas…

Dermaga IPCC (Foto Istimewa)

Selasa, 21 Januari 2020 - 07:57 WIB

Sepanjang 2019, IPCC Catatkan Pertumbuhan Dobel Digit

Di tengah masih menderunya kondisi perang dagang antara Amerika Serikat dan China hingga maraknya persepsi banyak kalangan pelaku usaha dan bisnis bahwa akan adanya resesi global yang dapat…

Jakarta-Program Jalan-Jalan SiCepat (JJS) merupakan program kerjasama dengan e-commerce Shopee yang diikuti oleh seluruh seller Shopee yang telah memilih layanan SiCepat Ekspres.

Selasa, 21 Januari 2020 - 07:05 WIB

Pengumuman Pemenang Program Jalan-Jalan Sicepat

Jakarta-Program Jalan-Jalan SiCepat (JJS) merupakan program kerjasama dengan e-commerce Shopee yang diikuti oleh seluruh seller Shopee yang telah memilih layanan SiCepat Ekspres.

Presiden Jokowi

Selasa, 21 Januari 2020 - 07:00 WIB

Presiden Jokowi Resmikan Labuan Bajo Sebagai Destinasi Wisata Premium

Presiden RI Joko Widodo meresmikan proyek Kawasan Marina Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur pada Senin (20/1/2020)

Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari (Tengah)

Selasa, 21 Januari 2020 - 05:00 WIB

Ketum PWI Pusat Terima Kunjungan Bikers dan Komunitas Pendaki Gunung

Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari menerima kunjungan bikers dan pendaki gunung Indonesia Wariani Krishnayanni atau akrab disapa Yanni di Sekretariat PWI Pusat, Senin, (20/1/2020).