PDI Perjuangan Minta Ketua MPR Komitmen Jaga Pemerintahan Jokowi

Oleh : Herry Barus | Jumat, 04 Oktober 2019 - 08:30 WIB

Politisi PDI Perjuangan Ahmad Basarah
Politisi PDI Perjuangan Ahmad Basarah

INDUSTRY.co.id - Jakarta--Terpilihnya Bambang Soesatyo (Bamsoet) secara aklamasi sebagai Ketua MPR 2019-2024, dalam Sidang Paripurna MPR, Kamis (3/10/2019) malam, tidak lepas dari deal-deal politik dengan fraksi lainnya di MPR. Dukungan PDI Perjuangan dan DPD RI kepada Bamsoet, bukan diberikan secara "gratis" atau tanpa syarat.

"Dukungan PDI Perjuangan terhadap Bamsoet dan Partai Golkar untuk menjadi Ketua MPR bukan dengan "cek kosong" artinya bukan tanpa syarat," kata politisi PDI Perjuangan Ahmad Basarah dalam keterangan tertulisnya yang disebar kepada wartawan.

Salah satu syarat yang diminta PDI Perjuangan kepada Bamsoet dan Fraksi Partai Golkar, adalah berkomitmen menjaga kepastian jalannya pemerintahan Jokowi fix term sesuai konstitusi sampai akhir masa jabatan tahun 2024. Syarat tersebut disampaikan PDI Perjuangan kepada Bamsoet dan Fraksi Partai Golkar tersebut disampaikan pada saat pertemuan musyawarah antar Pimpinan Fraksi MPR pada hari Rabu (2/10/2019).

"PDI Perjuangan meminta kepada Bamsoet dan Fraksi Partai Golkar untuk berkomitmen menjaga kepastian jalannya pemerintahan Jokowi fix term, sesuai konstitusi sampai akhir masa jabatan tahun 2024," tulis Basarah.

PDI Perjuangan juga meminta Bamsoet mendukung kelanjutan rencana amandemen terbatas UUD 1945 untuk menghadirkan Haluan Negara melalui Ketetapan MPR. Kemudian melanjutkan dengan sungguh-sungguh program Sosialisasi 4 Pilar MPR RI yang digagas pada awalnya oleh HM Taufiq Kiemas.

Kemudian mendukung MPR untuk bekerja sama dan bersinergi dengan BPIP dalam tugas2 pembinaan ideologi bangsa. Kesemua agenda tersebut sudah menjadi rekomendasi yang diputuskan oleh MPR masa bhakti 2014-2019 kepada MPR masa bhakti 2019-2024.

"Syarat-syarat dukungan itulah yang telah kami sampaikan kepada Bamsoet dan dan disambut dengan baik oleh Bamsoet dan rekan-rekan dari Fraksi Partai Golkar," terang Ahmad Basarah yang terpilih menjadi Wakil Ketua MPR dari Fraksi PDI Perjuangan.

Permintaan dukungan juga diminta DPD RI. Ada lima syarat permintaan dukungan yang diminta dari pimpinan MPR terpilih dari unsur DPD RI, Fadel Muhammad. Pertama, DPD RI dilibatkan dalam pembahasan dana transfer daerah. Kedua DPD dilibatkan dalam mengatur dana desa. Ketiga, DPD ingin ikut mengatur mengenai dana insentif untuk pemerintah daerah.

Keempat, DPD RI minta beberapa undang-undang yang berhubungan dengan Pemda diperbaiki dan kelima, DPD meminta adanya penguatan dengan merevisi UU MPR, DPR, DPD, dan DPRD, serta UUD NRI 1945.

Namun untuk syarat yang kelima menurut Fadel, prosesnya masih panjang. "Saya bilang empat itu dahulu supaya DPD punya gigi di daerah-daerah,” ujar Fadel.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Jokowi

Sabtu, 21 Mei 2022 - 03:13 WIB

Presiden Jokowi Terima Majelis Rakyat Papua dan Papua Barat di Istana Bogor

Presiden Joko Widodo menerima Majelis Rakyat Papua (MRP) dan Majelis Rakyat Papua Barat di Istana Kepresidenan Bogor, pada Jumat, 20 Mei 2022. Bupati Jayapura Mathius Awoitauw yang mewakili…

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia

Jumat, 20 Mei 2022 - 19:00 WIB

Menteri Bahlil Tegaskan Indonesia Tak Akan Ekspor EBT ke Negara Manapun

Terkait dengan Energi Baru Terbarukan (EBT), Bahlil menjelaskan bahwa Indonesia belum akan melakukan ekspor EBT ke negara manapun. Menurutnya, pemerintah Indonesia akan fokus terlebih dahulu…

Pameran lukisan bertajuk Wanderlust Indonesia

Jumat, 20 Mei 2022 - 18:35 WIB

Sambut G20 & Dukung Ekonomi Kreatif, KEK Morotai Gelar Pameran Lukisan Bertajuk "Wanderlust Indonesia"

Menyambut G20 yang diadakan di Indonesia pada bulan November 2022 sekaligus memperingati Hari Kebangkitan Nasional pada 20 Mei 2022 dan mendukung ekonomi kreatif, salah satu anak usaha PT Jababeka…

Glamshine Kosmetik Luncurkan Produk Terbaru Aqua Beads

Jumat, 20 Mei 2022 - 18:10 WIB

Glamshine Kosmetik Luncurkan Produk Terbaru Aqua Beads

Glamshine kosmetik resmi mengeluarkan produk terbaru dengan nama Aqua Beads yang akan di luncurkan pada tanggal 20 Mei, 2022 di Chakra venue & lounge, The Breeze Bumi Serpong Damai (BSD) Kota…

Petugas Dokter dan Perawat tangani Virus Corona (ist)

Jumat, 20 Mei 2022 - 17:54 WIB

PDSI Dibentuk, Komisi IX Akan Bahas RUU Praktik Kedokteran

Jakarta-Revisi Undang-Undang (UU) Nomor 29 Tahun 2004 tentang Praktik Kedokteran bakal dibahas. Anggota Komisi IX DPR RI Putih Sari mengatakan, penggodokan payung hukum praktik kedokteran itu…